GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

candi kalasan sleman jogja

Candi Kalasan Jogja, Candi Budha yang Lebih Tua dari Borobudur

Candi Kalasan diyakini sebagai candi Budha tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta, bahkan mendahului Candi Borobudur.

Candi ini terletak di jalan utama selatan antara kota Yogyakarta dan Solo, sekitar 2 Km dari kompleks Candi Prambanan. Kuil berdiri di atas tanah persegi panjang 45×45 meter.

Masing-masing dari empat titik mata angin utama memiliki tangga dan gerbang yang dihiasi Kala-Makara dan juga kamar-kamar berukuran 3,5 meter persegi. Tidak ada patung yang ditemukan di ruangan kecil yang menghadap ke utara, barat, dan selatan, tetapi alas lotus menunjukkan bahwa kamar-kamar itu dulu pasti berisi patung-patung bodhisattva.

Kuil ini banyak dihiasi dengan tokoh-tokoh Buddha seperti Bodhisattva dan Gana.

Prasasti Kalasan yang ditemukan di dekat kuil menunjukkan bahwa candi ini selesai pada tahun Saka 700 Saka atau 778 Masehi. Ditulis dalam bahasa Sansekerta menggunakan aksara Pranagari. Salah satu ciri penting candi adalah atapnya yang berbentuk segi delapan, yang menampilkan gambar-gambar Tathagata / Buddha yang diukir menghadap ke empat titik mata angin, yang masing-masing diapit oleh sepasang bodhisattva di relief.

Candi Kalasan terletak di lembah Prambanan yang kaya arkeologis.

Hanya beberapa ratus meter di timur laut candi ini anda akan menemukan Kuil Sari (atau Candi Sari) yang kemungkinan besar adalah biara yang disebutkan dalam prasasti Kalasan.

Candi kalasan
IG @ilyasharjalaksana

Hal Menarik yang Bisa Anda Temukan di Candi Kalasan

Saat anda berkunjung ke candi ini, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan yang menjadi ciri khas dari candi kalasan.

  1. Terdapat pahatan motif kala dibagian atas pintu dan cekungan di sepanjang dinding candi yang berisi arca. Terdapat pahatan kecil wanita sedang bersila dan memegang benda di kedua tangannya pada bagian bawahnya. Di tiap sisi pintu masuk candi juga terdapat patung dewa yang berdiri memegang bunga teratai.
  2. Ruangan utama dari candi kalasan ini berada persis di tengah candi yang berbentuk bujur sangkar. Ruangan utama ini terdapat pintu masuk yang berada di sisi timur candi. Dalam ruangan ini, terdapat susunan batu bertingkat yang dahulu dipakai untuk meletakkan patung Dewi Tara. Patung Dewi Tara ini setinggi enam meter dan terbuat dari perunggu.
  3. Pada bagian atas candi akan melihat kubus yang menggambarkan puncak meru. Di sekeliling puncak kubus ini dikelilingi 52 stupa dengan tinggi sekitar 4.6 meter. Terdapat juga sesosok makluk kerdil yang disebut dengan gana yang berada di antara bagian tubuh candi dan atap.
  4. Masih di bagian atap candi, anda akan melihat bentuk persegi delapan yang bertingkat dua. Pada tingkatan pertama candi, terdapat relung yang bersemayam arca budha. Sedangkan pada tingkat kedua, terdapat relung yang ditempati arca dhayani budha.
  5. Pada bagian belakang candi kalasan terdapat altar pemujaan Dewi Tara yang ada di bagian dinding barat candi. Karena ada altar inilah, terdapat kesimpulan bahwa candi ini adalah tempat suci yang dipakai untuk pemujaan Dewi Tara bagi umat Budha.
  6. Pada bagian puncak candi sebenarnya adalah stupa, namun kini stupa tersebut sudah tidak terlalu berbentuk. Hal ini dikarenakan tidak banyak ditemukannya batu asli stupa yang menghambat rekonstruksi candi secara utuh. Bila anda masuk kedalam candi dan melihat puncak dari dalam, anda akan melihat rongga lingkaran yang semakin tinggi semakin sempit.
Baca Juga :  [Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul

Candi Kalasan terletak kira-kira 13 Km timur dari Yogyakarta, sekitar 100 meter selatan dari jalan utama Yogyakarta-Solo ke arah Kompleks Candi Prambanan.

Dari Yogyakarta perjalanan akan memakan waktu sekitar 25-35 menit. Jika Anda ingin naik transportasi umum, Anda bisa naik Bus TransJogja di banyak halte di Yogyakarta dengan arah ke Prambanan dengan harga tidak sampai Rp10.000.

Beberapa Foto Candi Kalasan

candi kalasan sleman jogja
IG @saiffuul

 

kalasan candi jogja
IG @bunpiau86

 

candi kalasan di yogyakarta
ig @mamederr

 

Candi kalasan jogja
ig @rettasimson

 

foto candi kalasan
ig @shinsyir
Tags: