GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

-pantai gumuk pasir parangkusumo

[Catat] Daftar 5 Pantai di Jogja Terbaik Selain Parangtritis yang Bisa Anda Kunjungi

Tahukah Anda bahwa Yogyakarta – pusat dari beberapa budaya dan tradisi terbaik Indonesia – juga merupakan pintu gerbang ke beberapa petualangan pantai yang paling menggembirakan di Indonesia?

Yup, Yogyakarta dapat menjadi titik awal untuk beberapa petualangan mendebarkan di Indonesia mulai dari selancar pasir, panjat tebing hingga sensasi yang luar biasa dengan hanya berjalan melintasi jembatan gantung.

Di bawah ini, kami telah membuat daftar beberapa pantai yang baru ditemukan di dekat kota Yogyakarta di mana Anda dapat menemukan berbagai jenis petualangan. Beberapa berlokasi cukup jauh dan mungkin belum memiliki banyak fasilitas.

Simpan artikel ini sekarang untuk mempersiapkan petualangan Anda berikutnya di Jogja!

Pantai di Jogja yang Menantang Anda untuk Datang

1 | PANTAI SIUNG

Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta dari atas
Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta dari atas. (foto: anekatempatwisata.com)

Pantai Siung telah tumbuh dalam popularitas tidak hanya untuk keindahan pantainya yang berpasir, tetapi juga karena pemandangannya yang paling indah.

Ada lebih dari seratus tempat di mana Anda bisa memanjat tebing-tebingnya yang menantang untuk menikmati panorama yang menakjubkan.

Salah satu pantai di Jogja ini bisa menjadi tempat Anda bagi para pemanjat tebing yang mengharapkan pemandangan menakjubkan setelah seharian mendaki.

Bagaimana menuju ke sana?

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 80 km (sekitar 2 jam berkendara) dari kota Yogyakarta. Wisatawan disarankan untuk menyewa kendaraan karena tidak ada layanan transportasi umum ke situs ini.

Baca Selengkapnya>>

 

2 | PANTAI POK TUNGGAL 

 -pantai pok tunggal
IG @donvalonssl

Hanya sedikit orang yang tahu tentang rahasia yang terletak di antara tebing lebat yang dikenal sebagai Pantai Pok Tunggal: pantai yang dibatasi oleh dua bukit raksasa yang telah dikembangkan sebagai lokasi wisata.

Tentu saja, pendakian ke puncak salah satu bukit ini, atau bahkan keduanya, adalah cara jitu untuk menikmati panorama yang indah.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

Apa yang istimewa dari pantai di jogja ini?

Pohon Duras yang unik berdiri sendirian di tepi pantai berpasir putih. Petualangan di pantai berpasir putih ini dibuka untuk umum pada tahun 2012.

Bagaimana menuju ke sana?

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 15 menit berkendara dari Pantai Indrayanti yang populer atau sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

 Baca Selengkapnya>>

 

3 | PANTAI KRAKAL

pantai krakal gunung kidul, yogyakarta
pantai krakal gunung kidul, yogyakarta. (foto: KSMTour.com)

Pantai Krakal adalah salah satu tempat paling favorit bagi penduduk setempat.

Selain sebagai daerah nelayan, pantai ini sangat cocok untuk peselancar untuk menguji manuver terhadap terumbu karang. Namun karena kondisi ombaknya yang cukup berbahaya, berselancar di salah satu pantai jogja ini merupakan tantangan dan sebaiknya hanya oleh peselancar ahli dan bukan untuk pemula. Setidaknya harus didampingi oleh pelatih professional demi keselamatan Anda sendiri.

Sayangnya, sampai artikel ini di buat belum ada yang menawarkan persewaan papan selancar sehingga jangan lupa untuk membawa papan seluncur Anda sendiri.

Bagaimana menuju ke sana?

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Tidak ada layanan transportasi umum ke pantai ini. Kota terdekat dengan pantai adalah Wonosari (sekitar 23 km). Sementara itu, pantai berjarak sekitar 2 jam perjalanan, atau 50 km, ke arah timur Yogyakarta.

Baca Selengkapnya>>

 

4 | PANTAI SINDEN

 -pantai sinden jogja
IG @anna.setyowati

Pantai di Jogja ini telah semakin popular belakangan ini karena jembatan gantung yang menghubungkannya ke pulau kecil yang dikenal sebagai Pulau Kalong (Pulau Kelelawar).

Di sinilah Anda dapat menguji keberanian Anda berjalan di sepanjang jembatan gantung yang tampak tipis (tapi tentu saja sudah aman), sambil menikmati pemandangan ombak yang menghantam bebatuan di bawah. Apakah Anda punya nyali untuk mencoba?

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta

Bagaimana menuju ke sana?

Pantai Sinden dan Pulau Kalong terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Ada transportasi umum tetapi akan lebih mudah bagi Anda untuk menyewa kendaraan pribadi. Berjarak sekitar 2 jam berkendara, sekitar 80 km, dari kota Yogyakarta.

Baca Selengkapnya>>

 

5 | Gumuk Pasir Parangkusumo

 -pantai gumuk pasir parangkusumo
@masmeya

Jika Anda mencari petualangan yang berbeda, datanglah ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Daerah ini merupakan gundukan pantai yang dikenal sebagai tempat yang sempurna untuk berselancar pasir (juga dikenal sebagai sand boarding).

Mengingat hanya ada beberapa tempat di dunia di mana Anda bisa berselancar pasir, Pantai di jogja ini menjadi tempat terbaik bagi Anda yang mencari tantangan unik.

Ditambah lagi, meskipun ada bukit pasir pantai yang tersebar di Indonesia, Vietnam dan Filipina, Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi unik karena satu-satunya tempat yang secara komersial digunakan untuk berselancar pasir.

Iya, Berselancar di pasir!

Bagaimana menuju ke sana?

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Distrik Kretek, Kabupaten Bantul. Menggunakan kendaraan pribadi, sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta.

Baca Selengkapnya>>

 

Nah, itulah daftar pantai yang bisa anda kunjungi bila ke Jogja selain Parangtritis. Selamat Piknik!