gedung marabunta semarang
gedung marabunta semarang. (foto: Kompasiana.com)

[Full Review] Gedung Marabunta Semarang: Gedung Kuno Dari Sejarah Yang Hilang

Diposting pada

Goodpiknik.com – Kota semarang memang banyak dipenuhi oleh gedung gedung kuno dari hasil peninggalan pada masa penjajahan belanda. Salah satu gedung kuno dan bersejerah yang bisa Kamu temui di semarang adalah Gedung Marabunta. Gedung Marabunta ini mudah sekali dikenali karena terdapat patung semut raksasa di atasnya dan terdapat papan nama Marabunta gedung Serbaguna.

Marabunta sendiri adalah sebuah nama dari jenis semut merah ganas dan mematikan yang berasal dari benua afrika. Semut ini tergolong unik karena tidak pernah menetap dan terus berpindah atau mengembara. Semut Marabunta tergolong semut karnivora atau pemakan daging. Bagaimana gedung eksotik ini sampai diberi nama semut Marabunta, mungkin ada sedikit hubungannya dengan sejarah akan gedung ini.

hall room gedung marabunta semarang
hall room gedung marabunta semarang. (foto: http://situsbudaya.id)

Sejarah Gedung Marabunta Semarang

Lokasi Gedung Marabunta ini berada di kawasan kota lama semarang dan tidak jauh Stasiun Tawang serta bangunan Gereja Blenduk, yaitu berada di Jalan Cenderawasih, Kawasan Kota Lama, Semarang. Tidak ada keterangan yang pasti mengenai kapan bangunan ini berdiri, hanya saja gedung ini dibangun sekitar tahun 1890. Tetapi ada juga sumber yang memperkirangan bahwa Gedung Marabunta ini sudah ada pada tahun 1854.

Gedung ini dulu dipakai untuk pementasan opera, komedi, orchestra, ballet dan juga cafeteria  bernama Schouwburg. Dahulu, ada seorang penari ballet cantik dan terkenal yang tampil di gedung ini, namanya adalah Margaretha Geertruida (Grietje) Zelle. Penari ballet ini juga dikenal dengan nama putri matahari. Margaretha lahir di Leeuwarden Belanda 7 Agustus 1876. Dia pernah menikah dengan Mayor Rudolph Mc Leod seorang perwira KNIL Angkatan Hindia Belanda dan tinggal di Semarang.

putri matahari gedung marabunta semarang
putri matahari gedung marabunta. (foto: liputan6.com)

Margaretha ini memulai karirnya di paris sebagai penari erotis yang belajar di India. Keterampilannya tersebut membawa margaretha berkeliling dunia, dan saat berada di Berlin, dia direkrut untuk menjadi mata-mata Negara Jerman. Profesi seorang penaring membuat margaretha mundah untuk memikat para kaum lelaki. Dia pun banyak membuat hubungan gelap dengan para petinggi pemerintahan pada masa itu. Menjadi seorang mata-mata memang tidaklah mudah, margaretha akhirnya ditangkap dan dihukum mati pada tanggal 15 Oktober 1917.

Baca Juga :  [Full Review] Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang, Wisata Religi Eksotik

Nah, apakah simbol semut merah marabunta ini ada hubungannya dengan kisah hidup si putri ballet margaretha atau si Putri Matahari ini sebenarnya tidak ada rujukan yang jelas. Bisa saja memang seperti itu maksud dari simbol tersebut, apalagi ada bagian sosok Putri Matahari ini diabadikan dalam lukisan kaca yang ada di gedung ini.

Gedung Marabunta sempat mengalami pembangunan kembali akibat kerusakan air rob. Dan pada tahun 1956 gedung ini dikelola oleh yayasan Rumpun Diponegoro Kodam IV Diponegoro yang kemudian berubah menjadi kantor PT. Marabunta Semarang

ornamen hall room gedung marabunta semarang
ornamen hall room gedung marabunta semarang. (foto: tripadvisor.com)

Inilah 5 Hal Menarik Di Gedung Marabunta Semarang

Bila Kamu berkunjung ke gedung marabunta ini, setidaknya ada 5 hal menarik yang bisa Kamu temukan, yaitu:

  1. Minibar Berbentuk Perahu

Saat pertama kali melangkahkan kaki ke dalam ruangan gedung, terdapat sebuah mini bar berbentuk perahu dengan atap yang runcing. Mini bar ini sebenarnya bukan peninggalan pada masa lampau, tetapi peninggalan dari pengusaha asal Sumatra barat yang pernah memakai gedung ini sebagai Cafe. Pelanggan dari Cafe ini adalah para pengusaha importir asing yang singgah di kota ini.

replika perahu gedung marabunta semarang
replika perahu gedung marabunta semarang. (foto: jateng.tribunnews.com)
  1. Hall Room Yang Klasik

Hall room gedung marabunta ini lumayan luas. Pada masanya, ruangan inilah tempat pertunjukan berbagai macam kesenian. Suasana ruangan Hall masih terlihat klasik, membuat kita bisa membayangkan bagaimana suasana pertunjukan pada masa lampau. Saat ini, hallroom marabunta dipakai untuk kegiatan acara pernikahan atau pertunjukan musik.

  1. Kaca Patri Eksotik

Kaca yang ada di gedung ini mempunyai sebuah lukisan wanita yang sedang menari ballet. Sosok wanita yang ada dilukisan tersebut konon menggambarkan penari ballet bernama Margaretha atau Puti Matahari. Hal ini juga mengaskan bahwa gedung ini dahulu memang berfungsi untuk tempat pertunjukan kesenian panggung.

Trending Lainnya :

[Full Review] Seluk Beluk Gereja Blenduk Semarang Yang Ikonik

[Full Review] Watu Simbar Semarang, Berwisata Sambil Berburu Durian Lezaat

  1. Tangga Lingkar Arsitektur Eropa
Baca Juga :  Inilah Daftar Lengkap Mall Di Semarang Yang Populer

Tangga yang berbentuk melingkar ini persis berada di samping pintu samping gedung Marabunta. Tangga ini mempunyai ornamen-ornamen bergaya eropa. Fungsi dari tangga ini adalah menghubungkan ruangan hall dengan kantor yang ada di lantai 2.

  1. Siluet

Apabila Kamu masuk ke dalam gedung, lalu memandang ke luar maka pemandangan siluet yang indah dengan kaca yang berwarna-warni bisa Kamu dapatkan. Siluet ini bisa Kamu gunakan untuk background sesi foto atau pengambilan gambar yang menarik.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Gedung Marabunta Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata kota semarang Gedung Marabunta Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Gedung Marabunta Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Gedung Marabunta Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Gedung Marabunta Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Gedung Marabunta Semarang Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi
gedung marabunta semarang pernah dijadikan cafe
gedung marabunta semarang pernah dijadikan cafe. (foto: skyscrapercity.com)

Apabila Kamu tertarik piknik sekaligus mempelajari bangunan-bangunan bersejarah di Semarang, maka Gedung Marabunta ini tidak boleh Kamu lewatkan. Pernak-pernik sisa dari peninggalan masa lampau masih bisa ditemukan dan terawat baik di gedung ini. Banyak pengetahuan sejarah yang bisa dipelajari dari objek wisata gedung marabunta semarang.

Baca Juga :  [Full Review] Puri Maerokoco Semarang, Taman Mini-nya Jawa Tengah

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Gedung Marabunta Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *