eksotisnya gereja blenduk semarang

[Full Review] Seluk Beluk Gereja Blenduk Semarang Yang Ikonik

Goodpiknik.com – Saat Kamu berwisata ke kawasan kota lama semarang, maka kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi salah satu gedung ikonik di lokasi ini, yaitu Gereja Blenduk. Seperti juga bangunan bangunan yang ada di komplek kota lama, gereja blenduk ini mempunyai sejarah panjang sejak jaman kolonial. Dari pertama kali melihat bentuk bangunannya pun, pasti Kamu akan langsung tahu kalau bangunan ini termasuk bangunan kuno di semarang.

Lokasi Gereja Blenduk Kota Lama Semarang ini berada di Jalan Letjend Suprapto 32, Semarang. Gereja Blenduk ini sebenarnya mempunyai nama Gereja GPIB Immanuel. Loh, kok bisa populer dengan nama gereja blenduk? Yuk, langsung saja kita bahas sejarah dan seluk-beluk tentang gereja ikonik kawasan kota lama ini.. Cuzz…

gereja blenduk semarang dari atas
gereja blenduk semarang dari atas. (foto: travel.Tribunnews.com)

Sejarah Gereja Blenduk Sebagai Peninggalan Jaman Kolonial

Gereja Blenduk ini dibangun pada tahun 1753 oleh Belanda dengan bentuk awal arsitek bangunan khas Jawa. Gereja ini menjadi salah satu bagian dari kawasan kota lama yang waktu itu menjadi pusat militer dan ekonomi. Pada tahun 1787 atau setelah 34 tahun berdiri, bangunan gereja ini mengalami perombakan total. Penambahan bentuk kubah serta menaranya baru ada setelah ada renovasi ke dua kali pada tahun 1894 s/d 1895 yang di arsiteki oleh H.P.A. De Wilde dan W.Westmas. Renovasi terbaru dilakukan pada tahun 2003 silam dengan tetap mempertahankan gaya bangunan ala eropa.

gereja blenduk semarang jaman dulu
gereja blenduk semarang jaman dulu.

Semua renovasi yang dilakukan di Gereja Blenduk ini diabadikan dalam sebuah prasasti. Tulisan prasasti tersebut diletakkan pada dinding pilar sebelah kanan mimbar untuk renovasi pertama/ kedua. Sedangkan di pilar yang satu lagi menceritakan renovasi pada tahun 2003 dan ditandatangani seorang pendeta bernama Rufus Alexander Waney M.Th. Terdapat pula spanduk yang berisi petikan ayat dari Al-kitab di antara kedua pilar tersebut.

Baca Juga :  [Full Review] Desa Wisata Lembah Kalipancur: Kampung Wisata Di Semarang Yang Masih Asri

Bentuk Kubah yang berada pada bagian atas gereja inilah yang membuat orang-orang Jawa pada jaman itu menyebutnya dengan sebutan Gereja Blenduk. Blenduk sendiri adalah istilah dalam bahasa jawa yang berarti menggelembung. Sampai saat ini Gereja Blenduk masih aktif dipakai untuk ibadah umat Kristen Protestan. *Harusnya namanya gereja mblenduk ya, ada “m”-nya kalau logat jawa huehue..

gereja blenduk semarang
gereja blenduk semarang.

Gambaran Kondisi Bangunan Gereja Blenduk Sebagai Obyek Wisata Di Semarang

Gereja Blenduk Semarang ini terdiri dari dua lantai dan mempunyai menara kembar di salah satu sisinya. Di tiap menara, terdapat ornamen jam dinding yang menempel di sisi atas menara. Menara serta Kubah Blenduk ini ditopang dengan balok beton sebanyak 32 buah yang terbagi 8 balok besar dan 24 balok kecil.

Baca Juga :

[Full Review] Menikmati Ademnya Taman Srigunting Kota Lama Semarang

[Full Review] Gedung Marabunta Semarang: Gedung Kuno Dari Sejarah Yang Hilang

Bangunan Gereja ini menghadap arah selatan dan sering kali digunakan untuk spot foto pre-wedding di semarang. Karena masih aktif dipakai untuk kegiatan ibadah, maka di dalam gedung gereja kuno ini terdapat kursi yang bejajar layaknya disebuah gereja pada umumnya. Segala peralatan dan kelengkapan gereja terlihat masih sangat bersih dan terawat. Ada juga peralatan peninggalan jaman dahulu berupa organ pipa atau orgel Barok buatan tahun 1970-an yang terlihat klasik dan elok. Sayangnya, peralatan ini sudah tidak berfungsi lagi karena di makan usia. Harap maklum, faktor “U”.. *umur 😀

orgel yang ada di gereja blenduk semarang
orgel yang ada di gereja blenduk semarang. (foto: TripAdvisor.co.id)

Ornamen-ornamen klasik khas bangunan eropa masih tampak jelas dan dipertahankan. Tangga untuk menuju ke lantai dua bangunan ini berbentuk melingkar buah karya dari Pletterij Den Haag. Ada juga patung kecil berbentuk malaikat bersayap yang sedang memainkan sebuah alat musik harpa. Pada jendela-jendela atas bangunan ini terdapat ornamen kaca patri warna warni dan menawan. Kaca patri seperti ini memang umum terdapat pada bangunan-bangunan mewah kuno peninggalan jaman dahulu.

Baca Juga :  Daftar 28 Tempat Wisata Semarang Keren Dan Terlengkap

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Gereja Blenduk Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju destinasi wisata semarang Gereja Blenduk Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Gereja Blenduk Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Gereja Blenduk Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Gereja Blenduk Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Wisata Gereja Blenduk Untuk Mengingat Sejarah Pada Masa Lalu
spot foto di gereja blenduk semarang
spot foto di gereja blenduk semarang. (foto: astro photografi)

Berkunjung atau berwisata ke gereja ini merupakan salah satu cara kita untuk tahu dan mengerti sejarah masa lalu kota semarang. Apabila Kamu merupakan penganut Kristen Protestan, tidak ada salahnya sekali waktu melakukan wisata religi atau bahkan ikut beribadah ke Gereja ini pada hari minggu. Peribadatan biasanya di mulai pukul 06.00 pada pagi hari dan selanjutnya pada pukul 09.00 WIB. Gereja ini pernah mendapatkan penghargaan dari Ikatan arsitek Indonesia Jawa Tengah atas keindahan arsiteknya dan kondisi bangunan yang terawat sebagai Tempat Ibadah Tua Yang Terbaik Pemeliharaanya. Waah, applause deh..

Baca Juga :  [Full Review] Gedung Marabunta Semarang: Gedung Kuno Dari Sejarah Yang Hilang
kursi gereja blenduk semarang yang masih rapi
kursi gereja blenduk semarang yang masih rapi. (foto: en.wikipedia.org)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Gereja Blenduk Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.