kampung pelangi semarang

[Full Review] Kampung Pelangi Semarang, Kreatifitas Yang Disorot Dunia

Goodpiknik.com –Tempat wisata di semarang semakin bertambah dengan obyek-obyek yang unik dan menarik, salah satunya adalah keberadaan Kampung Pelangi. Salah satu obyek wisata ini bahkan sampai menarik perhatian media internasional dan sempat di muat di halaman beritanya.

Kampung Pelangi Semarang ini mempunyai nama asli Kampung Brintik. Kampung ini mampu disulap oleh pemerintah daerah menjadi kampung yang berwarna-warni. Lokasi kampung pelangi ini berada persis di tepian sungai semarang dengan total 300-an rumah. Tepatnya berada di Jalan Dr.Soetomo, Kel. Randusari, Semarang Selatan. Kamu sudah bisa melihatnya dari lokasi Tugu Muda, karena letak kampung pelangi semarang ini berada di atas perbukitan. Apabila Kamu berkunjung ke daerah ini, maka jangan sampai lupa untuk mengisi penuh baterai kamera Kamu ya, karena banyak spot foto menarik yang ada di lokasi ini. Siaap?

Sejarah Kampung Pelangi Sebagai Tempat Wisata Di Semarang Terbaru

Kampung Pelangi Semarang yang dahulu bernama Kampung Brintik ini adalah salah satu proyek pemerintah senilai Tiga Milyar Rupiah. Ya, kampung ini pada mulanya adalah sebuah kampung yang kumuh dan tidak tertata dengan bangunan tembok-tembok yang tidak terlalu terawat. Lokasi kampung ini berada dekat dengan pasar bunga Kalisari.

perkembangan di kampung pelangi semarang
perkembangan di kampung pelangi semarang. (foto: rockingmama.id)

Pada awalnya, proyek renovasi justru di tujukan untuk memperbaiki sarana dan prasarana pasar bunga kalisari. Bahkan, proyek renovasi tersebut diharapkan mampu menyedot para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi pasar. Dana yang disiapkan pemerintah pun cukup besar, yaitu sekitar 9,6 Milyar Rupiah. Akan tetapi, setelah semua renovasi dan perbaikan pasar selesai, ada satu pemandangan yang merusak keindahan pasar bunga tersebut, yaitu kondisi kampung brintik yang kumuh.

Trending Lainnya:

[Full Review] Puri Maerokoco Semarang, Taman Mini-nya Jawa Tengah

[Full Review] Water Blaster Semarang: Waterpark Paling Seru Dan Terlengkap

Dari kondisi itulah, tercetus ide untuk membuat kampung brintik menjadi kampung yang bersih dan cantik untuk mendukung proyek pasar bunga sebelumnya. Pemerintah  pun menganggarkan dana sampai Tiga Milyar untuk membentuk dan merenovasi kampung brintik tersebut. Tapi, ada sebuah kendala dalam merealisasikannya yaitu tidak semua rumah yang ada di kampung brintik tersebut masuk golongan keluarga miskin. Sehingga tidak semua rumah bisa di renovasi oleh pemerintah daerah. Namun akhirnya, dana pembangunan kampung brintik ini dikumpulkan dari hasil bantuan/ sumbangan, dana CSR Perusahaan, bahkan hingga uang pribadi.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Marina, Wisata Alam Di Suasana Kota Semarang
panorama di kampung pelangi semarang
panorama di kampung pelangi semarang. (foto: dotproperty.id)

Itulah sejarah atau asal usul berdirinya kampung pelangi semarang dari berbagai sumber yang kami himpun. Cukup menarik ya..

Gambaran Kondisi Lokasi Kampung Pelangi Sebagai Salah Satu Spot Foto Di Semarang

Kampung Pelangi Semarang ini sempat menjadi hits bahkan diperbincangkan dunia. Beberapa media luar seperti The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda sempat memberitakannya.

gambaran kampung pelangi semarang
gambaran kampung pelangi semarang. (foto: architecturaldigest.com)

Para pengunjung Kampung Pelangi ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berfoto dan berselfie dan mengunggahnya di media sosial. Sesuai dengan namanya, yaitu Kampung  Pelangi, tempat wisata semarang ini mempunyai warna yang beraneka macam layaknya pelangi. Warna-warni ini menjadi ciri khas dari lokasi wisata ini. Walaupun konsep kampung warna-warni ini bukan yang pertama kali di Indonesia, tapi tetap saja lokasi ini dapat menyedot banyak pengunjung. Beberapa daerah yang sudah menerapkan konsep serupa kampung pelangi ini misalnya Kabupaten Malang, Balikpapan dan Lubuklinggau.

spot foto di kampung pelangi semarang
spot foto di kampung pelangi semarang. (foto: dakatour.com)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Kampung Pelangi Semarang

Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Kampung Pelangi Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Kampung Pelangi Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Kampung Pelangi Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Kampung Pelangi Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang, Wisata Religi Eksotik

Kampung Pelangi Semarang Menjadi Tempat Wisata Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Banyaknya spot foto yang instagramable dan unik adalah alasan bahwa Kamu wajib berkunjung ke lokasi kampung pelangi semarang. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke lokasi ini adalah pagi dan sore hari. Biasanya pada waktu-waktu tersebut lokasi ini ramai didatangi wisatawan untuk menikmati suasana dan tentu saja berfoto ria.

berfoto di kampung pelangi semarang
berfoto di kampung pelangi semarang. (foto: http://piximus.net)

Proyek kampung pelangi semarang ini ini diharapkan bukan hanya dapat mengubah wajah kampung yang sebelumnya kumuh menjadi lebih indah, tetapi juga membuat ekonomi warga kampung ikut membaik. Karena itu, yuk ramai-ramai datang ke kampung pelangi ini, selain untuk berwisata, kita juga turut membantu meningkatkan taraf ekonomi warga kampungnya.

Itulah tadi ulasan mengenai obyek wisata semarang, yaitu Kampung Pelangi Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.