[Full Review] Menjelajah Klenteng Sam Poo Kong Dan Kisah Laksamana Cheng Ho

[Full Review] Menjelajah Klenteng Sam Poo Kong Dan Kisah Laksamana Cheng Ho

Goodpiknik.com – Kota Semarang bisa dijadikan sebagai salah satu kota alternatif tujuan wisata yang menyenangkan loh kalau Kamu tahu lokasi-lokasi yang strategis untuk dikunjungi. Nah, salah satu destinasi obyek wisata di Semarang yang cukup terkenal adalah Klenteng Sam Poo Kong. Lokasi wisata Sam Poo Kong ini berada di Jl. Simongan Raya 129, Semarang dan masih ada di dalam area kota semarang.

Klenteng Sam Poo Kong atau Kuil Sam Poo Kong ini mempunyai sebutan lain, yaitu Gedung Batu. Kenapa disebut Gedung Batu? Ya karena bentuknya yang merupakan Gua Batu Besar dan terletak di sebuah bukit batu. Bangunan ini dulunya sebuah masjid loh, lalu orang Tionghoa di indonesia menganggap hal itu adalah sebuah klenteng karena bentuknya yang mempunyai ciri khas bangunan china. Bingung ya? Simak penjelasan di bawah deh..

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong. (foto: annienugraha.com)

Sejarah Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng  Sam Poo Kong sebagai salah satu obyek wisata di semarang sejatinya adalah sebuah peninggalan atau petilasan untuk mengenang seorang tokoh dari Tiongkok yang bernama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He. Laksamana Cheng Ho adalah seorang pelaut yang melakukan pendaratan pertama dari negaranya di Tanah Jawa dan beliau ada penganut agama Islam loh. Adapun tanda-tanda bahwa laksamana Cheng Ho adalah seorang penganut agama islam adalah ditemukannya tulisan “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al-Quran”.

Saat ini, Klenteng Sam Poo Kong selain menjadi lokasi atau obyek wisata di semarang juga dijadikan tempat peribadatan agama Kong Hu Cu. Walaupun Laksamana Cheng Ho sebenarnya adalah seorang muslim, tapi mereka tetap mengganggap sang Laksamana sebagai leluhur yang sangat dipuja. Hal ini karena agama Kong Hu Cu atau Tau berkeyakinan bahwa orang yang sudah mati sekalipun dapat memberikan pertolongan kepada umat agama mereka. Di kuil atau klenteng Sam Poo Kong juga diletakkan patung-patung Sam Po Tay Djien sebagai sarana pelengkap untuk peribadatan Kuil.

Berdasarkan kisahnya, Laksamana Cheng Ho saat melintasi utara laut jawa mendadak anak buahnya banyak yang jatuh sakit sehingga Laksamana Cheng Ho terpaksa harus berlabuh di pulau jawa atau di pantai utara semarang untuk beristirahat. Pasukannya berlindung di dalam Goa serta mendirikan sebuah masjid untuk peribadatan. Masjid itulah yang sekarang ini menjadi sebuah klenteng yang kita kenal sekarang sebagai klenteng Sam Poo Kong. Saat ini, bangunan tersebut malah berada di dalam kota semarang akibat dari pendakalan pantai yang ada di utara pulau jawa sehingga daratan yang ada di utara jawa (Semarang) semakin luas.

Baca Juga :  [Full Review] Pasar Semawis Semarang, Tempat Kuliner Yang Selalu Meriah

Dari kisah yang beredar, diceritakan bahwa saat laksamana Cheng Ho meninggalkan pulau Jawa, ternyata tidak semua awak kapalnya ikut berlayar karena memilih tinggal di Jawa dan menikah dengan penduduk setempat. Mereka mengajari cara bercocok tanam serta mendakwahkan agama islam. Di dalam kuil Sam Poo Kong juga terdapat makam seorang juru mudi dari armada kapal Cheng Ho. Tapi gak serem kok makamnya hehe..

Patung laksamana Cheng Ho Di Klenteng Sam Poo Kong
Patung laksamana Cheng Ho Di Klenteng Sam Poo Kong. (foto: blog.mamikos.com)

Gambaran Kondisi Kuil Sam Poo Kong Sebagai Obyek Wisata Semarang

Kuil Sam Poo Kong mempunyai halaman parkir yang cukup luas bahkan untuk kendaraan Bus sekalipun. Lokasi parkiran ini berada satu komplek di dalam pagar yang menjadi pembatas wilayah Kuil dengan jalan raya di sekitarnya. Masuk ke dalam parkirannya pun sudah memakai mesin parkir otomatis.

Untuk masuk ke area klenteng Kamu akan di tawari 2 (dua) jenis tiket yang berbeda. Yang pertama (dengan harga lebih murah), Kamu hanya bisa masuk dan mengunjungi area halaman dan Aula besar yang ada di Sam Poo Kong. Yang kedua, kalau Kamu ingin menjelajah seluruh wilayah di area klenteng ini, maka Kamu harus membeli tiket masuk yang tarifnya lebih mahal.

Saat siang hari, cuaca di Semarang memang cukup panas. Lumayan juga ngitemin kulit dikit hehe. Halamannya cukup luas loh, Aula adalah bangunan paling besar yang ada halaman klenteng. Semua bangunan yang ada di sini menggunakan konstruksi dan desain arsitektur khas negeri China dengan warna yang merah mencolok. Berada di Aula ini serasa seorang jenderal di kerajaan China yang sedang mempersiapkan pasukannya untuk menyerang Negara musuh. Siap Grak! *LangsungSelfie..

Di area halaman klenteng juga terdapat taman dengan pohon-pohon yang rindang untuk menikmati suasana kuil. Ada bangku-bangku taman dan di dekatnya ada juga penjual minuman dingin dan makanan ringan. Tentu saja, melihat minuman dingin di siang hari yang terik itu seperti seorang jomblo menemukan jodohnya: bahagia banget.. ehehe.. Ada baiknya kalau ke sini pas pagi atau sore hari, pas matahari sudah gak di atas kepala. Suasananya bisa lebih syahdu lagi, apalagi kalau jalan bareng pasangan. Ya gak sih? :p

Trending Lainnya:

[Full Review] Lawang Sewu Semarang, Sejarah & Cerita Mistisnya

[Full Review] Simpang Lima Semarang: Sejarah + Keseruannya Hari Ini

Bagi yang mempunyai Tiket Terusan yang bisa menjelajah ke seluruh area, Kamu akan menemukan 4 (empat) bangunan Kuil yang bisa dilihat, yaitu Kuil Dewa Bumi, Kuil Juru Mudi, Kuil Sam Poo Tay Djien dan Kuil Kyai Jangkar. Tuh, ada nama “kyai”-nya, salah satu bukti akulturasi budaya di sini ya. Masing-masing kuil ini mempunyai fungsi berbeda-beda.

Baca Juga :  [Full Review] Water Blaster Semarang: Waterpark Paling Seru dan Terlengkap

Bagi Umat Kong Hu Cu, Kuil Dewa Bumi merupakan klenteng atau kuil yang diperuntukkan untuk Dewa Bumi yaitu dewa yang diyakini telah memberikan kesuburan tanah dan kekayaan panen bumi yang melimpah. Diantara kuil yang ada, kuil Sam Poo Tay Djien atau yang kita kenal dengan nama Klenteng Sam Poo Kong adalah yang paling besar. Terdapat sumur yang tidak pernah habis sumber airnya serta Goa Sam Poo persis di bagian bawah kuil tersebut. Seru ya..

Selain klenteng sam poo kong ini, ada juga klenteng lain di semarang yang tidak kalah eksotis bentuk bangunannya, yaitu klenteng tay kak sie dan pagoda avalokitesvara.

Kuil Klenteng Sam Poo Kong
Kondisi Kuil Klenteng Sam Poo Kong. (foto: annienugraha.com)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Klenteng Sam Poo Kong ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Klenteng Sam Poo Kong dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Klenteng Sam Poo Kong
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Klenteng Sam Poo Kong
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Watu Simbar, Tempat Wisata Berburu Durian Semarang

Sam Poo Kong Semarang Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berwisata di klenteng Sam Poo Kong Semarang ini. Selain kita bisa mengunjungi semua kuil yang ada di dalamnya, kita juga bisa menyewa pakaian khas China untuk spot photo sebagai kenang-kenangan di lokasi wisata. Banyak spot foto menarik di Sam Poo Kong Semarang ini yang bisa kita explore. Kita bisa menyewa jasa tukang photo untuk mengabadikan moment kita di klenteng Sam Poo Kong atau juga menyewa jasa pemandu yang akan menjelaskan kepada pengunjung sejarah dari masing-masing bangunan.

Aula Di Klenteng Sam Poo Kong
Aula Di Klenteng Sam Poo Kong. (foto: vintysannaly.blogspot.co.id)

Tiket masuk ke lokasi wisata Sam Poo Kong Semarang ini ada 2 macam. Kita bisa memilih hanya masuk ke area halaman klenteng Sam Poo Kong saja dengan tarif IDR 8.000, atau kita ingin mengunjungi ke semua kuil yang ada di dalam dengan membayar retribusi IDR 28.000.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai obyek wisata semarang, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Semoga bisa memandu kegiatan wisata Kamu di semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.