GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

Klenteng Tay Kak Sie Semarang

[Full Review] Tay Kak Sie Klenteng Di Semarang, Lebih Eksotis Dari Sam Poo Kong?

Goodpiknik.com – Apabila kita membicarakan klenteng di semarang, pastilah kita akan lebih familiar dengan nama Sam Poo Kong. Tapi tahukah Kamu, ada sebuah klenteng di semarang yang juga cantik dan menawan selain Sam Poo Kong di Kota Semarang? Ya, inilah klenteng Tay Kak Sie salah satu klenteng tua nan eksotis di semarang.

Lokasi dari Klenteng Tay Kak Sie ini berada di Gang Lombok, masih Area Pecinan Kota Semarang. Salah satu klenteng di semarang ini sudah berdiri sejak jaman dahulu, dan masih ramai sampai sekarang. Bangunannya pun masih terlihat bagus dan sangat terawat karena memang masih difungsikan sampai sekarang. Bagaimana sejarah dan kondisi salah satu klenteng di semarang ini, yuk langsung aja simak review berikut ini..

Sejarah Tay Kak Sie Temple

Sejarah klenteng Tay Kak Sie sudah dimulai sejak tahun 1772, lama banget ya. Pada mulanya klenteng ini hanya difungsikan untuk memuja dewi  Kwam Sie Im Po Sat. Tapi lambat laun, klenteng ini juga menjadi lokasi pemujaan dewa-dewi Tao.

beribadah di Klenteng Tay Kak Sie Semarang
beribadah di Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (foto: purehazel.wordpress.com)

Secara singkat, sebelum berdirinya Klenteng Tay Kak Sie ini, terdapat rumah ibadah yang lebih dulu dipakai untuk ibadah umat Tionghoa yang bernama Kwan Im Ting pada tahun 1724. Rumah ibadah ini lokasinya berada di pinggir kolam dan agak terpencil dari pemukiman. Namun, semakin lama rumah ibadah ini semakin ramai dikunjungi dan menjadi padat pemukiman.

Hingga pada tahun 1753, ada sebuah peristiwa pemberontakan dari kelompok pemabuk yang ada di halaman Kwan Im Ting. Atas dasar peristiwa tersebut, muncul pemikiran untuk memindahkan rumah ibadah ke tempat yang lebih aman.

halaman Klenteng Tay Kak Sie Semarang
halaman Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (foto: Mapio.net)

Akhirnya, atas petunjuk dari ahli feng shui dan dana dari saudagar yang ada pada saat itu serta dibantu oleh berbagai macam sumbangan dari masyarakatnya, pada tahun 1772 berdirilah sebuah kelenteng yang diberi nama Tay Kak Sie yang berarti Kuil Kesadaran. Klenteng semarang ini dibangun di areal perkembunan Lombok. Nah, dari lokasi itulah, nama gang Lombok ini berasal.

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits

Klenteng Tay Kak Sie Masih Eksotis Sampai Sekarang

Walaupun sudah berdiri sejak lama, klenteng di semarang ini tetap terlihat masih kokoh dan sangat terawat. Ukuran klenteng Tay Kak Sie ini memang kalah dari klenteng Sam Poo Kong, tapi untuk ornamen dan ukuran yang ada, kuil ini terlihat lebih eksotis.

kondisi di dalam Klenteng Tay Kak Sie Semarang
kondisi di dalam Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (foto: SemarangKota.com)

Trending Lainnya:

[Full Review] Desa Wisata Lembah Kali Pancur: Kampung Wisata Di Semarang Yang Masih Asri

[Full Review] Pasar Semawis, Tempat Kuliner Di Semarang Yang Selalu Meriah

Terdapat ornamen Naga berwarna merah yang terlihat sangat detail dipahatannya, dan juga berbagai patung dewa-dewi dan alat perlengkapan ibadah lainnya seperti Lilin dan Dupa  di dalam Kuil. Apabila dilihat arsitektur bangunannya, maka segala ornamen dan hiasannya sangat kental dengan gaya Tiongkok dengan tiang-tiang bangunan yang berasal dari kayu berbentuk segitiga yang dalam bahasa mandarin disebut Dou-Gong.

altar 3 budha Klenteng Tay Kak Sie Semarang
altar 3 budha Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (foto: tripadvisor.com)

ohya, kalau kamu datang ke sini pada weekend, jangan lupa untuk mengunjungi juga pasar semawis yang tidak jauh dari lokasi klenteng ini ya. Terdapat festival kuliner yang ramai banget di pasar semawis ini.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Klenteng Semarang Tay Kak Sie

Bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Klenteng Semarang Tay Kak Sie ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Klenteng Tay Kak Sie dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Klenteng Tay Kak Sie
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Klenteng Tay Kak Sie
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Desa Wisata Lembah Kalipancur: Kampung Wisata Di Semarang Yang Masih Asri

Klenteng Semarang  Tay Kak Sie Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Klenteng Tay Kak Sie memang tidak se-terkenal klenteng sam poo kong di semarang. Namun, salah satu tempat wisata di semarang ini memiliki nilai lebih yang bisa jadi membuat Kamu berdecak kagum saat berada di sini, yaitu eksotisme bangunannya. Jadi, berkunjung ke lokasi ini bisa menjadi alternatif pilihan yang lain bagi Kamu yang mencari suasana lain saat berwisata maupun beribadah.

Klenteng Tay Kak Sie Semarang dari samping
Klenteng Tay Kak Sie Semarang dari samping. (foto: panoramio.com)

Itulah tadi review mengenai salah satu obyek wisata Semarang, yaitu Klenteng Semarang Tay Kak Sie. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..

 



Leave a Reply