GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

pojok kota lama semarang

[Full Review] Kota Lama Semarang: Tempat Wisata Yang Selalu Hits

Goodpiknik.com – Kota lama Semarang merupakan sebuah komplek bangunan kota tua yang masih bisa Kamu nikmati keberadaannya sampai sekarang. Sebagai salah satu tempat wisata di semarang yang romantis pada malam hari, Kamu bisa menemukan lokasi paling eksotis dari Kota Lama Semarang ini di Jalan Letjen Suprapto.

Banyak sekali spot-spot  foto mernarik di Kota Lama Semarang yang bisa Kamu explore dengan tema jaman dahulu. Banyak gedung bersejarah di Semarang berada di lokasi ini. Tapi, sebelum Kamu menjelajah lebih jauh, ada baiknya bila Kamu mengetahui sejarah Kota Lama ini berdiri dan menjadi tempat wisata Semarang saat ini. simak terus yaa..

Sejarah Kota Lama Semarang

Pada abad 19 dan 20, Kota Lama Semarang adalah sebuah pusat perdagangan yang ramai. Sehingga untuk membuat wilayah perdagangan tersebut aman, kemudian didirikan benteng yang bernama Vijhoek. Benteng ini mempunyai 3 pintu gerbang, dan untuk menghubungkan ke tiga pintu gerbang tersebut maka di bangunlah jalan-jalan penghubung yang saat ini bernama Jl.Letjen Soeprapto. Salah satu pintu benteng yang masih ada sampai sekarang adalah Jembatan Berok.

spot foto keren di kota lama semarang
spot foto keren di kota lama semarang. (foto: anekawisata.com)

Kawasan Kota Lama semarang ini mencapai luas 31 Hektar loh, serta mempunyai julukan lain sebagai “Little Netherland”, keren ya julukannya hehe. Terdapat hampir 50 bangunan jaman dahulu yang masih bisa Kamu lihat sampai sekarang. bangunan-bangunan tersebut adalah saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonial.

Seperti kebanyakan kota-kota lain yang dikuasi oleh Belanda, di kota ini juga terdapat benteng untuk dijadikan pusat kegiatan militer. Benteng yang dibangun ini berada di sebelah barat kota lama semarang dan berbentuk segilima. Terdapat juga lima menara yang berfungsi sebagai menara pengawas. Menara ini selain untuk kepentingan militer juga digunakan untuk mengawasi kegiatan orang-orang keturunan china yang berada disekitar lokasi tersebut.

Baca Juga :  [Full Review] Simpang Lima Semarang: Sejarah + Keseruannya Hari Ini
kota lama semarang
kota lama semarang. (foto: id.wikipedia.org)

Gambaran Kondisi Kota Lama Sebagai Obyek Wisata Semarang

Kota Lama Semarang adalah sebuah komplek bangunan pada jaman dahulu, sehingga karakteristik dari bangunan yang ada mengikuti bangunan-bangunan yang ada di benua Eropa pada sekitar tahun 1700-an. Segala ornamen yang ada masih tampak jelas identik dengan gaya bangunan khas eropa, mulai dari bentuk pintu, jendela yang besar-besar, bentuk atap bangunan dan penggunaan kaca yang berwarna-warni.

Banyak spot foto di Kota Lama Semarang ini yang bagus-bagus dan keren loh. Berikut ini beberapa diantaranya :

kota lama semarang malam hari
kota lama semarang malam hari. (foto: coretanpetualang.wordpress.com)

1. Pabrik Rokok Praoe Lajar

Pabrik Rokok Praoe Lajar berada di dalam kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di di Jl Merak No 15 Tanjungmas. Pabrik rokok ini masih beroperasi sampai sekarang dengan wilayah pemasaran hanya ada di semarang dan sekitarnya. Pabrik Roko Praoe Lajar sudah berdiri sejak jaman kolonial belanda dan masih bertahan sampai sekarang. Kasih Jempol buat pabrik rokok ini dong..

2. Stasiun Tawang

Stasiun Tawang merupakan stasiun peninggalan jaman belanda dan masih eksis sampai sekarang. Stasiun ini di bangun oleh Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschsrij pada periode 16 Juni 1864 hingga 10 Februari 1870 (6 tahun). Stasiun Tawang ini berada di jalan Pengapon, Semarang.

Trending Lainnya:

Inilah Daftar Lengkap Mall Di Semarang Yang Populer

[Full Review] Piknik & Belajar Di Museum Ronggowarsito Semarang

3. Persimpangan Di Tengah Kota Lama

Spot foto menarik lainnya yang bisa di coba adalah di Persimpangan Tengah Kota Lama.Persimpangan tersebut berada di tengah-tengah Kota Lama. Mempertemukan Jalan Glatik, Jalan Garuda dan Jalan Jend. Soeprapto. Persimpangan ini menawarkan pemandangan khas bangunan kota yang sedikit “alami” karena belum ada renovasi dan tidak terlalu terawat.

Baca Juga :  [Full Review] Tugu Muda Semarang Dan Tragedi Memilukan Di Baliknya
spot foto dekat gereja blenduk kota lama semarang
spot foto dekat gereja blenduk kota lama semarang. (foto: Kitanesia.id)

4. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Semarang ini juga berada di kawasan Kota Lama. Kata blenduk ini berasal dari bahasa jawa “mblenduk” yang berarti menggelembung seperti kubah. Sedangkan nama asli dari gereja ini adalah Gereja GPIB Immanuel. Gereja Blenduk adalah salah satu bangunan ikonik yang ada di kota lama dan merupakan salah satu spot foto di semarang yang menarik. Wajib foto nih kalau ada di lokasi ini.

gereja blenduk kota lama semarang
gereja blenduk kota lama semarang. (foto: news.okezone.com)

5. Polder Air Tawang

Polder Air Tawang ini berlokasi di depan Stasiun Tawang dan berupa kolam yang multi fungsi. Lokasi ini sering dijadikan tempat foto anak-anak muda karena lingkungannya yang menarik. Polder Air Tawang ini juga berfungsi untuk mengantisipasi kelebihan air agar tidak terjadi banjir. Pada sore hari, Polder Air Tawang Semarang ini menjadi tempat wisata semarang yang romantis bagi yang punya pasangan. Bagi yang gak punya pasangan sih malah jadi tempat galau biasanya ehehe..

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Kota Lama Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Kota Lama Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Kota Lama Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Kota Lama Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Kota Lama Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Masjid Agung Semarang Dan Keberadaan “Payung Masjid Nabawi”

Kota Lama Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

parade fashion kota lama semarang
parade fashion kota lama semarang. (foto: viva.co.id)

Kurang lengkap rasanya bila Kamu pergi ke semarang tanpa mengunjungi wisata Kota Lama ini. Lokasi ini menyajikan suasana kota tua semarang bergaya kolonial dan masih otentik bentuk-bentuk bangunannya. Tidak hanya wisata sejarah masa lalu yang ditawarkan di kawasan Kota Lama Semarang ini, tetapi juga terdapat kuliner dan spot belanja yang bisa Kamu kunjungi.

Itulah tadi ulasan mengenai obyek wisata semarang, yaitu Kota Lama Semarang. Semoga bisa memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Leave a Reply