GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

Museum Ronggowarsito

[Full Review] Piknik & Belajar Di Museum Ronggowarsito Semarang

Goodpiknik.com – Salah satu wisata edukasi yang bisa dikunjungi apabila kita ke daerah Semarang adalah Wisata Museum Ronggowarsito Semarang. Ohya, pengertian museum itu sendiri adalah sebagai tempat menyimpan benda-benda kuno yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan juga sebagai tempat rekreasi. Jadi, mengunjungi Museum selain untuk bertamasya juga sebagai sarana untuk menambah wawasan masa lampau. Piknik sekalian belajar, asikk kan?

Museum Ronggowarsito Semarang terletak di jalan Abdulrahman Saleh No 1, Semarang Jawa Tengah. Museum ini tepatnya persis disebelah bundaran Kalibanteng, Semarang. Museum ini merupakan salah satu museum terlengkap yang ada di Semarang. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari hasil kunjungan ke lokasi wisata yang satu ini. Yuk, langsung meluncurr..

Sejarah Museum Ronggowarsito Semarang

Museum Ronggowarsito Semarang dijadikan salah satu cara untuk menyimpan sejarah dan mempelajari berbagai peninggalan budaya pada masa lampau. Itulah latar belakang berdirinya Museum Ronggowarsito Sampai saat ini, yaitu pelestarian budaya dan sebagai tempat menambah wawasan bagi para pengunjungnya.

Museum Ranggawarsita banyak memiliki koleksi yang mencapai 59.802 buah. Banyak banget ya. Koleksi-koleksi ini terbagi menjadi 10 kategori jenis koleksi yang dipamerkan, yaitu : geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Kalau mau tahu artinya masing-masing istilah tadi, tanya ke petugas yang ada di sana ya, biar pada penasaran hehe..

tampak depan Museum Ronggowarsito
tampak depan Museum Ronggowarsito. (foto: seputarsemarang.com)

Gambaran Kondisi Museum Ranggawarsita Sebagai Obyek Wisata Semarang

Museum Ranggawarsita Semarang mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Tiket masuk ke lokasi Museum Ranggawarsita ini tergolong murah, yaitu IDR 5.000 untuk Dewasa dan IDR 3.000 anak-anak. Harga tiket ini bisa saja berubah menyesuaikan waktu dan event-event tertentu.

Trending Lainnya:

[Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits

[Full Review] Kota Lama Semarang: Tempat Wisata Yang Selalu Hits

Museum ini mempunyai halaman cukup luas, jadi tidak perlu kesulitan untuk memarkir kendaraan kita. Saat masuk ke dalam Museum, akan terbagi menjadi 2 arah gedung kanan dan kiri. Kita bisa memulai menjelajahi dari mana saja, tidak ada aturan jalan searah, jadi tenang aja gak bakal di tilang hehe.

Baca Juga :  [Full Review] Tugu Muda Semarang Dan Tragedi Memilukan Di Baliknya
fosil hewan langka dan patung gajah di Museum Ronggowarsito semarang
fosil hewan langka dan patung gajah di Museum Ronggowarsito semarang. (foto: Yopiknik.com)

Koleksi yang ada di dalam museum sudah di tata sedemikian rupa berdasarkan kategori masing-masing. Ada sebuah patuh gajah purba ukuran raksasa yang bisa Kamu temukan saat menjelajah di dalamnya. Bisa untuk spot selfie yang bagus nih. Museum Ranggawarsita ini terdiri dari dua lantai dan tidak ada elevator maupun lift yang bisa membantu kita naik ke lantai dua. Yah, hitung-hitung olahraga.

Kondisi museum ronggowarsito ini tidak ramai, kecuali pas ada kunjungan dari sekolahan yang biasanya rombongan pake bis. Untuk melihat koleksi secara komplit, Kamu langsung saja ya datang ke museum ini, lebih seru kalau rame-rame bareng temen.

ohya, kalau Kamu tertarik mempelajari sejarah dan budaya dan budaya yang ada di kabupaten jawa tengah, Kamu bisa juga mengunjungi salah satu wisata “taman mini”nya jawa tengah, yaitu puri maerakaca.

fosil hewan langka di Museum Ronggowarsito
fosil hewan langka di Museum Ronggowarsito. (foto: semarang.kotamini.com)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Museum Ronggowarsito Semarang

Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Museum Ronggowarsito Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Museum Ronggowarsito Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Museum Ronggowarsito Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Museum Ronggowarsito Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Kampung Pelangi Semarang, Kreatifitas Yang Disorot Dunia

Museum Ronggowarsito Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Apabila kita mempunyai rencana wisata ke Semarang, maka musem ini bisa masuk ke dalam daftar Obyek Wisata Semarang yang bisa kita kunjungi. Apalagi bila tour wisata untuk anak-anak sekolah, maka ke museum bisa menjadi wisata sekaligus mengenalkan budaya-budaya sejarah pada jaman dahulu. Tidak perlu khawatir mengenai parkir bus yang meminta lahan cukup besar, karena halaman museum cukup mampu menampung beberapa bus sekaligus.

koleksi keris Museum Ronggowarsito semarang
koleksi keris Museum Ronggowarsito semarang

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai obyek wisata semarang, yaitu Museum Ronggowarsito atau Ranggawarsita Semarang. Semoga bisa memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Leave a Reply