pantai baron gunung kidul jogja

[Full Review] Pantai Baron Gunung Kidul: Kondisi, Kisah Unik Dan Fasilitas Terbaru

Goodpiknik.com – Membicarakan pantai-pantai yang ada di Yogyakarta memang tidak akan pernah kehabisan bahan. Apalagi di kabupaten Gunung Kidul sebagai salah satu lokasi yang banyak sekali objek wisata alamnya, terutama pantai. Kali ini, kita akan membahas slah satu pantai yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sekitar, yaitu Pantai Baron.

Lokasi Pantai Baron ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Baron memang cukup populer sama seperti Pantai Indrayanti dan sudah menjadi salah satu tujuan destinasi wisata pantai yang lumayan ramai di Yogyakarta. Pantai ini memang mempunyai keunikan tersendiri yang dapat menarik minat para pengunjung. Apa saja keunikannya? Yuk, langsung meluncur, on the way..

panorama pantai baron gunung kidul jogja
panorama pantai baron gunung kidul jogja. (foto: sewamobiljogja.info)

Inilah Sejarah Pantai Baron Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Yogyakarta

Pantai Baron mempunyai kisah unik yang menjadi sejarah dari asal muasal nama pantai ini. Kisah ini juga masih dipercaya sampai sekarang oleh penduduk setempat. Coba perhatikan saat mendengar nama Baron, nama ini memang sedikit berbeda ya dengan nama-nama pantai di gunung kidul lainnya. Kata Baron tidak terdengar jawa-nya, beda dengan nama-nama Pantai lainnya seperti indrayanti, ngobaran, wediombo dll.

Dari hasil penelusuran yang telah dilakukan, nama baron ini sebetulnya sebutan untuk gelar bangsawan yang paling rendah dari kerajaan-kerajaan eropa pada jaman dulu. Kisah unik sebutan gelar bangsawan ini sampai ke daerah pinggiran Gunung Kidul ternyata berhubungan dengan salah satu tokoh ketoprak yang bernama Baron Sekeber. Uniknya, Baron Sekeber ini adalah tokoh yang berasal dari luar negeri, ada yang menyebut dari belanda, ada yang menyebut dari spanyol dan portugis.

Tidak seperti “bule” pada umumnya, Baron Sekeber ini dipercaya mempunyai ilmu kesaktian yang mumpuni dan mampu melawan panembahan senopati yang mendirikan kesultanan Mataram. Pantai ini pun kemudian dihubungkan dengan salah satu tokoh sakti tersebut karena pada tahun 1930an pantai ini banyak di huni oleh tentara belanda untuk menyimpan senjata dan persembunyian. Karena wilayah yang identik dengan orang belanda inilah, sepertinya penduduk sekitarnya menamai pantai ini dengan Pantai Baron, karena nama Baron sudah cukup dikenal sebelumnya.

pasir coklat di pantai baron gunung kidul jogja
pasir coklat di pantai baron gunung kidul jogja. (foto: sewamobiljogja.info)

Gambaran Kondisi Pantai Baron Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Pantai Baron mempunyai garis pantai yang tidak terlalu panjang dengan kontur cenderung membentuk pola huruf “U”. Tidak seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung Kidul lainnya yang mempunyai pasir putih kekuningan, pantai ini mempunyai pasir yang berwarna kecoklatan. Terdapat bukit hijau di kedua sisi pantai yang mengapit pantai ini sehingga pantainya tampak agak menjorok ke dalam.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Kalau dinilai dari panorama pemandangan alamnya, Pantai Baron ini masih kalah dengan Pantai Indrayanti. Namun Pantai ini mempunyai beberapa hal unik yang membuat perbedaan dengan pantai lainnya. Hal unik tersebut antara lain:

  1. Pantai Baron ini adalah objek wisata yang sekaligus Tempat Pelalangan Ikan (TPI)

Keberadaan TPI di Pantai Baron ini karena memang penduduk setempat banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Hasil laut para nelayan ini pun akan langsung dijual di tempat ini. Alhasil, banyak ikan segar yang bisa Kamu temukan di TPI ini. Pantai Baron salah satunya memang dikenal dengan hasil lautnya, sehingga rugi kalau berkunjung ke pantai ini tanpa ikut merasakan hasil laut para nelayan yang masih fresh ini.

Dengan banyaknya penduduk yang berprofesi sebagai nelayan ini membuat Kamu akan banyak menemukan banyak perahu di pantai ini. Perahu-perahu nelayan ini banyak “diparkir” berjejer pada siang hari untuk menunggu kembali berlabuh pada malam hari. Pada tanggal 1 (satu) Suro sesuai penanggalan Jawa, para nelayan di sini mengadakan acara labuhan. Acara labuhan ini adalah acara adat setempat dengan menghanyutkan berbagai macam makanan (sesaji) ke laut sebagai ucapan syukur dan do’a atas rejeki dari Tuhan YME. Acara labuhan atau sedekah laut ini dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat dan biasanya ramai di hadiri para masyarakat sekitar maupun wisatawan yang tertarik dengan prosesi adat labuhan ini.

Trending Lainnya :

[Full Review] Kemolekan Pantai Krakal Yang Semakin Dilirik Wisatawan

[Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta

  1. Mercusuar di atas bukit

Saat berada di Pantai Baron ini, cobalah menengok ke bukit sisi sebelah timur pantai, Kamu akan melihat sebuah menara mercusuar berwarna putih berdiri di atasnya. Ya, bangunan mercusuar ini baru dibangun dan di resmikan pada tahun 2014. Mercusuar ini dibangun untuk menggantikan mercusuar yang lama yang sudah rusak di makan waktu.

mercusuar di pantai baron gunung kidul jogja
mercusuar di pantai baron gunung kidul jogja. (foto: eksotisjogja.com)

Keberadaan mercusuar ini tidak mengherankan mengingat banyak penduduk setempat yang berprofesi sebagi nelayan. Fungsi dari mercusuar ini adalah sebagai petunjuk arah bagi para nelayan yang berada di laut. Selain itu, mercusuar ini juga sekalian di manfaatkan oleh pihak pengelola pantai untuk menambah spot menarik di Pantai Baron ini.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Para pengunjung diperbolehkan untuk datang dan menaiki bangunan mercusuar ini dengan membayar biaya retribusi sebesar IDR 5.000 per orang. Hanya saja, membutuhkan tenaga extra untuk menuju lokasi ini karena letaknya yang berada di atas bukit.  Dari ketinggian mercusuar sekitar 40 meter ini, pemandangan tambak sungguh luar biasa. Rasa capek dan lelah saat menuju lokasi ini akan hilang tergantikan dengan panorama alam yang tersaji. Hamparan laut lepas dan bukit hijau daerah gunung Kidul terbentang akan memanjakan mata kita. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan moment yang berharga disini dengan kamera Kamu ya.

pemandangan dari mercusuar pantai baron gunung kidul jogja
pemandangan dari mercusuar pantai baron gunung kidul jogja. (foto: twitter @jogja24jam)
  1. Sungai Asin dan Tawar

Di sebelah barat tempat wisata di jogja ini, Kamu akan dapat menemukan aliran sungai yang langsung bermuara ke laut yang berjenis Air Tawar dan Air Asin. Berdasarkan info dari penduduk setempat, setiap 5 tahun sekali, arah aliran sungai ini mengalami perubahan. Arah aliran yang sebelumnya langsung mengarah ke laut berubah mengarah ke arah timur dulu membelah pasir, baru kemudian bermuara ke laut.

  1. Baron Techno Park

Berada di sisi barat pantai, terdapat sebuah lokasi unik yang bisa Kamu kunjungi, yaitu Baron Techno Park. Lokasi ini merupakan tempat pembangkit listrik dari tenaga alam. Namun, lokasi spot ini agak bergeser terpisah dari pantai baron. Kamu bisa melalui jalur pertigaan menanjak sebelum pos tiket masuk pantai ini. Untuk lebih tepatnya, Kamu bisa bertanya kepada petugas penjaga tiket supaya tidak salah jalan.

jam matahari view atas pantai baron gunung kidul jogja
jam matahari view atas pantai baron gunung kidul jogja. (foto: jogjacar.com)

Di lokasi ini, Kamu akan menemukan sebuah panel surya dan juga bangunan yang dipakai sebagai penunjuk waktu yang disebut Jam Matahari. Pemandangan dari tempat ini cukup menarik dan cocok juga untuk dijadikan salah satu spot foto selfie maupun wefie yang seru.

jam matahari pantai baron gunung kidul jogja
jam matahari pantai baron gunung kidul jogja. (foto: Yopiknik.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Baron Gunung Kidul

Saat berkunjung ke Pantai Baron ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

kuliner sea food di pantai baron gunung kidul jogja
kuliner sea food di pantai baron gunung kidul jogja. (foto: sewamobiljogja.info)
  1. Warung Makan berbagai macam menu seafood
  2. Mercusuar
  3. Baron Techno Park
  4. Kamar mandi dan toilet
  5. Mushola
  6. Tempat parkir
  7. Camp Ground bagi yang ingin bermalam dengan tenda
  8. Toko oleh-oleh
  9. Penginapan di sekitar Pantai Baron
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul

Sedangkan untuk Tiket Masuk ke Pantai Baron ini dikenakan tarif sebesar IDR 10.000/ orang

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Baron di Gunung Kidul


Jarak tempuh menuju Pantai Baron ini sekitar 23 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 45 menit. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 1,5 jam s/d 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Baron. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Baron ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Baron dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Baron
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Baron
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Pantai Baron Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Baron dengan segala daya tariknya mampu menyedot para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Terutama bagi para pecinta Seafood, Pantai Baron Gunung Kidul ini menjadi lokasi wajib untuk dicoba. Datanglah bersama teman-teman atau keluarga Kamu untuk berpiknik melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

kios oleh-oleh pantai baron gunung kidul jogja
kios oleh-oleh pantai baron gunung kidul jogja. (foto: sewamobiljogja.info)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Baron Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarta. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.