panorama pantai greweng gunung kidul jogja
panorama pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: Youtube @Bondan Heru)

[Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

Diposting pada

Goodpiknik.com – Apabila Kamu mencari lokasi berlibur atau berpiknik ke lokasi yang anti-mainstream, maka ke daerah Gunung Kidul adalah tempatnya. Banyak tempat-tempat di daerah ini yang masih jarang diekspos para backpacker dan wisatawan. Karena memang luasnya bentang alam di salah satu kabupaten di yogyakarta ini seperti tak ada habisnya kalau di telusuri setiap sudutnya.

Nah, salah satu kekayaan spot wisata dan penjelajahan di Gunung Kidul adalah pantainya. Terdapat puluhan pantai baik yang sudah dikembangkan menjadi objek wisata andalan yogyakarta, maupun yang masih “perawan” dan begitu terjamah para wisatawan, salah satunya adalah Pantai Greweng.

Lokasi Pantai greweng ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Letak Pantai Greweng berada tidak terlalu jauh dari Pantai Wediombo, Kamu bisa melakukan piknik “satu paket” dari Pantai Wediombo lanjut ke Pantai Greweng ini. Ada apa saja sih di Pantai Greweng ini kok di judulnya ada misteri-misterinya segala hehe.. yuk, langsung simak ulasan berikut ya.

pantai greweng gunung kidul jogja
pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Gambaran Kondisi Pantai Greweng Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Untuk menuju ke lokasi Pantai Greweng ini butuh sedikit perjuangan dan tenaga. Akses menuju pantai ini adalah melalui jalan setapak dan berbatu. Karena lokasinya yang sedikit terpencil dari perumahan penduduk setempat, pantai ini jadi lumayan sepi pengunjung.

Jalan pertama yang harus Kamu lalui adalah area persawahan. Beberapa ternak dan penduduk masih bisa ditemui untuk bertegur sapa (yang disapa penduduknya ya bukan ternaknya). Jangan lupa untuk menyapa dan selalu menanyakan arah yang benar untuk berjaga-jaga agar tidak tersesat. Beberapa jalan bercabang harus Kamu lewati di daerah ini.

sensasi perjalanan ke pantai greweng gunung kidul jogja
sensasi perjalanan ke pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: unycommunity.com)

Setelah itu, Kamu akan memasuki area hutan dengan banyak bebatuan di sekelilingnya. Ada yang menyebut area hutan ini adalah hutan batu karena memang jalan yang Kamu lewati ini banyak batunya. Keluar dari hutan batu ini, pemandangan laut yang biru sudah tampak dari kejauhan. Kamu masih harus menuruni bukit dahulu sebelum sampai ke Pantai Greweng.

pemandangan selama perjalanan ke pantai greweng gunung kidul jogja
pemandangan selama perjalanan ke pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Begitu sampai di bawah bukit, Kamu akan menemukan sebuah Goa yang masih alami. Goa ini sepertinya memang jarang sekali dijamah manusia. Jalur masuk ke dalam goa sedikit sempit dan banyak batu-batu tajam, jadi hati-hati saat berada di sekitarnya. Ada kisah mistis yang dipercaya masyarakat setempat berhubungan dengan goa ini. Tapi, akan kita bahas nanti setelah ini ya. Ohya, ada tali pembatas yang dipasang oleh penduduk setempat sebagai batas hati-hati di lingkungan Goa ini.

Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Krakal Yang Semakin Dilirik Wisatawan

Lalu kamu akan menemukan 2 (dua) sumber mata air yang terdapat di sekitar area ini. Sumber air yang berada di sebelah utara lebih bersih dari sumber air di sebelah selatan karena yang sebelah selatan kadang dipakai aktifitas oleh penduduk setempat seperti mandi dan mencuci.

Setelah melewati sedikit area hutan yang sejuk, Kamu sampai ke Pantai Greweng ini. Kondisi Pantai greweng ini benar-benar masih alami. Garis pantainya sih memang tidak sepanjang Pantai Wediombo, tapi suasana pantainya lebih damai di sini loh. Kedamaiannya ini ya karena masih sedikit orang maupun nelayan yang berkunjung ke lokasi ini, jadi serasa privat beach aja hehe..

kondisi pasir pantai greweng gunung kidul jogja
kondisi pasir pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: brobali.com)

Pasir di pantai greweng ini masih bersih dan berwarna putih. Debur ombak yang sampai ke bibir pantai pun juga tidak terlalu kencang. Bisa jadi karena adanya 2 (dua) bukit karang yang mengapit pantai ini di sisi kiri dan kanan pantai. Berada di pantai greweng ini pasti membuat Kamu untuk segera bermain-main dengan pasir dan air lautnya yang biru. Kalau Kamu datang bersama teman-teman, maka bermain bola bisa menjadi aktifitas yang seru dan mengasyikkan di pantai ini.

Misteri Di Pantai Greweng Gunung Kidul

Pantai pesisir selatan jawa ini memang selalu saja dibumbui dengan cerita-cerita mistis yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitarnya. Nah, dari cerita salah satu penduduk setempat, Pantai greweng ini dulunya adalah lokasi dimana presiden Indonesia pertama, yaitu Ir.Soekarno, melakukan semedi alias bertapa selama 7 hari dan 7 malam loh.

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

[Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul

Lokasi yang diyakini untuk bertapa bung karno ini berada di dalam Goa yang setelah bukit bebatuan tadi. Bertapa di pantai selatan ini juga masih ada kaitannya dengan cerita ratu pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Entah ada hubungan apa antara presiden pertama RI tersebut dengan kisah Nyi Roro kidul yang dipercaya sebagai penguasa laut selatan ini. Hal itu juga sebuah menjadi misteri tersendiri. Hmmm…

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”
akses menuju pantai greweng gunung kidul jogja
akses menuju pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: bumijogja.blogspot.co.id)

Selain cerita tersebut, ada juga kepercayaan masyarakat bahwa terdapat sebuah pasar alam lain yang berada di hutan sekitar goa tersebut. Setiap orang yang lewat hutan tersebut jangan pernah mengambil apapun, baik itu benda maupun hewan untuk di bawa karena bisa jadi “ada yang punya”. Diluar benar atau tidaknya cerita tersebut, sebaiknya kita menghindari saja apa yang menjadi larangan di wilayah ini. Lebih baik kita menahan diri dan lebih menghormati alam supaya perjalanan kita juga tenang tanpa gangguan apapun. Jangan lupa untuk berdoa selama diperjalanan supaya diberikan keselamatan kembali sampai rumah.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Greweng

Saat berkunjung ke Pantai Greweng ini, fasilitas yang ada minim sekali. Hanya ada lokasi parkir yang dibuka juga belum lama. Kamu harus membawa perbekalan yang cukup untuk perjalanan dan untuk nanti selama berada di pantai greweng ini.

bermain bola di pantai greweng gunung kidul jogja
bermain bola di pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: xplorewisata.com)

Beberapa kegiatan yang bisa Kamu lakukan di wisata alam jogja antara lain:

  1. Bermain pasir
  2. Bermain air/ berenang
  3. Camping, lokasi ini salah satu tempat terbaik untuk camping karena masih alami
  4. Bermain bola
  5. Memancing
  6. Berburu spot foto alam

Sedangkan untuk Tiket Masuk ke Pantai Greweng ini Gratis karena memang lokasi ini masih belum dikembangkan untuk menjadi objek wisata yang lebih baik.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Greweng Gunung Kidul


Jarak tempuh menuju Pantai Greweng ini sekitar 36 Kilometer dari Wonosari Kota atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Greweng. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Greweng ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Greweng dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Greweng
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Greweng
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sepanjang: Pantai Alami Nan Mempesona Di Gunung Kidul
Pantai Greweng Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Greweng dengan keindahan alamnya yang benar-benar alami memang sangat menarik untuk kita jelajahi. Walaupun ada kisah-kisah misteri yang beredar dari mulut ke mulut, bukanlah sebuah alasan untuk mengurungkan niat kita mengunjungi tempat yang begitu eksotis ini. Asalkan kita tidak mempunyai niat jelek dan tidak bertingkah aneh-aneh serta berdoa, Insya Allah kita selalu dalam lindunganNYA saat di lokasi manapun.

camping di pantai greweng gunung kidul jogja
camping di pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: Eksotisjogja.com)

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Greweng Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarta. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *