[Full Review] Eksotisme Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Diposting pada

Goodpiknik.com – Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Jogja yang selalu ramai pengunjung. Pantai Indrayanti ini memiliki keindahan panorama alam yang menawan, tidak kalah dengan pantai lain yang lebih dulu popular seperti pantai parangtritis.

Dari tahun ke tahun pantai Indrayanti semakin di kenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu wisata unggulan di daerah tenggara Yogyakarta ini alias Gunung Kidul. Bahkan nama pantai ini sudah popular di kalangan turis mancanegara loh. Sekali lagi, yogyakarta membuktikan diri sebagai kota wisata yang memang patut Kamu kunjungi. *KasihJempol

Lokasi Pantai Indrayanti ini berada di dusun Ngasem, desa Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak jauh dari objek wisata ini terdapat juga objek wisata lain, yaitu Pantai Baron dan Pantai Krakal serta Pantai Sundak. Yuk, langsung saja reviewnya..

Panorama Pantai Indrayanti Jogja
Panorama Pantai Indrayanti Jogja. (foto: piknikdong.com)

Sejarah Nama Pantai Indrayanti Yogyakarta

Pantai Indrayanti yang sudah terkenal sekarang ini sebenarnya bukanlah nama yang ditetapkan pemerintah daerah, akan tetapi nama tersebut berasal dari julukan para pengunjung yang suka datang ke lokasi ini. Nama Indrayanti adalah sebuah nama dari rumah makan yang ada di lokasi pantai ini. Pemilik rumah makan ini adalah pasangan suami istri yang bernama: Indra dan Yanti. Nama rumah makan indrayanti tersebut terpampang di sebuah papan nama yang berada di depan rumah makan, sehingga membuat para pengunjung lebih terbiasa untuk menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti. Pantainya pak Indra dan bu Yanti? hehe

Jadi, nama pantai ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan mitos apapun. Tidak ada kisah dewa-dewi atau yang ada hubunganya dengan mitos ratu pantai selatan ya. Apalagi mitos dewi Indrayanti (emang ada?) haha. Jadi, hanya murni dari kebiasaan pengunjung yang sudah terlanjur familiar saja yaa.

Sebenarnya nama dari pantai yang eksotik ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan nama Pantai Pulang Syawal. Hmm, aneh banget ya namanya hehe. Namun, nama ini menjadi kurang dikenal masyarakat karena sudah menjadi kebiasaan para pengunjung yang menyebut dengan nama pantai indrayanti. Akhirnya, sampai sekarang Pantai Pulang Syawal ini tetap dinamakan Pantai Indrayanti.

Pantai ini pernah mengalami polemik antara pihak pengelola dengan pemerintah daerah yogyakarta di awal pembukaannya. Alasan dari pihak pemerintah kabupaten Bantul adalah karena tidak ada izin operasional atau pembukaan dari pengelola yang menjadikan pantai ini sebagai salah satu objek wisata di jogja. Selain itu, penamaan pantai yang menggunakan nama lain selain dari nama yang sudah ditetapkan pemerintah menjadi soal tersendiri. Ckckck.

Permasalahan yang membelit Pantai ini membuat pemerintah kabupaten bantul berencana menutup keberadaan objek wisata ini. Kabar penutupan lokasi ini sempat ramai dan menjadi viral sekitar tahun 2011. Namun, sampai saat ini pantai indrayanti masih tetap beroperasi tanpa masalah. Yah, apapun masalahnya, semoga cepat terselesaikan ya, biar kita semua tetap dapat menikmati keindahan salah satu pantai di laut selatan jawa ini. Aamiin..

Papan Nama Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja
Papan Nama Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja. (foto: Mytrip123.com)

Gambaran Kondisi Pantai Indrayanti Sebagai Tempat Wisata di Jogja

Kondisi Pantai indrayanti ini hampir selalu ramai pengunjung. Apalagi pada saat libur nasional seperti tahun baru, jalan menuju lokasi tempat wisata di jogja ini menjadi penuh sesak. Kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan alam yang cukup memanjakan mata selama perjalan menuju ke lokasi pantai ini. Panorama sawah dan perbukitan yang masih hijau menjadi taman selama perjalanan Kamu. Kondisi jalan juga sudah teraspal dengan baik walaupun tidak terlalu lebar. Rute menuju pantai indrayanti gunung kidul ini akan sedikit berkelok-kelok dan naik-turun, jadi hati-hati ya saat berkendara menuju ke sini.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar Tempat Wisata Di Jogja Paling Seru 2018

Pantai Indrayanti ini terbilang cukup bersih, dan jarang sekali terlihat sampah yang mengganggu pemandangan pengunjung. Hal ini juga karena peran aktif dari pihak pengelola yang berkomitmen dalam menjaga kebersihan pantai. Indahnya panorama laut semakin terasa karena air laut yang tampak bersih dan jauh dari kesan kotor.

Jangan ragu untuk ikut seru-seruan dan berbasah-basah ria di pantai ini, hanya saja hati-hati apabila Kamu melihat sesuatu seperti balon yang mengapung di laut. Jangan disentuh ya, karena itu adalah binatang ubur-ubur yang bisa menyengat Kamu. Ubur-ubur ini hanya kadang-kadang saja terlihat, namun alangkah baiknya apabila kita tetap waspada kan. Betul, betul, betul?

Selain itu, deburan ombak di pantai indrayanti ini cukup besar karena memang ciri khas pantai laut selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sekali lagi, berhati-hatilah selalu terutama bagi Kamu yang membawa serta anak kecil. Jangan alihkan perhatian dari aktifitas buah hati Kamu ya saat sedang bermain-main dipinggir pantai ini.

Pasir putih yang ada di pantai ini membentang sepanjang kurang lebih 250 meter. Dipadu dengan panorama keindahan alam yang mempesona, tidak heran lokasi ini telah menjadi objek wisata favorit di gunung Kidul, Jogja. Terdapat tebing karang di sisi kiri pantai yang menjadi batas garis pantai. Bahkan, kondisi pantai yang bersih dengan pantai berwarna putih sekilas membuat pantai indrayanti mirip dengan pantai-pantai yang ada di pulau Bali. Waaaw..

Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap loh. Terdapat warung makan berjejer bila sewaktu-waktu pengunjung ingin menikmati berbagai hidangan masakan laut. Menu masakan yang ditawarkan juga tidak melulu seafood, akan tetapi Anda juga bisa menemukan menu lain seperti Bakso, Nasi Goreng atau makanan sejuta anak kos: Mie Rebus!

Suasana eksotik pantai ini akan tampak semakin mempesona saat malam hari. Suara deburan ombak dengan hembusan angin pantai ditambah penerangan lampu kelap-kelip dari berbagai rumah makan yang ada di bibir pantai ini membuat suasana semakin romantis. Bagi Kamu yang mempunyai pasangan atau keluarga tercinta, lokasi ini bisa menjadi pilihan yang ideal untuk menghabiskan hari liburamu. Asyiikk..

Ramainya pengunjung Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja
Ramainya pengunjung Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja.

Hotel Atau Penginapan, Tiket Masuk Serta Fasilitas Lain Yang Ada Di Pantai Indrayanti Jogja

Selain fasilitas rumah makan, pihak pengelola pantai juga sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas lain untuk menunjang kegiatan wisata Kamu. Fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap dari yang gratis sampai berbayar, termasuk penginapan yang ingin bermalam di lokasi wisata pantai indrayanti ini.  Berikut ini sudah kami daftar fasilitas apa saja yang ada di pantai indrayanti ini.

  1. Hotel atau Penginapan

Masih disekitaran area pantai, disediakan fasilitas penginapan bagi pengunjung dengan konsep rumah panggung. Penginapan yang ada di area ini dipatok dengan harga sekitar IDR 350.00.Tentu saja, biaya penginapan ini bisa berubah sewaktu-waktu terutama saat hari-hari libur ramai pengunjung. Apabila Kamu memang berniat untuk menyewa penginapan di sini, lebih baik Kamu sudah melakukan booking dahulu sebelum hari H. Hal ini karena hampir semua kamar di penginapan di pantai indrayanti selalu dipenuhi tamu. Jadi, pastikan dulu Kamu mendapat kamar ya, jangan sampai rencana Kamu menjadi berantakan. Kan sedih…

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Wediombo Gunung Kidul, Wisata “All In One”
Penginapan Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja
Penginapan Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja. (foto: Mytrip123.com)
  1. Lapak Oleh-oleh Cendera Mata

Untuk melengkapi memori liburan Kamu, tersedia berbagai pilihan oleh-oleh atau cendera mata yang bisa didapatkan di sini. Beberapa oleh-oleh seperti makanan olahan laut dijual dengan harga cukup terjangkau. Jangan lupa untuk negosiasi harga dahulu ya, supaya bisa dapat harga yang cocok. Sedangkan cendera mata seperti topi pantai atau kacamata pantai juga banyak dijual di lokasi pantai indrayanti.

  1. Jet Ski

Bagi yang ingin menikmati suasana permainan laut, Kamu bisa menyewa Jet Ski kepada pengelola setempat. Kalau belum berubah, harga sewa Jet Ski ini cukup lumayan, yaitu sekitar IDR 250.000.

  1. Penyewaan Payung dan Tikar

Harga sewa payung plus tikar ini dipatok dengan harga IDR 20.000. Kamu bisa memakai fasilitas ini sepuasnya tanpa dibatasi waktu, asal tidak dibawa pulang hehehe. Lumayan juga kan..

  1. Gazebo

Ada pula gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola. Sungguh mengasyikan menikmati indahnya panorama pantai indrayanti sambil duduk-duduk di gazebo bersama keluarga atau teman-teman.

  1. Wahana Permainan Anak

Wahana permainan anak ini tidak dikenakan biaya sewa sama sekali. Hanya saja memang permainan yang disediakan cukup terbatas, semoga pihak pengelola bisa menambah koleksi permainan yang ada di wahana permainan anak ini supaya pengunjung bisa semakin betah. Aamiin..

  1. Toilet dan Mushola

Setiap pantai wisata di Indonesia kebanyakan sudah dilengkapi toilet dan mushola, begitu juga dengan pantai Indrayanti. Untuk pemakaian fasilitas mushola ini gratis, sedangkan untuk toilet dikenakan tarif seperti biasanya.

Sedangkan tiket masuk ke pantai iindrayanti gunung Kidul, Yogyakarta ini dikenakan tarif hanya IDR 10.000 saja.

Batu Karang Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja
Batu Karang Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja. (foto: tempatwisataindonesia.id)
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Indrayanti

Bagi Kamu yang ingin piknik ke lokasi wisata Pantai Indrayanti ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smarphone kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Indrayanti dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Indrayanti
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Indrayanti
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.

Cara Asyik Menikmati Pantai Wisata Indrayanti Yogyakarta

Dengan keindahan panorama alam dan berbagai fasilitas yang ada, banyak aktifitas yang bisa Kamu lakukan untuk menikmati pantai wisata indrayanti ini. Berikut ini, beberapa hal seru yang bisa dilakukan saat berwisata ke lokasi ini:

  1. Bermain Pasir
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

Kondisi pasir pantai yang bersih membuat bermain pasir menjadi salah satu hal yang seru dan mengasyikkan apalagi bagi Kamu yang membawa anak kecil saat ke lokasi ini. Kamu bisa membuat istana pasir bersama buah hati Kamu atau teman-teman Kamu. Atau yang lebih seru lagi, Kamu bisa mengubur sebagian badan Kamu dengan hanya menyisakan bagian kepala saja yang kelihatan. Seru ya..

  1. Berburu Ikan

Terdapatnya batu karang di sisi kiri dan kanan garis pantai membuat aliran ombak sedikit bersahabat. Kondisi air yang seperti ini adalah kondisi lingkungan yang sangat di sukai ikan. Kamu bisa berburu ikan disekitaran lokasi karang ini.

Pemandangan Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja dari sisi pantai
Pemandangan Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja dari sisi pantai. (foto: wisata-jogja.net)
  1. Spot Foto Dari tebing

Disisi garis pantai terdapat tebing yang lumayan tinggi dan curam. Bagi Kamu yang ingin mengabadikan keindahan pantai Indrayanti dari atas tebing ini, sudah dibentuk anak tangga yang bisa Kamu pakai untuk mendaki. Terdapat fasilitas untuk berteduh di atas lokasi tebing ini. Spot foto dari atas tebing sangat digemari bagi para pecinta fotografi karena view yang didapat lebih luas.

  1. Ber-Jet Ski Ria

Bagi yang suka permainan air, maka Kamu tidak boleh melewatkan permainan yang satu ini, yaitu Jet Ski. Kamu akan ditemani seorang driver yang akan membawa Jet Ski ini dengan manuver-manuver yang seru. Tidak jarang yang sampai jatuh ke air laut, tetapi jangan khawatir karena Kamu akan diberikan pelampung sebagai bagian dari permainan ini.

  1. Bersantap Di Rumah Makan

Menikmati hidangan menu laut dengan suasana pantai bisa menambah kesan tersendiri saat berlibur ke sini. Dengan berbagai menu yang ditawarkan, Kamu bisa memilih menu makanan yang sesuai dengan selera Kamu. Atau bagi yang ingin berhemat, Kamu bisa membawa bekal dari rumah untuk kemudian di santap bersama keluarga dan teman-teman dengan pemandangan alam yang mempesona.

  1. Menikmati Alam Ciptaan Tuhan

Kamu juga bisa menikmati pantai indrayanti ini dengan duduk santai atau sambil rebahan di bawah payung beralaskan tikar di bibir pantai. Menikmati eksotisnya panorama pantai dengan pemandangan laut yang luas akan membuat kita semakin kagum akan hasil ciptaan Tuhan YME. Jadi, berwisata tidak harus selalu identik dengan hura-hura kan ya. Dengan berwisata Alam pun bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME. *mukabijak

Selfie dulu di Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja
Selfie dulu di Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja. (foto: moeslema.com)

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai salah satu obyek wisata Pantai Yogyakarta, yaitu Pantai Indrayanti Gunung Kidul, Yogyakarta. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.  Selamat mencoba..

 

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *