GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

pantai krakal gunung kidul, yogyakarta

[Full Review] Kemolekan Pantai Krakal Yang Semakin Dilirik Wisatawan

Goodpiknik.com – Membicarakan wisata di Gunung Kidul memang tidak bisa lepas dari objek wisata pantainya. Selain beberapa objek wisata pantai yang sudah tersohor seperti pantai indrayanti, ada pula pantai yang tidak kalah keindahan panoramananya, yaitu Pantai krakal. Keberadaan pantai ini sebenarnya sudah cukup lama, hanya saja memang promosi yang dilakukan kurang begitu gencar. Inilah review tentang pantai krakal gunung kidul ini sebagai salah satu destinasi wisata di jogja. Cekidot..

Lokasi Pantai Krakal ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Saat Kamu berkunjung ke pantai krakal ini, Kamu bisa juga berkunjung juga ke pantai baron dan pantai kukup. Lokasi ke tiga pantai tersebut masih dalam satu jalur dan tidak terpisah jauh. Jadi, Kamu bisa sekalian melakukan paket wisata 3 pantai sekaligus, gak rugi kan? 😀

pantai krakal gunung kidul, yogyakarta
pantai krakal gunung kidul, yogyakarta. (foto: KSMTour.com)

Sejarah Pantai Krakal Gunung Kidul

Terbentuknya Pantai Krakal ini adalah akibar dari adanya proses alam di area perbukitan kars, Gunung Kidul, Yogyakarta. Proses alam yang terjadi ratusan atau bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu ini adalah tersingkapnya batu-batuan gamping di kawasan perbukitan ini akibat aktifitas tektonik.

Nama Pantai Krakal itu sendiri berasal dari istilah jawa, yaitu kerakal atau krakal yang berarti batu-batuan dengan ukuran yang kecil. Dari waktu ke waktu, istilah krakal ini kemudian menjadi familiar dan dijadikan nama untuk pantai ini. Sesuai dengan namanya, disekitaran area pantai ini memang banyak terdapat batu-batuan sebesar telur yang tersebar sepanjang area pantai ini.

Krakal atau batuan tersebut tidak hanya berada di permukaan atau di bibir pantai saja, akan tetapi juga berada di dalam air laut sekitar pantai ini. Adanya batu-batuan ini membuat pantai krakal mempunyai koleksi biota laut yang beraneka ragam. Ada berbagai jenis ikan laut menarik yang bisa Kamu temukan di sekitaran pantai ini. Kereeenn..

Batu-batuan krakal ini mempunyai permukaan yang berwarna putih, halus dan bentuk yang bagus, sehingga laku untuk dijual. Banyak permintaan untuk membeli batu krakal dari pantai ini, biasanya dipergunakan sebagai batu taman. Saat ini, batu-batu kerakal yang ada di pantai ini sudah mulai habis akibat banyak yang dijual. Yang saat ini tersisa hanyalah pasir pantainya yang putih bersih. *sedih..

Baca Juga :  Inilah 5 Tempat Belanja Kerajinan Tangan di Jogja yang Unik

Selain batu-batuan alam yang indah tersebut, pantai ini juga memiliki ombak yang bisa dipakai untuk surfing atau berselancar. Hanya saja, melihat kondisi ombak dan bebatuan yang ada, biasanya hanya para wisatawan yang sudah terbiasa berselancar yang berani mencoba. Berani?

Kondisi saat pantai krakal sedang surut
Kondisi saat pantai krakal sedang surut. (foto: jogja.tribunnews.com)

Gambaran Kondisi Pantai Krakal Sebagai Obyek Wisata Yogyakarta

Dari tahun ke tahun, Pantai Krakal ini semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Keberadaannya semakin dikenal oleh masyarakat terutama para traveller karena pesona keindahan alamnya yang cukup menarik.

Pantai Krakal ini mempunyai garis pantai yang landai dengan pasir berwarna putih bersih. Salah satu kondisi alam yang unik di pantai ini adalah adanya deretan batu karang yang sedikit muncul ke permukaan air dan membuat seolah-olah terdapat jalan atau jembatan di lautan. Ohya, permukaan batuan yang ada cukup tajam loh, jadi hati-hati ya saat Kamu melangkah atau bermain-main di area bebatuan. Atau lebih baik Kamu menggunakan alas kaki agar tetap aman dan tidak terluka.

Kekayaan biota laut yang ada di pantai krakal sering kali dimanfaatkan oleh para penduduk setempat untuk dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Saat Kamu berada di lokasi pantai krakal ini, Kamu mungkin akan melihat beberapa perahu nelayan yang melintas untuk mencari ikan. Salah satu ikan yang dicari oleh nelayan sekitar adalah ikan umbal. Ikan umbal ini adalah ikan berukuran kecil yang hidup di sekitaran batu karang. Ikan umbal ini biasa dijadikan campuran makanan ringan berupa rempeyek yang bisa Kamu dapatkan di rumah makan sekitar pantai ini. Sedaap.

Selain ikan umbal, terdapat berbagai jenis ikan berwarna-warni yang menjadikan batu karang disekitaran pantai sebagai rumah-rumah mereka. Berbagai macam ikan tersebut seperti Ikan Damselfish, Ikan Butterflyfish, Ikan Bestum, Ikan Pogat, Ikan Tiger dll. Ikan damselfish mempunyai warna yang menarik, yaitu kuning dengan perpaduan biru di bagian punggungnya. Sedangkan ikan batterflyfish mempunyai garis-garis biru tua dan muda di badannya. Mirip ikan hias yang dijual abang-abang tukang ikan itu loh. Ikan berwarna-warni ini sungguh indah dilihat dan membuat daya tarik tersendiri di pantai krakal ini.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Bagi yang ingin mencoba berselancar, tempat wisata di jogja ini mempunyai ombak dengan tipe reef break. Wah, apaan tuh? Kalau dari arti katanya, Reef itu sendiri berarti batu karang. Sehingga reef break adalah tipe ombak menantang yang banyak terdapat batu karangnya. Para peselancar ini harus berhati-hati saat berselancar agar tidak terkena bebatuan di dasar laut. Biasanya, bulan Maret sampai dengan bulan September menjadi waktu yang terbaik untuk berselancar atau surfing. Mengingat bulan tersebut adalah musim kering sehingga ombak di pantai selatan tidak sebesar dan berbahaya seperti saat musim penghujan.

Panorama pantai krakal gunung kidul, yogyakarta
Panorama pantai krakal gunung kidul, yogyakarta. (foto: jogjakini.wordpress.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Krakal Jogja

Saat berkunjung ke lokasi pantai krakal ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Penginapan di pantai krakal, apabila Kamu tidak kebagian penginapan di lokasi ini, Kamu bisa mencari penginapan di sekitar pantai sadranan atau pantai indrayanti.
  2. Warung makan
  3. Toilet dan mushola
  4. Lokasi parkir

Sayangnya, bagi Kamu yang yang berniat surfing atau berselancar di pantai krakal ini, Kamu harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada penyewaan peralatan surfing dipantai ini. Olah raga surfing masih belum popular di kalangan penduduk setempat.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul


Jarak tempuh menuju pantai Krakal ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari, Gunung Kidul atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Pusat Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Krakal. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Krakal ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smarphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Krakal dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Krakal
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Krakal
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
Baca Juga :  [Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul
Pantai Krakal Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Tidak dapat dipungkiri dengan potensi wisata yang ada di pantai krakal gunung kidul ini akan semakin menarik minat para wisatawan. Keindahan pesona pantai dengan berbagai batu “krakal” ini bisa menjadi daya tarik dan ciri khas yang tidak ada dipantai sekitarnya. Apalagi didukung dengan kondisi ombak yang bisa dipakai untuk surfing atau berselancar, hal ini akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke pantai krakal kedepannya. Tinggal bagaimana pemerintah daerah dan pengelola setempat bekerjasama untuk semakin mengenalkan pantai krakal ini kepada masyarakat bahkan dunia. Doakan yang terbaik deh untuk kemajuan pantai krakal ini..

Spot foto di pantai krakal gunung kidul, yogyakarta
Spot foto di pantai krakal gunung kidul, yogyakarta. (foto: Eksotisjogja.com)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Krakal Gunung Kidul, Jogja. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Leave a Reply