[Full Review] Pantai Marina, Wisata Alam Di Suasana Kota Semarang

[Full Review] Pantai Marina, Wisata Alam Di Suasana Kota Semarang

Goodpiknik.com – Kota Semarang sebagai ibu kota dari provinsi Jawa Tengah, menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Biasanya nih, di kota besar hiburan yang ada kebanyakan adalah mall atau pusat perbelanjaan lainnya hehe. Nah, bagi Kamu yang inginmencari suasana lain, di Kota Semarang ini ada salah satu destinasi wisata pantainya loh, yaitu Pantai Marina.

Lokasi Pantai Marina terletak di Jl. Yos Sudarso, Komplek PRPP, Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah. Letak Pantai Marina ini bersebelahan dengan pantai lain yang ada di semarang, yaitu pantai Maron. Selain itu, Pantai ini juga dekat dengan bandara internasional Ahmad Yani. Jadi, bisa dibilang pantai marina ini masih di dalam kawasan dalam kota semarang. Lalu, bagaimana kondisi pantai marina ini? Lanjutkan simak artikel ini yaa.

Pantai Marina Semarang
Pantai Marina Semarang. (foto: Indonesiaexplorer.net)

Sejarah Pantai Marina Sebagai Salah Satu Obyek Wisata Semarang

Sebagai salah satu tempat wisata di semarang yang masih di lingkungan kota, Pantai Marina ini tidak pernah tutup dan selalu dibuka 24 jam untuk para pengunjung. Bedasarkan sejarah Pantai Marina, dulunya tempat ini adalah lokasi tumbuhnya hutan bakau dan tambak. Kemudian, oleh pemerintah daerah dilakukan yang namanya reklamasi untuk menambah lahan area di lokasi ini. Tapi reklamasinya tidak segede yang rame di DKI itu ya. Kontroversinya juga hehe..

Dari hasil reklamasi inilah kemudian didirikan sebuah komplek pertokoan dan perkantoran. Selain komplek pertokoan tersebut, dibangun pula komplek perumahan yang berada di pinggir pantai. Komplek perumahan ini juga masih ada sampai sekarang.

Sedangkan disebelah utara lahan reklamasi, dijadikan sebuah lokasi wisata alam semarang yang saat ini kita kenal dengan nama Pantai Marina. Jadi, bisa dikatakan bahwa pantai marina adalah pantai yang dibuat dengan sengaja sehingga, hmm.. tidak benar-benar alami kayak kebanyakan pantai selatan Jawa ya.

Baca Juga :  [Full Review] Tay Kak Sie Klenteng Di Semarang, Lebih Eksotis Dari Sam Poo Kong?
batu Pemecah Ombak Di Pantai Marina Semarang
batu Pemecah Ombak Di Pantai Marina Semarang. (foto: phinemo.com)

Gambaran Kondisi Pantai Marina Sebagai Obyek Wisata Alam Semarang

Kondisi Pantai Marina Semarang ini tidaklah telalu ramai tapi juga tidak terlalu sepi pengunjung. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Marina Semarang ini misalnya memancing, berselfie, jogging, atau mencoba beberapa wahana yang telah tersedia di lokasi wisata pantai.

Beberapa wahana yang ada di Pantai Marina adalah kolam renang, ski air dan speed boat. Sedangkan untuk anak-anak juga tersedia berbagai macam permainan seperti bowling maupun gokart dengan lintasan yang telah disediakan.

Pada sore hari, banyak pengunjung Pantai Marina yang menfaatkan suasana pantai yang sejuk untuk melakukan jogging. Dengan adanya pemandangan sunset pada sore hari, Pantai Marina menjadi salah spot terbaik untuk berburu fotografi. Jadi, jalan-jalan ke sini enaknya sore hari sambil bawa kamera Kamu ya..

Banyak juga pengunjung yang memanfaatkan pantai di semarang ini untuk dijadikan spot mancing. Jangan heran, setiap hari pasti ada aja para pemancing mania yang nongkrong I pinggiran pantai ini. Terdapat juga beberapa kapal yang bisa kita sewa untuk berkeliling menikmati suasana Pantai Marina. Apabila Kamu bersama rombongan, maka wisata keliling kapal ini bisa menjadi salah satu pilihan yang mengasyikkan.

Trending Lainnya:

[Full Review] Simpang Lima Semarang: Sejarah + Keseruannya Hari Ini

[Full Review] Lawang Sewu Semarang, Sejarah & Cerita Mistisnya

Ohya, selain pantai marina ini, ada juga pantai di semarang yang di manfaatkan untuk perlindungan dari abrasi air laut dengan menanam tumbuhan bakau. Pantai tersebut juga menjadi salah satu obyek wisata di semarang yang cukup asyik loh, namanya Mangrove Edu Park.

Suasana Pantai Marina Semarang
Suasana Pantai Marina Semarang. (foto: Indonesiaexplorer.net)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Marina Semarang

Daan, bagi Kamu dari luar kota yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Marina Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Marina Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Marina Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Marina Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits

Pantai Marina Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pada hari libur, Pantai Marina Semarang menjelma menjadi salah satu wisata di semarang yang ramai. Banyak pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota yang singgah dan menikmati hari libur mereka di pantai ini. Harga tiket masuk ke Pantai Marina pun sangat terjangkau untuk semua kalangan, yaitu IDR 6.000/orang.

Karena Pantai Marina ini dulunya adalah hasil dari reklamasi, maka bisa dibilang air laut yang ada di pesisir pantai tampak kurang bersih dan berwarna kecoklatan. Batu-batuan besar di letakan di pinggir pantai untuk memecah ombak. Sehingga, kita tidak bisa untuk bermain air langsung di pinggir pantai.

Rumah makan di sekitar Pantai Marina Semarang
Rumah makan di sekitar Pantai Marina Semarang. (foto: initempatwisata.com)

Suasana pantai marina pada siang hari cukup panas ya, jadi jarang sekali ada pengunjung yang berjemur dan memilih berteduh di bawah rindahnya pepohonan yang ada di pantai marina. Memang sih, waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai marina ini adalah pada pagi atau sore hari. Kecuali pengen ngitemin kulit ya hehe..

Namun dengan kondisi seperti itu, Pantai Marina semarang tetap ramai dikunjungi pada hari-hari minggu dan libur nasional. Artinya, banyak wisatawan yang tetap tertaik untuk datang berkunjung dan menikmati suasana yang ada di pantai ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai obyek wisata semarang, yaitu Pantai Marina Semarang. Semoga bisa memandu kegiatan wisata Kamu di semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.