panorama di pantai ngandong gunung kidul jogja

[Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul

Goodpiknik.com – Daerah Istimewa Yogyakarta adalah gudangnya objek wisata yang seolah tidak ada habisnya. Yogyakarta menjadi salah satu kota yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keragaman objek wisatanya, baik wisata budaya maupun alamnya. Terdapat puluhan pantai di yogyakarta yang bisa Kamu kunjungi saat berlibur ke kota gudeg ini. Daerah yang mempunyai objek pantai paling banyak adalah Kabupaten Gunung Kidul.

Beberapa Pantai di Gunung Kidul saat ini sudah mempunyai nama besar karena keindahan panorama alamnya yang eksotis. Hampir semua pantai di Gunung Kidul akan dibahas di blog ini, baik yang sudah ramai pengunjung maupun yang belum banyak orang tahu. Nah, salah satu pantai yang akan kita bahas di artikel kali ini termasuk pantai yang masih begitu dikenal oleh masyarakat, yaitu Pantai Ngandong.

Lokasi Pantai Ngandong ini berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai masih dalam jejeran pantai-pantai lain di Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Lokasi Pantai Ngandong dari Pantai Sundak ini tidak terlalu jauh. Kamu bisa sekalian mampir ke Pantai Ngandong ini saat berkunjung ke Pantai Sundak.

kondisi pasir pantai ngandong gunung kidul jogja
kondisi pasir pantai ngandong gunung kidul jogja

Gambaran Kondisi Pantai Ngandong Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Pantai Ngandong sebenarnya mempunyai pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya di Yogyakarta yang lebih terkenal. Pasir yang ada di pantai ngandong ini mempunyai warna putih bersih dan bertekstur lembut. Di seberang pantai, terdapat bukit batu karang yang tidak terlalu besar dan tidak jauh dari tepi pantai. Batu karang ini ditumbuhi rumput yang berwarna hijau menambah indahnya pemandangan yang ada.

Bila Kamu beruntung, saat air laut tidak terlalu pasang, Kamu bisa berjalan kaki menyeberang ke bukit karang ini. Yang perlu menjadi perhatian adalah, hati-hati saat Kamu menuju ke batu karang ini karena kondisinya yang licin. Kalau ragu-ragu, sebaiknya urungkan niat Kamu demi keselamatan ya.

Baca Juga :  [Full Review] Keistimewaan Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
bermain air di pantai ngandong gunung kidul jogja
bermain air di pantai ngandong gunung kidul jogja

Pantai Ngandong masih relatif sepi dari wisatawan atau pengunjung pada hari biasa. Pada hari libur dan sabtu-minggu, lokasi ini akan bertambah ramai. Sebagian penduduk sekitar pantai ini mempunyai profesi sebagai nelayan, sehingga mudah menemukan perahu-perahu nelayan yang bersandar di pantai.

Ombak laut di sini tidak terlalu besar karena sebagian terpecah oleh bukit batu karang yang ada di depan Pantai. Asalkan tidak terlalu ke tengah, Kamu dapat berenang di bibir pantai dan bermain pasir sepuasnya. Tapi ingat, tetap dahulukan keselamatan Kamu ya karena dipantai ini tidak ada petugas khusus pengawas pantai layaknya film Baywatch hehe

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

[Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Nah, bagi yang hobi memancing, Kamu dapat menyewa salah satu perahu nelayan untuk mengantar Kamu menuju spot mancing yang agak ke tengah laut. Tidak ada tarif khusus untuk menyewa perahu nelayan di sini, jadi Kamu harus pinter-pinter negosiasi dengan pemilik perahu supaya mendapatkan harga yang bagus. Menyewa perahu ini tidak harus untuk kegiatan memancing, mungkin Kamu ingin sekedar berlayar menjelajah laut pantai Ngandong ini pun tidak masalah.

Rumah makan di pantai ngandong gunung kidul jogja
Rumah makan di pantai ngandong gunung kidul jogja

Saat sore hari, pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Ngandong ini cukup mengesankan. Langit cakrawala berwarna oranye yang mengantarkan sang surya menuju peraduannya menciptakan moment yang begitu menawan. Menikmati sunset di salah satu wisata alam jogja ini memang indah, jangan lupa mengabadikan moment tersebut ke dalam album photo atau video koleksi Kamu ya.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Ngandong

Saat berkunjung ke Pantai Ngandong ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang
sunset di pantai ngandong gunung kidul jogja
sunset di pantai ngandong gunung kidul jogja
  1. Tempat Parkir. Bagi Kamu yang menuju ke lokasi ini dari pantai Sundak, Kamu bisa berjalan kaki karena lokasinya hanya berjarak sekitar 200 meter saja.
  2. Kamar Mandi dan Toilet
  3. Mushola
  4. Sewa Perahu
  5. Warung Makan
  6. Penginapan di Pantai Ngandong kini sudah tersedia bagi wisatawan yang ingin bermalam. Penginapan ini adalah milik penduduk setempat yang memang dikhususkan bagi para pengunjung.

Sedangkan untuk Tiket Masuk ke Pantai Ngandong ini dikenakan tarif sebesar IDR 10.000. Namun tiket tersebut juga bisa dipakai untuk berkunjung ke 2 (dua) pantai lainnya di sekitar pantai ngandong ini.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Ngandong


Jarak tempuh menuju Pantai Ngandong ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Ngandong. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Ngandong ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Ngandong dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Ngandong
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Ngandong
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”
Pantai Ngandong Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi
Penginapan pantai ngandong gunung kidul jogja
Penginapan pantai ngandong gunung kidul jogja

Pantai Ngandong ini menjadi alternatif kunjungan di dalam deretan pantai-pantai di pesisir selatan Gunung Kidul ini. Pesona alam dengan bukit karang yang ada di sisi pantai ini merupakan ciri khas dari Pantai Ngandong. Ditambah dengan perbukitan yang hijau di belakang pantai ngandong ini semakin memantabkan pesona keindahan alam di lokasi ini.

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Ngandong Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarta. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.