pantai ngetun gunung kidul jogja
pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: Youtube @Rifqi Mukhtar)

[Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Diposting pada

Goodpiknik.com – Ada kalanya kita mendambakan sebuah lokasi pantai yang masih sepi pengunjung supaya kita bisa menikmati panorama keindahan pantai dengan maksimal. Apabila hal itu yang Kamu inginkan saat ini, maka review kali ini akan sangat cocok dengan keinginan Kamu. Di salah satu daerah di gunung Kidul, tedapat sebuah pantai yang masih bisa dibilang perawan karena jarang terjamah oleh wisatawan, yaitu Pantai Ngetun atau Pantai Ngitun.

Lokasi Pantai Ngetun ini berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya memang agak tersembunyi dan jauh dari lokasi perumahan penduduk. Namanya juga perawan, lokasinya malu-malu hehe..

Lokasi yang sedikit terpencil tersebut membuat pantai ini masih jarang dari aktifitas dari wisatawan. Namun, suasana tersebut memang kadang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang menginginkan wisata alam yang masih alami. Yuk, langsung kita bahas bagaimana sih kondisi dan rute menuju pantai ngetun ini..

lokasi view dari atas pantai ngetun gunung kidul jogja
lokasi view dari atas pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: dakatour.com)

Gambaran Kondisi Pantai Ngetun Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

“Pantai Ngetun masih tampak alami” adalah kesan pertama saat tiba di sana. Tak heran karena lokasi ini belum begitu banyak di kenal para Traveller atau wisatawan. Pantai Ngetun ini memiliki garis pantai yang pendek dan kecil dengan pasir berwana putih kekuningan. Pantai ini akan tampak seperti teluk kecil dengan adanya 2 (dua) buah bukit yang mengapit di sisi kanan dan kiri.

kebersihan di pantai ngetun gunung kidul jogja
kebersihan di pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: travel.detik.com)

Terdapat beberapa batu karang dengan ukuran kecil dan sedang menghiasi bibir Pantai Ngetun. Beberapa pohon kelapa juga ikut menambah panorama pantai yang eksotis. Angin pantai berhembus sepoi-sepoi mampu membayar lelah Kamu selama perjalanan ke sini. Sungguh, nuansa alam yang masih damai dan menenangkan.

Saat Kamu berada di lokasi ini, Pantai ini seolah-olah adalah pantai milik Kamu sendiri alias privat beach. Eh tapi jangan salah, kondisi pantai yang sepi ini justru banyak dimanfaatkan para backpacker maupun pecinta alam untuk camping menikmati suasana alam yang damai. Biasanya saat malam minggu, pantai ini selalu ada pengunjung yang bermalam dengan tenda. Menyalakan api unggun bersama teman-teman sambil bernyanyi bersama dan saling ngobrol bersama, merupakan pengalaman yang begitu indah dan sulit untuk dilupakan. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai pengalaman seperti itu? Asyikk banget.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Baron Gunung Kidul: Kondisi, Kisah Unik Dan Fasilitas Terbaru
nikmatnya camping di pantai ngetun gunung kidul jogja
nikmatnya camping di pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: youtube @Ridho Syuhada)

Nama asli dari Pantai Ngetun ini sebenarnya adalah Pantai Ngitun. Namun, nama Ngetun sudah terlanjur dikenal oleh masyarakat dibandingkan Ngitun. Nama Ngitun ini berasal dari bahasa daerah setempat yang mempunyai makna mengintip atau bisa juga mengirim. Berdasarkan info dari penduduk setempat, pemberian nama yang bermakna mengintip ini ibaratnya bila ada orang yang sampai ke lokasi ini kemudian mengintip ternyata ada pantai bagus, orang tersebut pasti akan mengabarkan/ mengirim berita ke teman-temannya. Katanya sih begitu, agak aneh juga sih maknanya hehe..

Kalau dilihat dari kondisinya yang kecil dan di apit dua batu karang sih agak masuk akal dengan nama ngitun atau ngintip ini. Pantai ini seperti terjepit dan seolah seperti hanya mengintip saja luasnya laut yang ada di seberang. Iya gak? Kalau ini asli pendapat pribadi ya hehe. Bagaimana pendapat kamu?

kondisi pantai ngetun gunung kidul jogja
kondisi pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: Gedangsari.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Ngetun

Pantai ngetun belum memiliki fasilitas yang memadai karena memang dukungan untuk menjadikan lokasi ini sebagai objek wisata alam di Gunung Kidul masih kurang. Kamu sebaiknya membawa perbekalan sendiri dari rumah untuk mengisi perut selama berada dilokasi ini. Belum ada warung makan yang selalu buka di sini. Sudah ada lokasi parkir di pantai ngetun ini, tapi tempat parkir ini berada cukup terpisah dari pantai, sehingga Kamu harus jalan kaki untuk menuju ke sini. Itung-itung olah raga, ya kan?? 😛

Untuk berteduh di Pantai ini bisa dengan menfaatkan rindangnya pohon yang ada belakang pantai. Bila Kamu beruntung, Kamu bisa melihat beberapa ikan laut kecil dan kura-kura di sekitar pantai. Fasilitas yang ada di pantai ngetun ini memang masih seadanya.

Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta

Sedangkan untuk Tiket Masuk ke Pantai Ngetun ini masih GRATIS belum ada retribusi sama sekali karena memang belum benar-benar di manfaatkan secara optimal sebagai salah satu objek wisata andalan pemerintah setempat.

kondisi jalan menantang pantai ngetun gunung kidul jogja
kondisi jalan menantang pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: jejaksibuntal.blogspot.co.id)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Ngetun

Perjalanan menuju ke Pantai Ngetun adalah tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Letaknya masih masih terpencil dan akses jalan yang jauh cukup menguras tenaga dan emosi kalau benar-benar tidak sabar. Belum ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan pengunjung sampai ke titik lokasi ini. Sangat disarankan Kamu membawa kendaraan yang benar-benar jozz kondisinya karena jalannya sedikit menantang apalagi jauh dari tambal ban. <– serius.

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

[Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Jarak tempuh menuju Pantai Ngetun ini sekitar 35 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 – 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Ngetun. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Ngetun ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Ngetun dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau DIrection”
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Ngetun
  • Klik tombol “Mulai atau Start”
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Ngetun
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul


Untuk berjaga-jaga, Kamu sebaiknya juga memastikan rutenya dengan menanyakan arah ke penduduk setmpat yang dijumpai. Sudah ada beberapa plang penunjuk jalan sebagai panduan. Hanya saja jangan bingung kalau namanya tertulis Pantai Ngitun bukan Pantai Ngetun yang lebih populer.

Pantai Ngetun Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Mengunjungi lokasi wisata alam jogja yang masih sepi dari pengunjung adalah pengalaman tersendiri yang bisa jadi tidak terlupakan. Kesan alam yang masih benar-benar alami membuat kita dapat lebih menghayati akan karunia dan ciptaan Tuhan YME. Bisa jadi, melalui Pantai Ngetun ini kita mampu lebih menghargai alam dan meningkatkan keTaqwaan kita kepada Tuhan YME. Justru berpiknik ke lokasi seperti ini terkadang yang kita butuhkan. Asalkan segala informasi dan persiapan yang kita lakukan benar-benar matang, tidak lupa ditambah doa yang terucap sebelum berangkat supaya kegiatan kita bisa lancar dan menyenangkan.

panorama pantai ngetun gunung kidul jogja
panorama pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: dakatour.com)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Ngetun Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarta. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *