GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

Suasana di pantai nglambor gunung kidul, jogja

[Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”

Goodpiknik.com – Wisata atau piknik ke pantai memang menyenangkan, apalagi kalau panorama alam yang di tawarkan sangat mempesona. Deburan ombak pantai dengan desiran angin yang sepoi-sepoi membuat wisata alam ke pantai selalu mengasyikkan. Setiap pantai memang mempunyai ciri khas yang membedakan antara pantai satu dengan yang lain, seperti juga salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul ini, yaitu Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor ini merupakan salah satu dari jajaran pantai yang ada di pesisir Gunung Kidul. Pantai Nglambor diapit oleh 2 (dua) pantai yang juga merupakan lokasi wisata, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Lokasi Pantai Nglambor berada di Dusun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini semakin dikenal oleh para traveler karena adanya fasilitas Snorkeling. Sebelum membahas lebih jauh tentang Pantai Nglambor dan fasilitas Snorkelingnya, kita cari tahu dulu yuk asal mula lokasi ini menjadi terkenal. Cuzz….

Suasana di pantai nglambor gunung kidul, jogja
Suasana di pantai nglambor gunung kidul, jogja. (foto: jogjaculturaltour.com)

Sejarah Pantai Nglambor Yogyakarta

Pada umumnya, pantai selatan pulau jawa mempunyai ombak yang begitu besar dan kencang. Kondisi ombak yang kuat ini kebanyakan akan menghancurkan terumbu karang bawah laut karena terhempas oleh derasnya ombak yang ada. Siapa yang menyangka sih, kalau di pantai laut selatan ada terumbu karang bawah laut yang bisa bertahan dan tidak rusak sehingga dapat dijadikan rumah bagi banyak biota laut yang indah-indah.

Ya, itulah pantai Nglambor, sebuah pantai yang mempunyai terumbu karang laut dengan berbagai macam biota laut di dalamnya. Terumbu karang yang ada di Pantai nglambor ini mampu bertahan karena adanya perlindungan dari “dua kura-kura raksasa” yang mampu menahan gempuran ombak dari samudera hindia. Dua kura-kura raksasa ini tentu saja hanya sebuah istilah dari 2 (dua) batu karang besar yang mengapit Pantai Nglambor. Bukan kura-kura beneran ya hehe..

Dua batu karang raksasa yang “melindungi” terumbu karang bawah laut pantai nglambor ini diberi nama oleh penduduk setempat dengan sebutan Watu Kalong dan Watu Kuntul. Watu Kalong adalah istilah bahasa jawa yang berarti Batu Kalong (kalong = Sejenis Kelelawar bertubuh besar), sedangkan Watu Kuntul berarti Batu Kuntul (Kuntul = Sejenis burung bangau). Kok nama burung ya, harusnya kan namanya batu kura-kura ya, *maksa..

Pantai Nglambor termasuk pantai yang sepi saat pantai lain digunung kidul mulai dikenal orang. Kesulitan akses dan kondisi pantai yang tidak terlalu luas juga membuat lokasi ini dipandang sebelah mata. Tidak banyak penduduk yang tinggal di sekitar pantai ini karena lokasinya memang sedikit terpencil dari perkampungan terdekat. Apabila ada penduduk yang tinggal di lokasi ini pun, tujuannya sekedar untuk menjaga ternak dan menjaga ladangnya dari gangguan monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis).

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Pada tahun 2000, Pemerintah daerah mulai sedikit membangun akses jalan menuju ke lokasi pantai nglambor ini, tetapi pembangunan akses jalan tersebut masih belum diimbangi dengan promosi akan potensi yang ada di pantai ini.

Potensi wisata pantai nglambor baru muncul saat ada seorang pemuda setempat mulai mempromosikan keindahan lokasi pantai nglambor melalui media sosial pada tahun 2013. Berbagai foto dan rute menuju lokasi di unggah ke medsos agar Pantai ini semakin dikenal masyarakat. Usahanya semakin membuahkan hasil saat ditambahkannya fasilitas penyewaan alat snorkeling di pantai nglambor dengan nama BNS (Bintang Nglambor Snorkeling) dan Pokdarwis Nglambor Lestasi. Adanya dua fasilitas ini membuat para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa alat snorkeling sendiri. Dampak dari adanya persewaan alat snorkeling ini cukup baik, pengunjung yang datang ke lokasi pantai nglambor ini pun jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Asyiikk..

Akses menuju pantai nglambor gunung kidul, jogja
Akses menuju pantai nglambor gunung kidul, jogja. (foto: piknikasik.com)

Gambaran Kondisi Pantai Nglambor Sebagai Obyek Wisata Yogyakarta

Pantai nglambor dengan “perlindungan dari dua kura-kura raksasa” membuat kondisi ombak yang ada menjadi sedikit tenang. Pantai ini walaupun tidak sepanjang pantai indrayanti, akan tetapi mempunyai air yang jernih dan bersih dari sampah. Saking jerningnya, Kamu bisa melihat kondisi terumbu karang di dasar laut di Pantai Nglambor ini. Kondisi tersebut memang sangat cocok dijadikan untuk kegiatan snorkeling apalagi biota laut yang ada sangat beraneka ragam.

Menikmati keindahan Pantai nglambor ini memang baru akan komplit setelah melakukan snorkeling. Sensasi bersnorkeling dengan ombak yang sudah dijinakkan oleh dua batu karang raksasa memang sedikit menantang. Semakin menuju ke tengah, ombak yang datang masih terasa lumayan sehingga Kamu bisa ikut terbawa arus kembali ke tepian lagi. Balik lagi deh..

Saat bersnokeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul ini, Kamu akan disuguhi pemandangan ekosistem dasar laut yang memukau. Terumbu karang di pantai nglambor ini di warnai dengan ikan kecil-kecil berwarna warni yang akan menemani aktifitas snorkeling Kamu. Hanya saja, Kamu harus cukup berhati-hati ya agar tidak menginjak dan merusak kondisi terumbu karang yang ada. Sebagai pengunjung, kita juga wajib ikut serta menjaga kondisi alam yang kita singgahi agar bisa tetap dapat dinikmati oleh anak-cucu kita kelak. Apalagi terumbu karang membutuhkan waktu ratusan tahun supaya tersebentuk ekosistem biota laut seperti sekarang ini. *Pasangmukabijak..

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Wediombo Gunung Kidul, Wisata “All In One”

[Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta

Untuk kondisi pantainya sendiri, Pantai Nglambor ini berbentuk cekungan dan tidak terlalu panjang. Pemandangan alam yang tampak adalah keberadaan dua buah batu karang besar dan perbukitan yang ada di belakang pantai. Pasir pantai nglambor terbilang cukup putih bersih, sepertinya pihak pengelola pantai menjaga kebersihan pantai nglambor jogja ini dengan cukup serius.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang

Karena pesono utama Pantai Nglambor ini memang biota bawah lautnya, maka wajib hukumnya untuk mencoba aktifitas Snorkeling bila Kamu ke sini. Jangan lupa untuk membawa casing kamera anti air ya, karena sayang kalau tidak di abadikan kegiatan snorkeling Kamu. Cekrek!

Snorkeling seru di pantai nglambor gunung kidul, jogja
Snorkeling seru di pantai nglambor gunung kidul, jogja. (foto: lookjogja.blogspot.co.id)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Nglambor Jogja

Saat berkunjung ke wisata jogja Pantai Nglambor ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Tempat parkir
  2. Mushola
  3. Kamar mandi dan toilet
  4. Gazebo
  5. Warung makan
  6. Persewaan snorkeling

Nah, khusus mengenai tempat parkir ini, lokasinya lumayan agak jauh dari bibir pantai. Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 15 menit melewati jalan makadam untuk bisa sampai ke lokasi pantai. Hal ini karena akses jalan tersebut tidak cukup lebar untuk dilewari kendaraan roda empat. Namun, bagi Kamu yang tidak mau berjalan kali, terdapat jasa ojek yang bisa Kamu sewa dan bisa mengantarkan Kamu menuju ke lokasi. Silahkan tawar-menawar harga dengan tukang ojeknya langsung ya untuk tarifnya. Hanya saja, karena jaraknya tidak terlalu jauh, biasanya abang ojek ngasih tarif antara IDR 5.000 – IDR 10.000 saja. Kalau harga BBM tidak berubah hehe..

Sedangkan untuk fasilitas penginapan di pantai nglabor ini sayangnya belum tersedia. Satu-satunya cara bila Kamu ingin bermalam di lokasi pantai ini adalah mendirikan tenda sendiri. Atau alternatif lainnya, Kamu bisa menyewa penginapan di pantai yang tidak jauh dari lokasi ini, seperti penginapan di pantai indrayanti. Atau bagi Kamu yang dari luar kota, bisa mencari penginapan di daerah kota atau kecamatan Tepus. Agak jauh sih lokasinya.

Nah, bagi Kamu yang mau bersenokeling ria, jasa sewa peralatannya cukup terjangkau kok. Biaya sewa semua peralatan Snorkeling ini adalah IDR 50.000, Kamu akan mendapatkan bonus welcome drink. Kamu juga akan mendapatkan pemandu yang akan menemani Kamu selama Snorkling menjelajahi terumbu karang pantai nglambor jogja. Haseekk…

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Nglambor jogja


Jarak tempuh menuju Pantai Nglambor ini sekitar 35 Kilometer dari Kota Wonosari, Gunung Kidul atau kurang lebih sekitar 1 Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Nglambor, Gunung Kidul. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Nglambor ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smarphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Nglambor dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Nglambor
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Nglambor
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
Pantai Nglambor Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Tidak bisa dipungkiri bahwa Pantai Nglambor menawarkan sesuatu yang berbeda dan jarang dipunyai pantai laut selatan lainnya. Eksotisme pemandangan pantai yang masih alami ditambah dengan panorama bawah laut yang menawan menjadi daya tarik tersendiri untuk memasukkan Pantai Nglambor ini ke dalam daftar lokasi travel kita. Siapa sih yang tidak tertarik berenang di bawah laut ditemani ikan-ikan dan terumbu karang yang indah? Tentu berpiknik ke pantai nglambor akan menjadi kenangan yang sungguh mengasyikan. Udah, langsung packing sana..

Bersama temen lebih rame di pantai nglambor gunung kidul, jogja
Bersama temen lebih rame di pantai nglambor gunung kidul, jogja. (foto: paketwisatajogja75.com)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Nglambor Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Leave a Reply