surfing di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
surfing di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: piknikasik.com)

[Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul

Diposting pada

Goodpiknik.com – Piknik ke yogyakarta rasanya kurang sedap kalau tidak berkunjung ke pantainya yang indah. Dari 5 kabupaten yang ada di yogyakarta ini, kabupaten Gunung Kidul adalah wilayah yang paling banyak terdapat wisata alamnya, termasuk Pantai. Diantara puluhan pantai yang ada tersebut, terdapat salah satu pantai yang cukup terkenal dengan fasilitas Snorkelingnya, yaitu Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan diapit diantara pantai lainnya di Gunung Kidul, yaitu Pantai Krakal, Pantai Slili dan Pantai Ngandong. Lokasi Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sadranan ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal loh selain Pantai Indrayanti. Yuk, langsung aja kita review pantai yang keren ini. Cuzz..

Gambaran Kondisi Pantai Sadranan Sebagai Obyek Wisata Di Yogyakarta

Pantai Sadranan mempunyai garis pantai yang cukup panjang sehingga pandangan mata Kamu bisa cukup leluasa menikmati suguhan pesona alam di sini. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih kekuningan yang bersih dan halus. Pasir yang ada pun terbilang cukup banyak, sehingga Kamu bisa bermain pasir di Pantai Sadranan dengan puas.

Di Pantai ini tidak terlalu banyak batu karang di lautnya, hanya ada sebuah batu karang besar di sebelah sisi kiri pantai. Batu karang ini nampak seperti bukit hijau di tengah laut karena batu karang ini ditumbuhi tumbuhan di atasnya. Justru batu karang ini menjadi salah satu daya tarik dan pemandangan alam yang eksotis yang bisa Kamu nikmati, selain menjadi background foto selfie tentunya. Hehe..

Pada hari-hari biasa, Pantai Sadranan ini tidak terlalu ramai pengunjung. Jumlah pengunjung akan menjadi cukup banyak saat musim liburan dan weekend. Jadi bila Kamu ingin menikmari panorama Pantai Sadranan ini dengan lebih lega, datanglah diluar musim liburan. Beningnya air laut di pantai ini semakin tampak eksotis karena bercampur dengan warna kehijauan. Bagi Kamu yang ingin menghilangkan penat karena aktifitas pekerjaan sehari-hari, maka berkunjung kesini bisa menjadi alternatif yang mengasyikkan.

Namun, pantai sadranan tidak hanya menawarkan pemandangan panorama alamnya yang dipermukaan saja, ternyata pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah untuk dijelajahi. Hal inilah yang menginspirasi pihak pengelola wisata ini untuk menambahkan fasilitas Snorkeling di Pantai Sadranan.

suasana di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
suasana di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: Wisataku.net)

Terdapat banyak terumbu karang yang masih bagus dan alami di bawah laut pantai sadranan ini. Berbagai macam bentuk terumbu karang ini merupakan rumah dari berbagai macam ikan dan makluk laut lainnya. Perpaduan tersebut membentuk sebuah ekosisitem alam bawah laut yang mengagumkan dan sayang untuk dilewatkan. Jadi, pastikan Kamu mengunjungi hewan-hewan bawah laut yang beraneka ragam dan warna warni ini saat berkunjung ke Pantai Sadranan. Dijamin seruuu..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”

Berbagai hewan laut yang bisa Kamu temui saat snorkeling di lokasi ini misalnya ikan areng-areng, botana Achilles, ikan lepu morish. Setiap jenis ikan tersebut mempunyai warna yang berbeda-beda yang akan membuat Kamu betah berlama-lama berenang ditemani mereka. Asiikk..

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Wediombo Gunung Kidul, Wisata “All In One”

[Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta

Ohya, Pantai Sadranan ini pernah mempunyai kenangan yang tidak mengenakkan pada tahun 2015, tepatnya hari rabu tanggal 17 Juni. Pada hari itu, terjadi tanah longsor di area dekat tebing pantai. Tragedi tanah longsor  tersebut memakan korban 1 (satu) orang tewas dan beberapa pengunjung luka-luka. Jadi, bagi Kamu yang sedang berkunjung ke Pantai Sadranan maupun lokasi wisata yang lain, selalu berhati-hati saat menjelajah dan patuhi kalau ada tanda larangan atau tanda bahaya. Dan jangan lupa berdo’a ya supaya piknik kita selalu diberi keselamatan dan hari yang menyenangkan.

kondisi pasir di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
kondisi pasir di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: Ngadem.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Saat berkunjung ke wisata jogja Pantai Sadranan ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Gazebo

Di sepanjang Pantai Sadranan, terdapat banyak gazebo yang bisa Kamu manfaatkan untuk beristirahat maupun berkumpul bersama sambil menikmati panorama laut pantai selatan ini. Tarif sewa gazebo ini beragam tergantung berapa orang yang akan menyewa, yaitu antara IDR 10.000 – IDR 25.000.

  1. Jasa Sewa Snorkeling

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Snorkeling. Fasilitas Snorkling yang ada di Pantai Sadranan ini dikenai tarif cukup murah, yaitu IDR 50.000 – IDR 100.000. Untuk melakukan kegiatan Snorkeling ini biasanya dijadwalkan pada waktu pagi hari, jam 06.00 – 09.00 WIB untuk mendapatkan pemandangan yang paling baik serta pada sore hari, sekitar pukul 16.00 – 18.00 WIB. Sebenarnya pembagian waktu itu juga untuk menghindari arus dan ombak laut yang lumayan kencang pada saat siang hari. Jika Kamu melakukan Snorkeling pada sore hari, Kamu bisa sekalian menikmati pemandangan pantai menjelang malam atau Sunset yang mempesona.

  1. Rumah Makan
Baca Juga :  Ini Dia Daftar Tempat Wisata Di Jogja Paling Seru 2018

Jangan khawatir saat Kamu menjelajah di Panti Sadranan ini sudah ada warung-warung makan dengan berbagai menu yang bisa Kamu pesan bersama teman dan keluarga. Menu yang ditawarkan cukup beragam, hidangan utamanya tentu saja adalah makanan laut atau seafood. Namun bagi Kamu yang lebih memilih membawa makanan sendiri pun tidak dilarang. Kamu tinggal menyewa Gazebo saja dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari sampah apapun ya..

gazebo di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
gazebo di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: piknikasik.com)
  1. Kamar Mandi dan Toilet

Sudah tersedia tempat untuk membersihkan diri setelah Kamu puas bermain Air maupun Pasir di Pantai Sadranan ini. Kamar mandi dan toilet yang tersedia luamayan bersih. Namun, Kamu akan dikenakan tarif saat menggunakan fasilitas ini. Tarif yang dipatok pun standart sewa toilet di lokasi wisata pada umumnya, yaitu antara IDR 2.000 sampai IDR 5.000.

  1. Penginapan di Pantai Sadranan

Bagi Kamu yang ingin bermalam di pantai ini, sudah tersedia penginapan di Pantai Sadranan. Uniknya, penginapan di Pantai Sadranan ini berada di atas bukit dan atap penginapan terbuat dari bambu asli. Karena lokasinya berada di atas bukit, pemandangan yang ditawarkan di penginapan ini sangat eksotik. Kamu dapat melihat pesona laut lepas dari penginapan ini. Namun, Kamu juga mempunyai alternatif penginapan atau Hotel di daerah kota wonosari walaupun jarak tempuhnya cukup lumayan, sekitar 20 – 30 KM.

  1. Sewa Tikar

Jasa Sewa Tikar di Pantai Sadranan ini dipatok dengan tarif IDR 20.000 tidak dibatasi waktu. Kalau Kamu pintar negosiasi, bisa saja Kamu dapat tarif terbaik. Hehe..

  1. Sewa Jetski

Tersedia juga sewa jetski di Pantai Sadranan yang bisa Kamu manfaatkan. Tarif sewa jetski ini dikenakan biaya IDR 250.000 untuk Kamu pakai Sepuasnya.

  1. Sewa Perahu Mancing

Beberapa nelayan juga menyewakan perahunya bila pengunjung ingin memancing agak ke tengah lautan. Untuk tarif sewa perahu memang beragam, Kamu bisa melakukan negosiasi langsung dengan pemilik perahu bila ingin menggunakannya.

  1. Tempat Parkir

Tempat parkir yang ada cukup luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Tarif parkir untuk roda dua adalah IDR 4.000 dan roda empat IDR 10.000.

Sedangkan untuk tiket masuk Pantai Sadranan dikenakan tarif IDR 10.000 per orang. Namun, besaran tiket bisa saja berubah pada waktu-waktu tertentu saat ramai pengunjung.

melihat biota laut di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
melihat biota laut di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: tempat.co.id)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul

Jarak tempuh menuju Pantai Sadranan ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Sadranan. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Sadranan ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Sadranan dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Sadranan
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Sadranan
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

Pantai Sadranan Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pesona yang ada di Pantai Sadranan memang dapat selalu menarik minat para wisatawan untuk datang ke lokasi ini. Apalagi yang ingin mencoba aktifitas Snorkeling, maka pantai ini memang cocok untuk dijadikan pilihan. Apalagi kalau ingin sesuatu yang seru-seruan bersama teman-teman, maka Kamu wajib mencoba berkunjung ke Pantai Sadranan ini.

menikmati snorkeling di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
menikmati snorkeling di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: Lihat.co.id)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Sadranan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

 

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *