pantai sepanjang gunung Kidul, jogja

[Full Review] Pantai Sepanjang: Pantai Alami Nan Mempesona Di Gunung Kidul

Goodpiknik.com – Kota Yogyakarta memang selalu menyimpan keindahan alam dan budaya yang tiada habisnya. Tidak heran kalau kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Terdapat ratusan objek wisata yang bisa kita kunjungi hanya di dalam satu kota yang terkenal nyaman dan ngangenin ini. Setiap objek wisata mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing. Termasuk salah satu objek wisata yang akan kita bahas di artikel kali ini, yaitu Pantai Sepanjang Gunung Kidul.

Lokasi Pantai Sepanjang ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Sepanjang berada tidak jauh dari Pantai Drini serta berada di timur Pantai Kukup. Jadi, bisa skalian jalan nih.. Pantai ini termasuk baru dikembangkan dibanding pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Akses menuju Pantai Sepanjang pun belum lama di bangun dan dibuat bagus. Kamu bisa buktikan sendiri saat menuju lokasi ini, masih gress. Bagaimana pesona alam yang ada di Pantai Sepanjang ini? Yuk, langsung kita bahas di artikel kali ini.

Gambaran Kondisi Pantai Sepanjang Sebagai Obyek Wisata Di Yogyakarta

Pantai Sepanjang, sesuai dengan namanya, mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Memang tidak salah kalau pemerintah dan penduduk setempat memberi nama pantai ini Pantai Sepanjang. Pasir putih kecoklatan yang halus dan lembut tampak terhampar dari sisi timur ke sisi barat pantai. Jika Kamu suka bermain pasir saat berkunjung ke Pantai, maka Kamu pasti akan betah berada di sini.

Pantai Sepanjang ini masih satu komplek dengan beberapa pantai lain yang ada di Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Jadi, saat Kamu berkunjung ke sini, sekalian saja singgah ke pantai-pantai tersebut karena lokasinya tidak terpisah jauh.

Suasana ombak di Pantai Sepanjang ini tidak terlalu kuat dan lebih terlihat sedikit tenang. Pohon-pohon palem tampak berjajar menghiasai suasana pantai yang sejuk dan tenang. Beberapa batu karang dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga ikut menghiasi pemandangan di Pantai Sepanjang ini. Bukit yang tampak hijau membentang di belakang pantai semakin memanjakan mata para pengunjung yang datang. Paduan suasana dan keindahan pesona alam di Pantai ini membuat sebagian orang menyamakan Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta Bali pada tempo dulu. Wuihh..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Wediombo Gunung Kidul, Wisata “All In One”
jalan masuk pantai sepanjang gunung Kidul, jogja
jalan masuk pantai sepanjang gunung Kidul, jogja. (foto: jogja.beritainternusa.com)

Apabila Kamu memiliki keahlian dalam berselancar atau surfing, mungkin Kamu akan tertarik untuk mencoba menaklukkan ombak yang ada di pantai sepanjang ini. Sayangnya, tidak ada fasilitas untuk sewa surfboard atau papan selancar untuk pengunjung, jadi Kamu harus membawa peralatan sendiri saat mencoaba surfing di pantai ini.

Pada saat air laut sedang surut, Kamu bisa melihat beberapa batu-batuan yang berada di tepi garis pantai. Kalau Kamu beruntung, Kamu dapat menemukan berbagai macam kerang-kerangan (Mollusca), bintang laut (Echinodermata), bulu babi, ganggang laut, maupun limpet dan rumput laut disekitar bebatuan tersebut.

Terdapat satu lagi keunikan yang dimiliki oleh Pantai Sepanjang yaitu adanya situs peninggalan jaman dahulu yang diberi nama banyu sepuh. Nama banyu sepuh ini berasal dari kata banyu = air dan sepuh (nyepuh) = membasuh. Jadi, situs banyu sepuh ini adalah tempat untuk membasuh atau memandikan pusaka tokoh-tokoh masyarakat pada jaman dulu. Tidak banyak orang yang tahu keberadaan situs ini, Kamu harus bertanya kepada penduduk setempat bila ingin menuju ke lokasi ini. Hanya saja, kondisinya sekarang ini sudah kering dan ditumbuhi tanaman liar.

Pemandangan di Pantai Sepanjang semakin eksotik saat menjelang malam. Sunset yang tampak dari pantai ini membuat suasana romantis bagi pasangan sejoli yang ada di sini. Tapi, bagi yang jomblo, selfie-selfie aja lah ya. Hehe..

garis pantai sepanjang gunung kidul, jogja
garis pantai sepanjang gunung kidul, jogja. (foto: sewamotordijogja.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Sepanjang

Saat berkunjung ke Pantai Sepanjang ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Gubug atau Gazebo

Tersedia beberapa gubug dan gazebo yang bisa Kamu pakai untuk beristirahat dan menikmati suasana Pantai Sepanjang yang indah. Biasanya, gubug-gubug ini juga dipakai oleh penduduk setempat untuk menjual berbagai makanan keliling. Tempat ngadem yang cocok di sini nih.

  1. Kamar Mandi dan Toilet
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta

Jangan khawatir untuk membersihkan diri setelah bermain pasir dan bermain air di pantai sepanjang ini, disediakan toilet dan kamar mandi untuk para pengunjung. Seperti biasa, Kamu akan dikenakan tarif IDR 2.000 – IDR 5.000 untuk memakai toilet dan kamar mandi di sini.

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang

[Full Review] Pantai Slili Gunung Kidul: Pantai Mini Beragam Aksi

  1. Warung Makan

Nah, setelah capek menjelajah ke semua sudut pantai, perut Kamu pasti akan segera protes untuk di isi hihi. Tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah, Kamu cukup datang saja ke rumah makan yang ada di sekitar Pantai Sepanjang ini. Terdapat berbagai menu makanan yang bisa Kamu pesan sesuai dengan selera. Tentu saja, hidangan utama di warung makan ini adalah menu makanan laut atau sea food.

kedai makan kampung lobster pantai sepanjang gunung kidul, jogja
kedai makan kampung lobster pantai sepanjang gunung kidul, jogja. (foto: Jarangpanas.com)
  1. Tempat Parkir

Sudah ada tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung di sini. Untuk tarif parkir kendaraan roda dua adalah IDR 3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar IDR 5.000. Tarif parkir ini bisa berubah sewaktu-sewaktu menyesuaikan kondisi yang ada ya.

  1. Penginapan Penduduk

Walaupun belum ada penginapan sekelas hotel atau vila, penduduk setempat cukup terbuka apabila ada pengunjung yang mau menginap. Atau sebagai alternatif, Kamu bisa mencari penginapan lain yang ada disekitar lokasi wisata jogja pantai sepanjang ini.

Sedangkan untuk tiket masuk pantai sepanjang ini dipatok IDR 10.000 per orang. Cukup murah ya. Bila Kamu rombongan dalam satu bus atau lebih, Kamu bisa negosiasi dengan petugas retribusinya secara langsung untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Jarak tempuh menuju Pantai Sepanjang ini sekitar 25 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 45 menit. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam / 60 kilometer perjalanan untuk sampai ke Pantai Sepanjang. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Sepanjang ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Sepanjang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Sepanjang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Sepanjang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa
sisi pantai sepanjang gunung kidul, jogja
sisi pantai sepanjang gunung kidul, jogja. (foto: pamungkaz.net)
Pantai Sepanjang Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Sepanjang menawarkan keindahan alam yang benar-benar masih alami dan mempesona. Anggapan sebagai Pantai Kuta Bali di Jogja cukup memberikan gambaran akan eksotisme Pantai Sepanjang ini. Dijamin, tidak akan menyesal memasukkan pantai sepanjang ke dalam daftar destinasi wisata Kamu di jogja. Catet..

bermain layangan di pantai sepanjang gunung kidul, jogja
bermain layangan di pantai sepanjang gunung kidul, jogja. (foto: pamungkaz.net)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Sepanjang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.