rumput laut di pantai seruni gunung kidul jogja
rumput laut di pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: dewiaquatica.blogspot.co.id)

[Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Diposting pada

Goodpiknik.com – Kabupaten Gunung Kidul memang tempatnya pantai-pantai yang eksotik dan menawan. Bahkan sebagian pantai di Gunung Kidul belum tersentuh pembangunan yang memadai untuk dijadikan objek wisata andalan. Padahal setiap pantai di Gunung Kidul memiliki ciri khas masing-masing yang dapat menarik minat wisatawan. Nah, salah satu pantai yang saat ini mulai dilirik oleh pemerintah daerah adalah Pantai Seruni Gunung Kidul.

Lokasi pantai seruni berada di desa tepus, kecamatan tepus, kabupaten gunung kidul, yogyakarta. Letak pantai seruni masih searah dan tidak jauh dengan pantai pok tunggal. Ada sebuah percabangan di jalan yang memisahkan pantai seruni ini dengan pantai pok tunggal. Apabila belok ke kanan menuju pantai pok tunggal, bila ke kiri menuju pantai seruni. Jalan cabang ini kira-kira 2 (dua) kilometer sebelum lokasi pantai. Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya gemericik air terjun di sisi pantai. Bagaimana cerita lengkap serunya pantai seruni ini? Yuk, langsung meluncur ke TKP…..

kondisi pantai seruni gunung kidul jogja
kondisi pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Gambaran Kondisi Pantai Seruni Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Kesan pertama saat tiba di Pantai Seruni ini adalah alami. Ya, pantai ini memang belum begitu dikenal oleh masyarakat sehingga masih sepi pengunjung. Ukuran pantai seruni ini cukup kecil dengan bukit kars yang mengelilingi bagian belakang pantai. Bukit-bukit yang ada ini membentuk tebing-tebing yang bisa ditemui di sisi kanan dan kiri pantai.

Kalau dilihat dari namanya, seruni adalah nama sebuah bunga yang bisa hidup di pantai. Namun, masih menjadi misteri apakah ada hubungannya antara nama Pantai Seruni dengan bunga yang memiliki nama lain bunga krisan ini. Ada juga yang mengartikan pantai seruni ini bermakna emas. Namun, sekali lagi asal usul nama pantai ini masih belum begitu jelas. Atau mungkin Kamu tahu informasi asal usul mengenai nama pantai seruni, bisa menambahkan informasi di kolom komentar di bagian bawah artikel ini hehe..

Salah satu hal unik dan menarik yang ada di pantai seruni adalah adanya sebuah air terjun. Yes,Kamu memang tidak salah baca, air terjun di lokasi pantai memang jarang ditemui karena biasanya air terjun ini berada di perbukitan dan dataran tinggi. Lokasi air terjun ini berada di tebing sisi timur pantai. Inilah uniknya air terjun di pantai seruni, sumber air terjun ini berasal dari rembesan air yang menerobos celah-celah bebatuan di dalam tebing.

Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta
air terjun pantai seruni gunung kidul jogja
air terjun pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: elizhaqorinepantaiselatan.blogspot.co.id)

Rembesan air dari bebatuan tersebut keluar dan jatuh dari ketinggian tebing dan membentuk sebuah air terjun. Volume air terjun ini memang tidak sebesar air terjun yang berasal dari aliran air sungai yang jatuh ke bawah, namun rembesan air yang terjun ke bawah di sini cukup lumayan juga.

Yang menjadi catatan adalah, air terjun di pantai seruni tidak selalu ada. Saat musim kemarau, sumber air yang membuat air terjun ini ikut menjadi kering. Jadi, bila Kamu berkunjung ke lokasi ini pada saat musim kemarau, bisa jadi Kamu tidak akan menemukan gemericik air terjun yang jatuh dari atas tebing.

Di dekat lokasi air terjun ini Kamu juga akan menemukan sebuah Goa yang bisa dimasuki. Goa ini akan terlihat pada saat air laut sedang surut dan menghilang tertelan ombak pantai selatan bila sedang kondisi pasang. Disekitar Goa ini dipasangi pipa paralon yang berfungsi untuk mengalir sumber air tawar guna memenuhi kebutuhan air penduduk setempat.

mulut goa di pantai seruni gunung kidul jogja
mulut goa di pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: dewiaquatica.blogspot.co.id)

Kabar Pembangunan Resor Dan Villa Di Pantai Seruni

Pantai Seruni yang menjadi bagian dari perbukitan gunung kars di pesisir selatan gunung kidul ini cukup menarik minat investor untuk mengembangkan wilayah ini. Tidak tanggung-tanggung, dari informasi yang beredar, akan dibangun sebuah resor dan villa dengan dana mencapai 8 (delapan) milyar rupiah dengan luas lahan mencapai 3 hektar. Pembangunan ini pun sudah mulai dilakukan oleh pihak pengembang sejak januari 2017.

Sayangnya, rencana pengembangan ini mengalami kendalan perizinan dari pemerintah setempat. Kendala perizinan ini bukannya tanpa alasan, daerah perbukitan di sekitar pantai seruni ini memang termasuk dalam Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) yang merupakan wilayang perlindungan geologi.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan
pembangunan resort di pantai seruni gunung kidul jogja
pembangunan resort di pantai seruni gunung kidul jogja. . (foto: Solopos.com)

KBAK di daerah ini mempunyai struktur geologi yang unik dan sebagai pengatur tata air dan penyimpan nilai ilmiah. Pembangunan di area ini dipercaya akan berpengaruh buruk dan berdampak pada kelestarian ekosisitem alam di sekitarnya. Hingga saat ini, masih belum jelas kelanjutan dari proyek ini. Lembaga seperti Walhi (Wahana Lingkungan Hidup) juga memprotes keras rencana pembangunan di area pantai seruni ini.

Trending Lainnya :

[Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul

[Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Seruni

Fasilitas yang ada di pantai seruni ini masih tergolong minim. Hanya terdapat gubug sebagai tempat berteduh dan melepas lelah selama perjalanan menuju ke lokasi ini. Tempat parkir kendaraan dan toilet kamar mandi sudah tersedia juga walau masih “seadanya”. Sudah terdapat Warung di pantai ini, namun juga belum tentu setiap hari buka. Kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar pantai ini antara lain:

panorama dari sisi lain pantai seruni gunung kidul jogja
panorama dari sisi lain pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: dewiaquatica.blogspot.co.id)
  1. Bermain pasir
  2. Bermain ombak
  3. Spot memancing
  4. Bermain air terjun
  5. Berkemah atau camping
  6. Berburu spot foto

Kondisi wisata alam jogja ini memang masih cukup alami. Bagi para pecinta alam, pantai seruni ini bisa menjadi lokasi camping yang asik untuk menghabiskan malam bersama teman-teman di tengah alam yang damai. Sedangkan untuk Tiket Masuk ke Pantai Seruni ini tidak dikenakan biaya karena memang pantai ini belum dikelola secara memadai.

jalan menuju pantai seruni gunung kidul jogja
jalan menuju pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: esteraprillia.com)
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Seruni

Jarak tempuh menuju Pantai Seruni ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Seruni. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Seruni ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Seruni Gunung Kidul dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Seruni
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Seruni
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Eksotisme Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai Seruni Gunung Kidul Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pantai seruni ini masih belum dikembangkan secara maksimal. Kesulitan akses menuju ke lokasi pantai menjadi kendala tersendiri karena jalannya masih belum di aspal. Memang pantai ini belum lama dibuka aksesnya sebagai objek wisata secara umum. Jadi, masih belum banyak promosi yang dilakukan dan pengunjung yang datang pun masih tergolong sedikit.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Seruni Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarta. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

 

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *