[Full Review] Keistimewaan Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

[Full Review] Keistimewaan Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Goodpiknik.com – Gunung Kidul memang mempunyai banyak wisata pantai yang bisa Kamu kunjungi. Kondisi alam yang ada di Gunung Kidul membuat setiap pantai yang ada di wilayahnya mempunyai keunikan tersendiri. Salah satu pantai di gunung kidul yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu, Pantai Suing.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di sekitarnya, Pantai Siung ini mempunyai tebing yang unik loh. Tebing yang ada di pantai siung ini mempunyai kontur yang menantang, sehingga seringkali dijadikan arena panjat tebing para pecinta alam. Cerita mengenai jalur panjat tebing di pantai siung ini sudah mendunia, dan nanti akan kita bahas juga di dalam artikel ini mengenai hal ini. Para climber, silahkan merapat..

Nah, lokasi dari pantai siung ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari Yogyakarta kurang lebih 77 kilometer, cukup lumayan ya kalau dari Jogja. Jarak yang lumayan jauh ini akan terwakili dengan suasana pantai siung, terutama bagi para pemanjat tebing, gak akan rugi. Yuk, kita pelajari bagaimana sejarah atau asal mula dari Pantai Siung ini. Meluncuurr..

Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta dari atas
Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta dari atas. (foto: anekatempatwisata.com)

Sejarah Pantai Siung Yogyakarta

Pantai Siung mempunyai batu karang dengan kondisi yang agak menjorok kelautan. Batu karang yang ini berada di kedua sisi pantai, sehingga kalau dilihat dari atas, akan tampak seperti gigi taring kera atau siung wanara. Bentuk dari batu karang ini yang menjadi dasar dari penamaan pantai ini, yaitu pantai siung. Siung sendiri berasal dari istilah jawa yang berarti gigi taring. Batu karang yang menyerupai siung ini masih bisa dilihat sampai sekarang. Dan diantara batu karang ini terdapat celah yang dialiri air laut, membuat pemandangan alam yang mempesona. Waaw..

Dulu, para penduduk sekitaran pantai ini mempunyai mata pencaharian sebagai petani garam. Tidak banyak dari para penduduk yang berani berlayar mencari ikan karena derasnya ombak pantai selatan ini. Garam yang dihasilkan oleh para penduduk ini, diperdagangkan ke pasar lokal yang ada pada waktu yang bernama Pasar Winangun.

Pasar Winangun ini dahulu merupakan salah satu pusat perdagangan di gunung kidul loh. Akan tetapi pasar ini kemudian diboyong atau dipindah ke yogyakarta dan diberi nama Pasar Jowinangun, yang berarti Jobo Winangun (di luar Winangun). Akibatnya, pasar winangun yang yang asli semakin hari menjadi semakin sepi pembeli, hingga penduduk setempat mulai kebingungan untuk menutupi kebutuhan hidup mereka. *sedihh..

Pada masa-masa susah ini, para penduduk setempat diselematkan oleh keberadaan batu karang atau tebing pantai siung ini. Kejadian ini bermulai pada sekitar tahun 1989, ada sekelompok pecinta alam yang berasal dari jepang datang ke area pantai ini. Mereka melihat keberadaan tebing yang ada di sisi pantai siung ini, dan memanfaatkannya untuk menjadi arena panjat tebing.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Bermula dari itulah, keberadaan tebing di pantai siung ini semakin popular. Dengan jalur panjat tebing yang menantang membuat tebing ini dipakai untuk kejuaraan panjat tebing level Asia pada tahun 1990-an. Kejuaraan ini cukup menarik minat para peserta lomba, dan sejak kejadian itulah pantai siung ini menjadi popular dan mampu mengangkat perekonomian warga sekitar pantai. Ayee..

Potensi yang ada di pantai ini, termasuk arena panjat tebingnya, membuat pemerintah daerah mulai mengembangkan kawasan ini. Dahulu, lokasi pantai siung ini termasuk wilayah terpencil. Jalur untuk menuju ke lokasi inipun agak susah, sehingga tidak banyak orang berkunjung ke lokasi ini. Namun sejak pantai ini dipakai untuk kejuaraan panjat tebing internasional, akses menuju ke lokasi ini pun sedikit demi sedikit diperbaiki.

Berdasarkan informasi, terdapat total 250 jalur pendakian yang ada di tebing pantai siung ini. 250 jalur tersebut memiliki tantangan tersendiri bagi para pemanjat tebing. Ketenaran tebing ini tak jarang membuat para wisatawan asing datang untuk mencoba sendiri jalur panjat tebing tersebut. Sampai sekarang, arena panjat tebing pantai siung ini menjadi jalur panjang tebing terbaik dan menantang di yogyakarta. Mantab.

Pesisir Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta
Pesisir Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta. (foto: IG @ariefgenter)

Gambaran Kondisi Pantai Siung Yogyakarta

Pantai Siung Jogja ini memiliki garis pantai yang lumayan luas dengan pasir putih yang bersih. Pemandangan batu karang yang cukup besar terdapat di sisi pantai siung. Kebanyakan para pengunjung yang datang tertarik untuk mencoba jalur pendakian di tebing pantai ini sambil membawa peralatan camping sendiri. Namun, bagi Kamu yang tidak tertarik dengan kegiatan panjat tebing, Kamu bisa menikmati pesona alam yang ada di sini karena pantai ini juga cukup bersih.

Terdapat beberapa rumah berbentuk panggung yang mampu menampung sekitar 15 orang di dalamnya. Kamu bisa menikmati suasana pantai sambil bersantai di sini, atau sambil menikmati santap makan bersama. Gelombang air laut khas pantai selatan yang menabrak batu karang di sisi pantai ini membuat suara gemuruh dan cipratan air yang tinggi. Hal ini menjadi pemandangan alam yang eksotik dan sayang untuk tidak diabadikan. Siapin kameraaa.

Sedangkan bagi Kamu yang menyukai kegiatan di alam bebas, maka menikmati eksotisme pantai ini dengan camping bersama teman-teman tentu saja akan sangat mengasyikkan. Berkumpul dengan ditemani api unggun dan saling canda bisa menjadi kegiatan yang seru. Kamu bisa memesan ikan laut kepada pedagang yang ada di pantai ini utuk di bakar atau di masak bareng-bareng. Pasti seru tuh, ya kan?

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Greweng Gunung Kidul: Surga Tersembunyi Yang Penuh Misteri

[Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Pada siang hari, cuaca di pantai akan cukup terik. Jadi disarankan Kamu membawa payung atau topi supaya tidak terlalu kepananasan saat berkeliling pantai di siang hari. Semakin ke sisi timur pantai, maka semakin banyak terdapat pohon pandan. Pemandangan laut pantai siung semakin tampak jelas dari sisi timur ini. Terdapat banyak bebatuan yang beradu dengan derasnya ombak laut, jadi hati-hati saat bermain-main di area ini ya.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Apabila ingin melihat pemandangan pantai dan laut lebih jelas lagi, Kamu bisa naik ke bukit di sisi timur pantai siung ini. Terdapat akses jalan setapak yang menuju ke atas bukit karang, hanya saja perlu sedikit berhati-hati ya karena di sisi jalan setapak ini adalah jurang yang lumayan curam. Apalagi saat musim penghujan, jalan setapak ini akan menjadi lebih licin dari biasanya. Perlu kewaspadaan tinggi supaya perjalanan Kamu tetap aman sampai tujuan.

Dari atas bukit ini, panorama laut nan memukau semakin tampak jelas terlihat. Pemandangan di sisi lain pun juga tak kalah indah, yaitu keindahan alam desa setempat dengan tanaman padi yang berada di perbukitan. Sungguh suasana yang menenangkan, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Jangan lupa untuk berselfie dengan background pemandangan alam yang mempesona ini. Tapi awas, teman-teman Kamu bisa iri dengan hasil selfie Kamu di sini. Hehehe..

Suasana di Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta
Suasana di Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta. (foto: Yukpiknik.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Siung Jogja

Saat berkunjung ke wisata alam jogja Pantai Siung ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Toilet
  2. Tempat parkir
  3. Tempat Makan
  4. Mushola
  5. Pendopo

Sedangkan untuk fasilitas penginapan di pantai siung ini sayangnya masih belum tersedia. Jadi, Kamu bisa mencari penginapan di luar pantai ini atau membawa tenda untuk camping di area pantai siung ini. Biasanya ada retribusi IDR 10.000 per Tenda untuk menambah kas pihak pengelola pantai.

Tiket Masuk Pantai Siung ini dikenakan IDR 6.000 / orang. Harga tiket atau retribusi ini bisa berubah sesuai dengan waktu dan kondisi-kondisi tertentu. Sedangkan untuk tarif parkir motor akan dikenai tarif IDR 2.000 sedangkan kendaraan mobil sebesar IDR 5.000. Langsung otewe..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Siung Jogja

Jarak tempuh menuju Pantai Siung ini sekitar 29 Kilometer dari Kota Gunung Kidul atau kurang lebih sekitar 1 Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke pantai siung, gunung kidul. Nah, bagi Kamu yang masih bingun lewat mana rute menuju ke lokasi wisata pantai siung ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smarphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Siung dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Siung
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Siung.
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
Pantai Siung Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Mengunjungi Pantai memang tidak akan pernah membosankan karena pemandangannya yang eksotik dan indah. Apalagi jika pantainya masih belum terlalu ramai pengunjung alias masih alami. Pantai Siung ini bisa menjadi wisata alternatif Kamu dan keluarga atau bersama teman-teman bila mencari suasana pantai yang tidak telalu ramai. Persiapkan segala sesuatunya ya, termasuk perbekalan yang diperlukan supaya acara piknik Kamu menjadi lancar dan mengasyikkan.

Panjat tebing atau wall climbing di Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta
Panjat tebing atau wall climbing di Pantai Siung Gunung Kidul, Yogyakarta. (foto: anekatempatwisata.com)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Siung, Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.