pantai slili gunung kidul jogja
pantai slili gunung kidul jogja. (foto: Jogjaspace.com)

[Full Review] Pantai Slili Gunung Kidul: Pantai Mini Beragam Aksi

Diposting pada

Goodpiknik.com – Membahas pantai di Yogyakarta kurang lengkap rasanya apabila tidak menyinggung kabupaten Gunung Kidul. Justru kabupaten Gunung Kidul ini memiliki stok pantai paling banyak di antara kabupaten lainnya di Yogyakarta. Jadi, apabila Kamu saat ini hanya tahu Pantai Parangtritis saja di Yogyakarta, maka sudah saatnya Kamu mengobrak-abrik artikel kategori pantai di yogyakarta di dalam website ini hehe.

Dari puluhan pantai yang ada di kabupaten Gunung Kidul, terdapat salah satu pantai dengan luas yang tidak terlalu besar tapi cukup asik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Slili. Lokasi Pantai Slili ini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Slili berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai ini memang tidak mempunyai garis pantai sepanjang Pantai Parangtritis, akan tetapi di pantai ini banyak hal menarik yang bisa Kamu temukan. Yuk, langsung saja kita bahas lebih lengkap, cuzz…

eksotisme pantai slili gunung kidul jogja
eksotisme pantai slili gunung kidul jogja. (foto: jpswisata.com)

Gambaran Kondisi Pantai Slili Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Seperti juga ciri khas pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Slili ini mempunyai pemandangan air laut yang bersih dan pasir putih kekuningan yang lembut seperti tepung. Di setiap sisi pantai terdapat bukit kars, khas pegunungan di daerah ini, yang ditumbuhi pepohonan jadi tampak hijau. Bagi Kamu yang belum tahu apa itu bukit kars, istilah ini diadopsi dari bahasa belanda, yaitu karst. Kars atau Karst ini adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan goa. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Pelajaran geografi banget nih hehe..

Garis Pantai Slili kurang lebih sepanjang 100 meter, cukup pendek ya. Tapi jangan salah, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di pantai mini ini. Ada 2 (dua) ciri khas yang ada di Pantai Slili ini, yaitu Bukit Karang Watu Lawang dan Slili Love.

berpose di pantai slili gunung kidul jogja
berpose di pantai slili gunung kidul jogja. (foto: IG @ekohandz)

Bukit Karang Watu Lawang ini sebenarnya adalah batu karang yang berada di seberang pantai dengan ukuran cukup besar. Kalau diperhatikan, yang unik dari bukit karang ini adalah adanya lorong yang berada di bagian bawah karang.  Nah, penampakan lorong ini menyerupai sebuah pintu masuk, sehingga bukit karang ini dinamakan Watu Lawang yang berasal dari istilah Jawa, yaitu Watu (batu) dan Lawang (pintu). Jarak bukit karang ini dari garis pantai sekitar 500 meter dan sementara ini belum ada akses yang mudah untuk menuju ke bukit karang ini.

Baca Juga :  [Full Review] Eksotisme Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Sedangkan Slili Love adalah sebuah spot di Pantai Slili yang sepertinya memang dibuat untuk tujuan spot foto para pengunjung pantai. Spot ini berbentuk hati yang terbuat dari plastik dengan tambahan bangku taman di depannya dan bertuliskan Slili Beach di bagian tengah atas. Bentuk ini dihiasi pernak-pernik yang mempercantik tampilan spot photo ini. Bagi Kamu yang mencari spot photo pre-weding yang unik, mungkin lokasi ini bisa masuk ke dalam daftar spot foto Kamu.

Kondisi Pantai Slili memang tidak terlalu ramai dan masih sedikit sepi pengunjung. Namun, kondisi pantai ini sedikit ramai saat menjelang musim tanam tiba. Pada musim itu, diadakan pesta adat oleh penduduk setempat yang dikenal sebagai Sadranan atau Nyadran. Ya, lokasi ini memang masih dijadikan tempat untuk pesta laut menyambut musim tanam tiba. Tapi prosesi adat nyadran ini hanya dilakukan setahun sekali saja. Masyarakat percaya bahwa proses sedekah laut atau nyadran ini dapat membantu memberikan keselamatan dan hasil panen yang melimpah tentu dengan Izin Tuhan YME. Apabila Kamu beruntung, Kamu bisa ikut menyaksikan sedekah laut yang diadakan rutin oleh masyarakat sekitar pantai ini.

kondisi pasir pantai slili gunung kidul jogja
kondisi pasir pantai slili gunung kidul jogja. (foto: panduanwisatajogja.com)

Apabila Kamu datang ke Pantai Slili pada musim kemarau, air laut di sini akan sedikit surut dan berubah warna menjadi kehijauan. Warna kehijauan ini disebabkan oleh tumbuhan rumput laut yang memang banyak tumbuh di area pantai ini. Apabila ombak sudah surut dan rumuput laut mulai kelihatan, penduduk setempat berbondong-bondong untuk mencari rumput laut ini untuk dijual. Selain rumput laut, para penduduk biasanya juga sekalian mencari udang dan jenis kerang-kerangan untuk dijual maupun di masak sendiri.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Slili

Saat berkunjung ke Pantai Slili ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai wisata jogja ini yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Gazebo/ Gubuk

Menikmati panorama Pantai Slili bisa Kamu lakukan sambil berteduk dibawah gubuk bambu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Saat ini, Kamu boleh bebas menggunakan gubug tersebut tanpa dikenakan tarif sewa tertentu. Lokasi gubug ini berdekatan dengan warung makan yang ada pantai slili. Sehingga Kamu pun bisa sekalian mengisi perut yang lapar dengan memesan menu makanan yang ada warung terdekat. Sedaapp…

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta
gazebo atau gubuk di pantai slili gunung kidul jogja
gazebo atau gubuk di pantai slili gunung kidul jogja. (foto: naturalsunrisetour.com)
  1. Kamar Mandi dan Toilet

Tersedia fasilitas kamar mandi dan toilet di pantai slili ini. Untuk menggunakan fasilitas ini, Kamu akan dikenai tarif seperti pada umumnya.

  1. Tempat Parkir

Tidak perlu khawatir mencari lokasi parkir karena sudah disediakan tempat parkir dan dijaga oleh petugas setempat. Tarif parkit untuk kendaraan roda dua di pantai slini adalah IDR 2.000, untuk kendaraan roda empat sebesar IDR 5.000.

  1. Warung Makan

Terdapat berbagai pilihan warung makan yang bisa Kamu tuju dengan berbagai menu yang variatif. Menu utama di warung makan di sini adalah sea food hasil dari laut setempat. Tidak lengkap kan kalau berkunjung ke pantai tapi tidak menikmati masakan hasil lautnya. Jadi, langsung pesan saja ya, tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah.

  1. Penginapan Pantai Slili

Bagi Kamu yang berniat bermalam di pantai ini, terdapat penginapan bernama Puri Thalasso di sisi barat watu lawang adventure resort dengan tarif yang lumayan murah. Ada pula penginapan yang berada di atas bukit dengan pemandangan yang cukup menawan. Berdasarkan informasi, tarif penginapan di atas bukit hanya IDR 250.000 sekali check in.

Atau bagi Kamu yang berpetualang untuk lebih dekat ke alam, Kamu diperbolehkan mendirikan tenda di lokasi pantai slili ini. Jadi, cukup seru kan bermalam di tenda bersama teman-teman atau keluarga.

  1. Sewa Peralatan Snorkeling

Para penikmat Snorkeling bisa menyewa peralatannya loh di sini dengan merogoh kocek hanya IDR 35.000 saja. Hanya saja spot untuk melakukan kegiatan Snorkeling ini tidak berada di Pantai Slili karena posisi air lautnya yang dangkal sehingga tidak ada terumbu karang yang berkembang di sini. Jadi, Kamu akan di antarkan ke lokasi Snorkeling di pantai sebelahnya, yaitu Pantai Sadranan.

Sedangkan untuk tiket masuk ke Pantai Slili Gratis selama Kamu mempunyai “tiket terusan” dari pantai-pantai sekitarnya. Pantai Slili ini masuk ke dalam jajaran pantai yang bisa Kamu kunjungi dengan hanya membeli satu kali tiket. Tiket terusan ini pun dipatok cukup murah, yaitu hanya IDR 10.000 saja dan bisa dipakai untuk masuk ke beberapa pantai. Asyik kan?

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Slili


Jarak tempuh menuju Pantai Slili ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Slili. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Slili ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Slili dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Slili
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Slili
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Krakal Yang Semakin Dilirik Wisatawan
Pantai Slili Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Pantai Slili memang belum seterkenal pantai yang ada di sebelahnya dan masih cukup sepi pengunjung. Namun, sepinya pengunjung ini justru bisa menjadi alternatif bagi Kamu yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa terlalu banyak gangguan. Dengan segala yang ada di Pantai Slili, walaupun mini tapi beragam aksi dapat Kamu lakukan di objek wisata yang satu ini. Jadi, tidak ada salahnya Kamu mampir dan mengambil kenang-kenangan dengan berselfie ria di Slili Love.

spot foto slili love di pantai slili gunung kidul jogja
spot foto slili love di pantai slili gunung kidul jogja. (foto: IG @pantaislili)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Slili Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *