[Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta

Diposting pada

Goodpiknik.com – Saat berpiknik ke area pantai di Gunung Kidul, maka Anda jangan sampai melewatkan pantai yang mempunyai pemandangan lumayan mengasyikkan ini, yaitu Pantai Sundak. Pantai Sundak ini termasuk salah satu dari deretan pantai yang ada di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini memiliki kisah yang menarik loh dari penentuan nama Sundak itu sendiri, sampai kejadian geologis yang menyertainya.

Lokasi dari pantai sundak ini berada di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berada tidak jauh dari objek wisata lain di Gunung Kidul, yaitu di Pantai Kukup. Jadi, bila anda berwisata ke pantai ini bisa sekalian berkunjung ke lokasi wisata pantai kukup sekalian. Asik kan? Nah, bagaimana sih kisah yang ada di pantai ini dan bagaimana kondisi pantainya, yuk langsung kita simak.. cuzz..

pantai sundak gunung kidul, yogyakarta
pantai sundak gunung kidul, yogyakarta. (foto: blog.reservasi.com)

Kisah Asal Muasal Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak Gunung Kidul ini menyimpan cerita yang masih populer di masyarakat sampai sekarang. Bisa di katakana, pantai ini meyimpan berkah tersendiri bagi penduduk sekitanya. Berdasarkan sejarah geologisnya, Pantai ini terbentuk belum terlalu lama, yaitu setelah tahun 1930. Wilayah Pantai Sundak ini dulunya masih terendam air laut dan belum terbentuk pantai. Yang ada pada waktu itu hanyalah batu karang saja. Sampai kemudian, peristiwa alam atau aktivitas geologis yang ada membuat garis permukaan air laut menjadi menyusut. Akibat dari peristiwa tersebut, muncul daratan baru disekitaran batu karang yang menjadi lokasi aktivitas warga sampai saat ini. Kondisi batu karang ini masih dapat terlihat sampai sekarang dengan ketinggian sekitar 12 meter.

Sebelum berubah nama menjadi Pantai Sundak, tempat wisata di jogja ini dulunya bernama Pantai Wedi Bedah. Penamaan Pantai ini pun juga efek dari aktivitas geologis pada saat itu. Nama Wedi Bedah sendiri berasal dari istilah bahasa Jawa yang berarti Wedi (Pasir) dan Mbedah (Terbelah). Dulu, setiap musim penghujan, banyak air yang yang mengalir dari daratan menuju lautan. Akibatnya, terdapat sebuah pola aliran air yang membelah (Mbedah) pasir pantai. Fenomena pasir terbelah (Wedi Mbedah) ini hanya terjadi pada saat musim hujan saja, dan akan hilang pada saat musim kemarau. Kejadian inilah yang membuat penduduk setempat menamakan lokasi ini menjadi Pantai Wedi Bedah. Hmmm.. *ngangguk-ngangguk

Nama Pantai Wedi Bedah bertahan cukup lama, sampai ada sebuah kejadian unik yang membuat pantai ini berubah nama menjadi Pantai Sundak. Berdasarkan cerita dari penduduk setempat, kisah ini katanya terjadi pada tahun 1976. Belum lama sih..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul

Pada suatu hari, ada seekor anjing yang kelaparan dan sedang berburu makanan di sekitaran pantai wedi bedah. Saat sedang mencari mangsa inilah, anjing tersebut bertemu dengan seekor landak laut. Karena merasa terancam, landak laut itu pun berlari menyelamatkan diri dengan masuk ke sebuah gua yang ada di salah satu batu karang.

Tidak tinggal diam, si anjing pun ikut masuk ke dalam gua untuk mendapatkan buruannya. Singkat cerita nih (perkelahian hewan disensor***), landak laut itu pun berhasil dikejar dan dimangsa sebagian tubuhnya oleh anjing tersebut. Saat keluar dari gua inilah, anjing yang masih membawa setengah dari tubuh landak tersebut ditemukan oleh pemiliknya. Hanya saja, si pemilik anjing tadi heran melihat tubuh anjingnya yang basah kuyup terkena air. Sedangkan pada saat itu, para penduduk masih belum mengetahui apa yang ada di dalam gua tersebut dan menganggap gua tersebut tidak ada apa-apanya.

Kondisi penduduk yang saat itu sedang kesusahan sumber mata air pun membuat pemilik anjing yang bernama Arjasangku ini menjadi penasaran. Dengan ditemani beberapa warga setempat, mereka mulai mencari tahu apa yang membuat anjing tersebut menjadi basah kuyup. Dan memang benar harapan warga setempat, mereka akhirnya menemukan sumber mata air di dalam gua tersebut. –horee..

Penemuan sumber mata air ini menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar melihat kondisi yang sedang kekurangan sumber air. Hingga kini, sumber mata air itu pun masih dimanfaatkan warga untuk keperluan sehari-hari dengan memasang pipa menuju lokasi penduduk setempat.

Nah, atas dasar kejadian itulah sekaligus untuk mengenang kisah anjing dan landak tadi, nama pantai wedi bedah inipun berubah menjadi Pantai Sundak. Nama Sundak ini merupakan istilah dari Asu (Anjing) dan Landak yang digabung menjadi Sundak. Pantai Sundak sampai sekarang pun masih membawa berkah bagi penduduk sekitarnya dengan menjadi salah satu objek wisata alam di yogyakarta.

Panorama pantai sundak gunung kidul, yogyakarta
Panorama pantai sundak gunung kidul, yogyakarta. (foto: rentalmobilyogyakarta.net)

Gambaran Kondisi Pantai Sundak Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Alam Di Yogyakarta

Gunung Kidul yang menjadi bagian dari wilayah Yogyakarta memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam, terutama Pantai yang indah nan eksotis, salah satunya ya pantai sundak ini. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan, Pantai Ini tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga Anda bisa menikmati suasana pantai dengan lebih leluasa. Eh, kecuali hari libur bersama sih..

Baca Juga :  [Full Review] Mengintip Pesona Pantai Ngandong Di Gunung Kidul

Tedapat kendaraan umum (Bus) untuk menuju ke lokasi pantai sundak ini, hanya saja bus yang melintas ke jalur ini masih terbatas armadanya. Kamu bisa naik bus berangkat dari Terminal Giwangan Jogja, kemudian pindah atau oper bis ke jurusan pantai baron saat tiba di pasar wonosari. Total perjalanan yang akan Kamu tempuh kurang lebih 2 jam. Apabila Kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Google maps yang akan dijelaskan di bagian bawah artikel ini.

Trending Lainnya : [Full Review] Eksotisme Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai sundak terkenal dengan kebersihan pasirnya. Terdapat batu karang yang menghiasi setiap sisi pantai ini. Sundak memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dan ombak yang cukup besar khas kondisi pantai laut selatan. Jadi, sangat disarankan untuk berhati-hati bila Kamu bermain air di pantai ini. Ombak yang datang terkadang tidak dapat diprediksi, bisa saja ombak tiba-tiba menggulung dengan lumayan besar, sehingga cukup kuat untuk menyeret para pengunjung yang tidak berhati-hati. Waspada yaa..

Air laut juga tampak bening dan bebas dari sampah. Komitmen pengelola dalam menjaga kebersihan pantai ini cukup bisa diapresiasi. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment Kamu di pantai ini. Apalagi saat sore hari, pantai sundak akan menawarkan panorama pantai yang cukup menawan. Sangat sayang bila tidak diabadikan menjadi potret yang menarik. Jepreet!

Sunset di pantai sundak gunung kidul, yogyakarta
Sunset di pantai sundak gunung kidul, yogyakarta. (foto: initempatwisata.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Sundak Gunung Kidul

Saat berkunjung ke pantai sundak ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola walaupun kurang begitu lengkap sih. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Fasilitas kamar mandi dan mushola
  2. Fasilitas parkir
  3. Fasilitas gubug untuk berteduh
  4. Fasilitas kedai makan

Sedangkan untuk penginapan di area pantai sundak ini belum tersedia. Apabila Kamu berniat untuk menginap, Kamu bisa mencari penginapan di pantai kukup, pantai krakal dan pantai baron yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai ini. Atau bagi yang suka tantangan, Kamu diperbolehkan membawa tenda sendiri kok. Seru kan..

Tiket masuk ke area pantai sundak Gunung Kidul, Jogja ini hanya dipatok sebesar IDR 10.000 saja per orang. Harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan hari-hari tertentu. Pantai ini sudah dibuka mulai pukul 05.00 WIB.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Sundak

Jarak tempuh menuju Pantai Sundak ini sekitar 27 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka akan memerlukan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Sundak. Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Sundak ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Sundak dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Sundak
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Sundak
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang
Pantai Sundak Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi
Ombak di pantai sundak gunung kidul, yogyakarta
Ombak di pantai sundak gunung kidul, yogyakarta. (foto: wikiwisata.com)

Dengan segala panorama, cerita sejarah dan segala hal yang ditawarkan oleh pantai sundak ini, jadi sayang kalau dilewatkan loh. Sekali waktu mungkin perlu Kamu coba untuk camping di pantai ini dengan menyalakan api unggun dan bakar ikan bersama teman-teman. Sambil menikmati suasana malam pantai yang eksotik, ditemani petikan gitar dan senda gurau bersama teman, bukankah hal ini akan menjadi sebuah memori yang mengasyikan. Bahkan bisa akan terus dikenang sampai tua nanti. Hik,jadi terharu..

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Sundak gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.  Selamat berpiknik ria..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *