pantai timang gunung kidul jogja

[Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang

Goodpiknik.com – Bagi Kamu yang suka berburu lokasi-lokasi wisata yang belum banyak diketahui orang, mungkin ada baiknya Kamu menyusuri pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari puluhan pantai pantai yang ada di kabupaten yang terkenal dengan makanan khas belalang ini, terdapat beberapa pantai yang memang belum banyak dikenal para wisatawan, yaitu Pantai Timang.

Lokasi Pantai Timang ini berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya bukanlah objek wisata unggulan dari pemerintah daerah setempat, tapi bukan berarti pantai ini tidak memiliki daya tarik sama sekali dibanding pantai yang lain. Justru Pantai Timang ini memiliki tantangan yang bisa menguji adrenalin Kamu saat berkunjung ke sana. Gak usah lama-lama, langsung saja kita bahas yuk..

panorama pantai timang gunung kidul jogja
panorama pantai timang gunung kidul jogja. (foto: gotogunungkidul.com)

Gambaran Kondisi Pantai Timang Sebagai Obyek Wisata Di Jogja

Perlu diketahui sebelumnya, untuk mencapai Pantai Timang ini sedikit diperlukan usaha. Akses jalan menuju lokasi ini agak terjal dan berbatu sehingga kita perlu lebih berhati-hati. Saat tiba di lokasi ini, Kamu akan disuguhi pemandangan layaknya pantai-pantai yang lain dengan pasirnya yang berwarna putih bersih di bibir pantai, dan di Pantai Timang ini juga banyak ditemukan tumbuhan pandan loh.

Saat berkunjung ke Pantai Timang, Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke beberapa Pantai yang ada di sekitarnya, seperti Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Ngetun. Semua Pantai tersebut lokasinya tidak terlalu jauh, jadi bisa ditempuh dalam sekali jalan.

berfoto di gondola atau kereta gantung pantai timang gunung kidul jogja
berfoto di gondola atau kereta gantung pantai timang gunung kidul jogja. (foto: phinemo.com)

Pantai Timang ini mulai dikenal para wisatawan melalui kisah cerita perjuangan penduduk setempat dalam mencari hasil laut, yaitu Lobster. Habitat lobster ini berada di seberang pantai dan berada di sebuah “pulau” batu karang yang terjal dan curam bernama Pulau Watu Panjang. Jarak antara batu karang dan pinggir pantai terdekat kurang lebih 150 meter. Lalu, muncul ide untuk membangun sebuah gondala atau kereta gantung yang bisa dipakai penduduk untuk menuju Pulau Watu Panjang yang berada di seberangnya dengan mudah.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngobaran, Nuansa Bali Di Yogyakarta

Ternyata, Gondola atau kereta gantung buatan penduduk tersebut dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung dan ikut mencoba merasakannya. Hanya saja, yang perlu diketahui adalah saat mencoba gondala atau kereta gantung ini, resiko ditanggung masing-masing loh. Tidak ada jaminan maupun asuransi apapun yang menanggung keselamatan Kamu. Tidak ada kru penyelamat, semua resiko benar-benar ditanggung penumpang.

Gondala atau kereta gantung di Pantai Timang ini terbuat dari tali tambang, bukan tali sling karena tali tambang dianggap lebih tahan dari korosi air laut. Masing-masing penahan gondala di titik start dan finish gondola ini terbuat dari kayu.  Untuk meluncur, gondala ini akan ditarik oleh beberapa orang secara manual, tidak pakai mesin. Semangat masss…

Tidak semua orang yang berkunjung ke wisata jogja satu ini berani mencoba gondola ini. Meluncur di antara dua tebing dan berada di atas laut dengan ombak yang besar benar-benar memicu adrenalin. Apalagi angin yang bertiup di pantai timang ini cukup kencang, jadi bagi yang mempunyai masalah dengan jantung, disarankan untuk tidak mencoba fasilitas gondola atau kereta gantung ini, hehe.

gondola pantai timang ditarik tenaga manusia
gondola pantai timang ditarik tenaga manusia. (foto: viva.co.id)

Jembatan Gantung Sebagai Fasiltas Baru Di Pantai Timang Jogja

Setelah Gondala atau kereta gantung di Pantai Timang ini cukup menarik minat wisatawan untuk datang dan mencoba, sekarang ada lagi wahana baru selain gondola yang tidak kalah menantang, yaitu Jembatan Gantung.

Jembatan Gantung Pantai Timang ini dibuat dengan cukup sederhana menggunakan tali tambang, senar dan papan kayu. Papan kayu di gunakan sebagai alas berpijak saat menyeberang menggunakan jembatan gantung ini.

jembatan gantung pantai timang gunung kidul jogja
jembatan gantung pantai timang gunung kidul jogja. (foto: tokoilmukita.blogspot.co.id)

Coba Kamu bayangkan, menyeberang dengan jembatan gantung yang terbuat dari rangkaian tali tambang dengan alas kayu yang dibawahnya adalah laut dengan ombak besar yang bergemuruh. Ngeri gak sih? Hehe..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Seruni Gunung Kidul: Pesona Air Terjun Yang Tidak Biasa

Loh, Belum ngeri?.. oh, angin di Pantai ini akan ikut menggoda Kamu dengan mengombang-ambingkan jembatan gantung ini. Kamu harus benar-benar bernyali untuk menyeberang menggunakan jembatan gantung ekstrim ini. Cobain deh, nanti cerita ya bagaimana rasanya? Hehe..

Tak jarang, para pengunjung hanya kembali lagi setelah berjalan beberapa meter melalui jembatan gantung di Pantai Timang ini. Ngerii, gak berani lanjut. Apalagi yang takut ketinggian tuh, pasti gemetaran. Walaupun jembatan gantung ini diklaim cukup kuat menahan beban di atasnya, tetapi tetap saja tidak semua pengunjung berani untuk menyeberang. Jadi, bagaimana dengan Kamu?

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Timang Gunung Kidul

siap meluncur di gondola atau kereta gantung pantai timang gunung kidul jogja
siap meluncur di gondola atau kereta gantung pantai timang gunung kidul jogja. (foto: travel.idntimes.com)

Tidak banyak fasilitas yang ada di lokasi ini. Penginapan di pantai timang ini pun juga belum tersedia dan memang sangat jarang pengunjung yang menginap di Pantai ini. Fasilitas Utama dari Pantai Timang ini ya Gondola atau kereta gantung serta Jembatan Gantung yang bisa dicoba para pengunjung yang datang. Tarif masing-masing wahana ini adalah sebagai berikut:

  • Tarif atau Tiket Gondola atau Kereta Gantung Pantai Timang adalah IDR 150.000 untuk sekali PP (Berangkat & Kembali).
  • Tarif atau Tiket Jembatan Gantung di Pantai Timang dikenakan IDR 100.000 per orang.
  • Sedangkan, untuk tiket masuk ke Pantai Timang ini dikenakan tarif IDR 5.000 per orang.
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Timang Gunung Kidul


Jarak tempuh menuju Pantai Timang ini sekitar 34 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam perjalanan. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Timang. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Timang ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Timang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Timang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Timang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta
Pantai Timang Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Belum begitu banyak Traveller yang tahu akan objek wisata Pantai Timang ini karena memang promosi yang dilakukan belumlah terlalu lama dan masif. Bagi Kamu yang mau berkunjung ke lokasi ini, tidak ada salahnya Kamu mengambil Gambar atau Video untuk membatu promosi lokasi wisata ini. Dijamin, keseruan dalam menaiki Gondola dan Jembatan Gantung ini akan membuat teman-teman Kamu berkomentar dan memuji keberanian Kamu. Itu kalau Kamu berani naik sih hehe..

spot foto pantai timang gunung kidul jogja
spot foto pantai timang gunung kidul jogja. (foto: direktoriperjalanan.blogspot.co.id)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Timang Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.