GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

pantai wediombo gunung kidul, jogja.

[Full Review] Pantai Wediombo Gunung Kidul, Wisata “All In One”

Goodpiknik.com – Kalau Kamu mengira pantai di Jogja itu hanya Pantai Parang Tritis, maka nilai Kamu adalah NOL, karena salah hehe. Terdapat puluhan pantai tersebar di pesisir selatan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Wilayah Jogja yang mempunyai pantai paling banyak adalah Kabupaten Gunung Kidul.

Setiap pantai di jogja menawarkan keindahan masing-masing sesuai ciri khasnya, ada yang pantai untuk surfing, pantai untuk snorkeling, pantai yang aman untuk berenang maupun pantai dengan panorama alam yang memukau. Nah, bagi Kamu yang ingin menikmati keindahan dan fasilitas pantai tersebut, Kamu tidak perlu mendatangi setiap pantai yang ada di jogja satu persatu. Ada sebuah pantai yang menawarkan segala macam fasilitas tersebut, yaitu Pantai Wediombo. Wuih..

Lokasi Pantai Wediombo ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini kalau di telusur juga masih dalam satu baris dengan pantai Gunung Kidul lainnya, seperti Pantai Sadranan dan Pantai Baron. Namun, Pantai Wediombo menjadi pantai yang menawarkan kegiatan piknik di pantai yang lengkap atau “All In One”. Langsung simak reviewnya nih..

pantai wediombo gunung kidul, jogja.
pantai wediombo gunung kidul, jogja. (foto: IG @tetiana.melnyk.ua)

Gambaran Kondisi Pantai Wediombo Sebagai Obyek Wisata Yogyakarta

Bila kegiatan Kamu saat mengunjungi pantai adalah bermain pasir dan ombak lalu lanjut dengan makan makanan khas pantai, maka Kamu perlu untuk mengunjungi Pantai Wediombo di Gunung Kidul ini. Sebagai salah satu pantai yang (mari kita sebut) all in one, pantai wedi ombo menawarkan berbagai kegiatan seru dan menarik.

Pantai Wediombo memang berbeda dengan pantai lain di Yogyakarta, posisi pantai ini yang menghadap ke barat dan kondisi pantai yang seperti teluk membuat ombak yang datang tidak seganas pantai selatan lainnya. Karakteristik ombak yang “jinak” ini pun langsung di buru oleh para surfer atau peselancar sejak beberapa tahun belakangan.

Wediombo sendiri berasal dari istilah Jawa yang berarti pasir yang luas (wedi = pasir / ombo = luas). Kondisi pasir di pantai wediombo ini cukup bersih dan berwarna putih kekuningan. Sesuai dengan namanya, garis pantai di pantai wediombo cukup panjang. Terdapat tebing besar di kedua sisi pantai yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi sangat eksotik dan alami.

Tidak hanya menawarkan ombak yang stabil untuk berselancar, pemandangan di bawah laut pantai wediombo ini juga menakjubkan.  Berbagai macam terumbu karang yang indah menjadi rumah bagi para biota laut yang ada di sini. Kondisi ini dimanfaatkan oleh pengelola untuk menambah salah satu kegiatan pantai yang mengasyikkan, yaitu Snorkeling.

Trending Lainnya :

[Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”

[Full Review] Pantai Sadranan, Surga Snorkeling Di Beningnya Laut Selatan Gunung Kidul

Daaan, masih ada lagi kegiatan yang bisa Kamu lakukan di pantai ini selain berseluncur dan bersnokeling, yaitu memancing. Banyak ikan berukuran besar ada dipantai ini, salah satunya ikan cucut atau ikan panjo. Spot memancing di sini berada di sekitar bukit karang, sehingga memerlukan sedikit kehati-hatian ya saat memancing. Bagi Kamu penggemar kegiatan memancing (mancing ikan ya, bukan kerusuhan hihi), maka spot mancing disini tidak boleh Kamu lewatkan. Bahkan, spot memancing di Pantai Wediombo ini pernah dipakai untuk lokasi syuting salah satu acara memancing di stasiun TV swasta. Keren ya.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Timang Gunung Kidul: Gondola Dan Kereta Gantung Yang Menantang

Tidak hanya cukup sampai di situ, kalau Kamu tidak tertarik untuk melakukan Surfing, Snorkeling maupun Mancing, maka Kamu bisa bermain air atau berenang di pantai wediombo ini. Dan tidak usah khawatir, berenang di lokasi ini tidak terlalu beresiko terseret ombak laut yang ganas, karena ada sebuah lokasi yang berbentuk -kolam renang alami- dengan air yang tenang. Kolam renang alami ini berada di sisi selatan pantai ya. Air yang tenang di kolam ini disebabkan karena disekitar kolam tersebut terdapat baru-baru karang, sehingga saat air laut surut akan berbentuk menyerupai kolam air alami dan dapat dipakai untuk berenang. Dijamin seru banget deh.

Selain berbagai kegiatan di atas, ada satu lagi pemandangan eksotis yang bisa Kamu dapatkan saat berkunjung ke Pantai Wediombo dikala sore hari, yaitu SUNSET. Ya, Kamu bisa mendapatkan panorama sunset di pantai wisata jogja ini dengan jelas sekali. Hal ini karena posisi pantai yang menghadap ke barat, bukan ke selatan. Sehingga pemandangan sunset yang indah dengan nuansa pantai dan batu karang yang kokoh akan membuat nuansa sore Kamu menjadi menakjubkan. Jangan lupa untuk mengabadikan moment sunset ini ya, siapkan kamera Kamu.

Coba kita list lagi apa yang bisa Kita dapatkan di Pantai Wediombo ini ya. 1. surfing, 2. snorkeling, 3. memancing, 4. renang di kolam alami, 5. panorama sunset. Masih kurang?  Mainin pasir, mainin layangan, mainin pacar, eh.. yang terakhir DILARANG!!

panorama pantai wediombo gunung kidul, jogja.
panorama pantai wediombo gunung kidul, jogja. (foto: triptrus.com)

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Di Pantai Wediombo Wonosari, Gunung Kidul

Saat berkunjung ke Pantai Wediombo ini, terdapat fasilitas bagi para pengunjung pantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Surfing

Tidak harus mahir dahulu untuk melakukan surfing di Pantai Wediombo ini, karena ada kursus singkat belajar surfing yang disediakan oleh teman-teman WOSS (Wediombo Surfing Society). Dengan harga IDR 100.000 saja, Kamu akan diajari berbagai teknik dasar surfing selama kurang lebih 1,5 jam. Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa papan seluncur, pemandu dan foto. Jadi, tidak perlu banyak pertimbangan lagi, langsung aja meluncur di atas papan selancar. Jangan lupa bergaya yang keren untuk dipamerkan ke teman-teman Kamu yaa.

  1. Snorkeling
Baca Juga :  [Catat] Daftar 5 Pantai di Jogja Terbaik Selain Parangtritis yang Bisa Anda Kunjungi

Di Pantai Wediombo, Kamu tidak perlu repot membawa peralatan Snorkeling dari rumah karena di lokasi ini pun juga ada jasa sewa peralatan Snorkeling. Terdapat 2 spot lokasi snorkeling yang ditawarkan oleh pantai wediombo. Yang pertama berada dekat dengan pantai, dan yang kedua berada agak ke tengah laut. Biaya sewa peralatan Snorkeling yang dipatok adalah IDR 30.000 untuk lokasi spot di dekat pantai dan IDR 80.000 untuk lokasi agak ke tengah. Kamu akan dinaikkan perahu dahulu menuju ke spot snorkeling tengah laut ini dan minimal peserta adalah 6 orang.

  1. Berenang di kolam alami

Masih ada loh pengunjung yang tidak tahu kalau Pantai Wediombo mempunyai kolam alami yang bisa dipakai untuk berenang. Jadi, Kamu pas banget baca review ini hehe. Nanti, saat Kamu berkunjung ke lokasi ini, jangan lupa di abadikan spot renang di kolam alami ini ya. Itung-itung sekalian kita bantu promosi wisata kita. Ohya, hati-hati saat berenang di kolam alami ini saat air laut sedang pasang. Karena ombaknya lumayan besar. Kedalaman kolam renang alami ini kurang lebih sekitar 1,5 meter. Jangan lupa bawa baju ganti kalau ke sini ya, Geraatiss..

  1. Spot Sunset

Ini nih, bagi para pemburu selfie dan spot foto menarik. Datanglah ke pantai Wediombo pada sore hari untuk mendapatkan spot foto Sunset. Cukup jelas sunset yang bisa Kamu dapatkan dari pantai ini, apalagi saat bulan Nov-mei karena posisi matahari lebih ke selatan. Jadi, siapkan kamera Kamu ya.

  1. Mancing

Tidak perlu dibahas panjang lebar lagi karena sudah di bahas di atas. Jadi, wahai para mancing mania, siapkan perlatan tempur Kamu, lalu segera meluncur lokasi Wediombo. Jangan lupa untuk berdoa sebelum memancing ya, semoga dapat rejeki ikan yang banyaak. Aamiin..

  1. Camping

Bagi yang mau menginap dipantai Wediombo, sudah disiapkan jasa sewa tenda untuk kapasitas 4 (empat) orang dengan tarif IDR 35.000. Sekali waktu, mungkin bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk bermalam di pantai bersama teman-teman atau keluarga dengan mendirikan tenda sendiri. Camping tidak melulu harus di gunung bukan? Cobalah sekali-kali camping dipantai.. Tidak kalah serunyaa..

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Nglambor Gunung Kidul: Snorkeling Dengan “Dua Kura Raksasa”

Untuk fasilitas lainnya yang ada di pantai wediombo ini, antara lain:

  • Parkir motor dan mobil (kendaraan bisa menginap)
  • Sewa Motor Trail IDR 100.000
  • Sewa Body Boot IDR 20.000
  • Sewa Payung IDR 15.000

Sedangkan untuk Tiket Masuk Pantai Wediombo dikenakan tarif IDR 5.000 saja per orang. Murah meriah..

kolam renang alami di pantai wediombo gunung kidul, jogja.
kolam renang alami di pantai wediombo gunung kidul, jogja.(foto: brobali.com)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pantai Wediombo

Jarak tempuh menuju Pantai Wediombo ini sekitar 35 Kilometer dari Kota Wonosari atau kurang lebih sekitar 1 Jam. Bagi Kamu yang berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Kamu akan memerlukan kurang lebih 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Wediombo. Nah, bagi Kamu yang masih bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pantai Wediombo ini, Kamu cukup menggunakan bantuan dari Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pantai Wediombo dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pantai Wediombo
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pantai Wediombo
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.

Pantai Wediombo Menjadi Tempat Wisata Alam Yogyakarta Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Segala fasilitas dan kondisi alam yang ada di pantai wediombo ini memang paling komplit dibanding dengan pantai lainnya di daerah gunung kidul, jogja. Tidak heran, semakin tahun, pantai ini semakin banyak dikunjungi oleh para traveler dari berbagai daerah. Pada akhirnya, pantai wediombo menjadi salah satu destinasi wisata pantai di jogja yang “All In One”.

surfing di pantai wediombo gunung kidul, jogja.
surfing di pantai wediombo gunung kidul, jogja. (foto: IG @go.wediombo)

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata Yogyakarta, yaitu Pantai Wediombo Gunung Kidul. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Yogyakarya. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Leave a Reply