suasana malam di pasar semawis pecinan semarang

[Full Review] Pasar Semawis Semarang, Tempat Kuliner Yang Selalu Meriah

Goodpiknik.com – Setelah capek berkegiatan atau berwisata di Kota Semarang pada siang hari, sekarang waktunya kita wisata kuliner di malam hari, yes makan-makan hehe. Salah satu lokasi berburu makanan atau kuliner yang wajib Kamu coba saat di kota Semarang adalah Pasar Semawis. Ya, pasar semawis pada malam hari akan berubah wajahnya menjadi festival kuliner yang selalu dipadati pengunjung.

Lokasi atau alamat Pasar Semawis ini berada di gang Warung, Kawasan Pecinan, Semarang. Tidak setiap malam festival kuliner ini ada, Kamu hanya bisa menemukannya pada setiap akhir pekan, yaitu selama hari Jumat s/d Minggu pada jam 18.00 – 23.00 WIB. Bagaimana suasana tempat dengan ratusan jenis kuliner ini pada saat buka, yuk langsung simak ya..

mempersiapkan pesanan di pasar semawis pecinan semarang
mempersiapkan pesanan di pasar semawis pecinan semarang. (foto: beritagar.id)

Surga Kuliner Di Semarang Itu Ada Di Pasar Semawis

Para pedagang di Pasar Semawis ini sebagian besar menggunakan tenda sebagai lapak kulinernya. Berbagai macam jenis masakan bisa Kamu temukan di lokasi ini, karena jumlah warung tenda yang ada lebih dari 100 buah. Tinggal pilih yang mana yang sesuai dengan kondisi permintaan perut kita mak nyuss…

tenda para penjual berjejer di pasar semawis pecinan semarang
tenda para penjual berjejer di pasar semawis pecinan semarang. (foto: Lihat.co.id)

Bagi yang membawa kendaraan pribadi ke pasar semawis, lokasi parkir kendaraan bisa di daerah Benteng, Gang Pinggir dan Gang Besen atau Gang lain di daerah yang dekat dengan pasar. Hal ini karena Gang Warung yang dijadikan tempat untuk menggelar parade kuliner ini ditutup untuk kendaran, sehingga Kamu harus jalan kaki selama berburu kuliner di Pasar Semawis. Itung-itung olah raga sebelum mengisi perut hihi.

Gang Warung tempat wisata kuliner di semarang ini mempunyai panjang kurang lebih 200 meter. Sejarah dari adanya Pasar Semawis ini bermula saat peringatan 600 tahun Laksamana Cheng Ho di Semarang, yaitu pada tahun 2004, jadi belum terlalu lama yah. Nah, peringatan tersebut dilangsungkan selama 3 hari menjelang Hari Raya Imlek dengan menggelar festival makanan dan jajanan. Melihat antusias warga Semarang pada saat festival tersebut, maka pada tahun berikutnya Pasar Semawis mulai menggelar parade atau festival kuliner setiap minggu di akhir pekan. Rutin sampai sekarang ini..

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits
penjual siomay di pasar semawis pecinan semarang
penjual siomay di pasar semawis pecinan semarang. (foto: tripadvisor.com)

Menu Daging Ayam Sampai Daging Babi Ada Di Pasar Semawis

Kondisi tempat wisata semarang Pasar Semawis ini mencapai puncak keramaian pada saat Malam Minggu. Jadi, bila Kamu ingin berburu kuliner dengan suasana agak lenggang tanpa berdesak-desakan, maka datanglah selain Malam Minggu. Banyak sekali menu masakan yang tersedia di Pusat Kuliner Kota Semarang ini. Hanya saja, bagi yang Muslim, jangan sungkan untuk bertanya tentang bahan dari masakan yang tersedia karena tidak sedikit penjual yang menggunakan bahan dari daging Babi di dalam menu masakannya. Hati-hati ya..

Trending Lainnya :

[Full Review] Klenteng Tay Kak Sie Semarang, Lebih Eksotis Dari Sam Poo Kong?

[Full Review] Wisata Danau BSB Semarang, Suasana Alam Di Hiruk-Pikuk Kota

Keunikan tempat ini adalah, berbagai jenis makanan tradisional bercampur dengan makanan kekinian tanpa rebutan pembeli. Terkadang atraksi dalam memasak makanan dipertotonkan untuk menarik perhatian para pengunjung. Keren cara masaknya, kayak di tipi-tipi itu hehe..

kenikmatan santab malam di pasar semawis pecinan semarang
kenikmatan santab malam di pasar semawis pecinan semarang. (foto: MasGembul.com)

Contoh menu makanan yang ada di Pasar Semawis ini seperti Gudeng, berbagai macam Nasi Goreng, Pecel, Nasi Gandul Pati, Soto, Sate, berbagai macam Masakan Mie, Tahu Gimbal, Tahu Petis sampai menu yang kekinian macam Zupa Soup, Gelati Ice Cream dan Churros. Ada juga menu makanan yang dikenal dari luar seperti takoyaki, Dimsum dan Lapchiong. Banyak lah pokoknya, kalau disebutin semua, bisa keriting ini ngetiknya.

Ada juga berbagai macam menu minuman segar yang dijual di pasar semawis ini, mulai dari Es Cong Lik, Mie Cool sampai minuman jamu seperti Jamu Jun. Es Cong Lik atau biasa kita kenal dengan Es Puter ini salah satu kuliner minuman yang legendaris yang ada di Semarang loh. Konon, Es Puter Cong Lik ini sudah ada sejak tahun 1944 loh. Hmm, lama banget ya ES nya.. Apa gak mencair tuh ES nya huehue..

Baca Juga :  [Full Review] Seluk Beluk Gereja Blenduk Semarang Yang Ikonik

Bila Kamu datang ke sini pada tanggal tanggal tertentu pas Hari Besarnya orang Tionghoa, maka Kamu akan disuguhkan berbagai macam pertunjukan tradisional seperti Barongsai, Musik China Klasik dan Wayang Potehi yang sudah langka saat ini. Jadi, jangan ragu untuk berkunjung ke Lokasi Kuliner Semarang yang keren habis ini ya.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Pasar Semawis Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Pasar Semawis Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Pasar Semawis Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Pasar Semawis Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Pasar Semawis Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Pasar Semawis Semarang Menjadi Tempat Wisata Alam Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi
suasana imlek di pasar semawis pecinan semarang
suasana imlek di pasar semawis pecinan semarang. (foto: harianjogja.com/)

Pasar Semawis dengan segala keunikannya tidak hanya menyuguhkan wisata kuliner dengan banyaak pilihan menu, akan tetapi juga keanekaragaman budaya yang masih terjaga sampai sekarang. Dijamin, tidak akan menyesal deh berkunjung ke lokasi ini. Yah, minimal yang kamu dapatkan pasti perut kenyang dan suasana malam yang seru hehe..

Baca Juga :  [Full Review] Menikmati Ademnya Taman Srigunting Kota Lama Semarang

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata kuliner di semarang, yaitu Pasar Semawis Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.  Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.