toko oleh oleh semarang

Woy, Lagi Nyari Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang? Ini Aja!

Goodpiknik.com – Nyolot banget ya judulnya hehe.. Tak lengkap rasanya apabila piknik atau liburan ke Semarang tanpa membeli makanan atau oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga. Banyak pilihan oleh-oleh khas semarang bisa Kamu beli baik berupa makanan maupun souvenir. Kamu tinggal memilih oleh-oleh khas semarang apa yang cocok dengan selera. Tidak usah berlama-lama deh kalau gitu, yuk langsung simak, apa saja sih oleh-oleh yang ada di kota semarang ini. Cuss….

Inilah Daftar Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Mari kita mulai dari daftar kuliner semarang dulu ya:

  1. Lumpia Semarang

Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini? Ya, lumpia adalah salah satu makanan khas semarang, baru ngerti? hehe. Menikmati lumpia asli dari kota asalnya bisa menjadi cerita oleh-oleh tersendiri. Lumpia gampang ditemukan diberbagai sudut kota semarang, tapi tidak ada salahnya bila Kamu langsung membeli dari tempat dimana resep makanan ini berasal, yaitu di gang Lombok, komplek pecinan semarang.

Lumpia yang dijual di sini akan dibungkus bambu atau besek dengan resep yang masih dipertahankan turun-temurun. Sekalian Kamu membeli Lumpia, Sekalian kunjungi salah satu lokasi wisata yang berada di gang Lombok kawasan Pecinan yaitu Klenteng Tay Kak Sie.

oleh oleh lumpia semarang
oleh oleh lumpia semarang. (foto: KSMTour.com)
  1. Roti Ganjel Rel Semarang

Roti dengan nama yang unik ini mempunyai rasa yang mak kres!. Loh, kok bukan mak nyus, tapi mak kres? Ya karena roti ini akan terasa keras saat di gigit, jadi mak kres hehe. Roti Ganjel Rel Semarang ini berwarna coklat dengan taburan wijen. Keras, berwarna coklat dengan bentuk seperti “ganjel” inilah yang membuat roti ini terkenal dengan nama Roti Ganjel Rel Semarang.

Kamu bisa mendapatkan makanan khas semarang ini di toko oleh-oleh jalan Pandanaran, Semarang. Roti ini tersedia di berbagai toko oleh-oleh di sepanjang jalan ini kok.

oleh oleh ganjel rel semarang
oleh oleh ganjel rel semarang. (foto: archabella.com)
  1. Bandeng Presto Semarang

Bagi para penyuka daging ikan, maka oleh-oleh khas semarang yang satu ini tidak boleh Kamu lewatkan. Ya, bandeng presto juwana ini sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan gurih. Kamu bisa mendapatkan bande makanan khas semarang ini di Toko Bandeng Elrina yang berada di jalan Pandanaran No 57 serta di Pmularsih No 70, Semarang. Atau di toko lain juga banyaak..

Baca Juga :  [Full Review] Cimory Semarang, Perpaduan Wisata Kuliner Dan Alam Di Semarang
oleh oleh bandeng presto juwana elrina semarang
oleh oleh bandeng presto juwana elrina semarang. (foto: ratnawulandari123.blogspot.com)
  1. Wingko Babat Semarang

Wingko Babat aslinya bukan berasal atau asli kota semarang, tetapi berasal dari daerah Lamongan yang bernama Babat. Salah satu wingko babat yang terkenal di semarang adalah Wingko Babat Cap Kereta Api. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas semarang ini di jalan Cenderawasih No 14, Semarang. Dulunya penjual Wingko ini berlokasi di dekat stasiun Tawang, karena itulah wingko ini diberi nama Wingo Babat Cap Kereta Api. Jadi, bukan wingko yang bentuknya kereta api ya.

oleh oleh wingko babat semarang
oleh oleh wingko babat semarang.
  1. Tahu Bakso Ungaran

Tahu bakso adalah makanan berupa tahu dengan adonan bakso di dalamnya. Tahu bakso ini mulai dikenal sejak tahun 2000. Kamu dapat dengan mudah menemukan makanan khas semarang ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Semarang.

Bila Kamu sedang di ungaran, ada salah satu penjual tahu bakso yang terkenal di sana, yaitu Tahu Bakso Bu Pudji yang berada di Jalan Jend. Sudirman No 156, Ungaran, Semarang. Terdapat jenis bakso tahu yang di rebus atau tahu bakso yang digoreng. Silahkan pilih sesuai dengan selera Kamu ya.

oleh oleh tahu bakso ungaran semarang
oleh oleh tahu bakso ungaran semarang. (foto: blog.darmawisataindonesia.co.id)
  1. Roti Briliant Semarang

Roti Briliant atau Briliant Super Cake bisa Kamu temukan di kawasan Simpang Lima, Semarang. Makanan khas semarang ini bisa tahan lama tanpa pengawet, mempunyai rasa yang enak dan tidak membuat eneg. Roti Briliant ini juga memegang rekor muri loh, kalau penasaran langsung aja berburu oleh-oleh khas semarang ini ya.

oleh oleh roti brilliant semarang
oleh oleh roti brilliant semarang. (foto: inspirasibaking.com)
  1. Kue Mochi atau Moaci Gemini

Salah satu makanan khas semarang yang murah ya kue ini, kue mochi. Ada satu penjual kue mochi yang terkenal di semarang, yaitu Moaci Gemini yang berada di jalan Kentangan Barat No 101, Semarang.

Baca Juga :  [Full Review] Seluk Beluk Gereja Blenduk Semarang Yang Ikonik

Kue moaci ini tidak ada pengawetnya, tapi bisa tahan sampai kurang lebih satu minggu. Terbuat dari tepung adonan dengan isian uletan kacang dan gula. Ada taburan wijen di pinggiran kue ini, sehingga mirip makanan “onde-onde”. Hanya isinya saja yang saling membedakan. Masih keponakannya onde-onde lah, hehe..

oleh oleh kue mochi atau moaci gemini semarang
oleh oleh kue mochi atau moaci gemini semarang. (foto: agenkuliner.com)
  1. Lontong Spekkoek Waiki

Walaupun makanan khas semarang ini bernama lontong, sebenarnya Spekkoek Waiki adalah jenis kue lapis legit dengan tektur yang lembut dan bukan lontong sebagaimana namanya. Hanya saja memang bentuk dari kue ini serupa dengan lontong, sehingga dinamakan Lontong Waiki. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas semarang ini di Jalan Senjoyo 2 No 1, Semarang.

oleh oleh Lontong Spekkoek Waiki semarang
oleh oleh Lontong Spekkoek Waiki semarang. (foto: omiyago.com)

Trending Lainnya :

[Full Review] Umbul Sidomukti Semarang, Pesona Alam Yang Menggairahkan

[Full Review] Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang, Wisata Religi Eksotik

  1. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu atau Carang Madu hanya bentuknya saja yang mirip sarang madu, sedangkan bahannya sendiri terbuat dari santan, tepung besar dan gula merah. Kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di toko oleh-oleh sekitar jalan pandanaran, semarang.

oleh oleh kue sarang atau carang madu semarang
oleh oleh kue sarang atau carang madu semarang. (foto: Mytrip123.com)
  1. Kue Thal Cake Semarang

Kue thal Cake Semarang ini adalah salah satu dari berbagai macam “kue artis” yang ada di semarang. Thal Cake ini dimiliki oleh salah satu artis terkenal ibukota, yaitu Ruben Onsu. Alamat Kue Thal Cake Semarang ini berada di Jalan Sriwijaya No 4, Semarang. Lokasinya berada di depan Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang.

oleh oleh thal cake semarang
oleh oleh thal cake semarang. (foto: diadealee.com)
  1. Wife Cake Semarang

Wife Cake Semarang adalah satu lagi “kue artis” yang dimiliki oleh artis Chelsea Olivia. Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan Wife Cake ini. Apabila Kamu ingin mencobanya, langsung saja meluncur ke Jl. Kapten Piere Tendean (beringin) no. 28, Semarang.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Marina, Wisata Alam Di Suasana Kota Semarang
oleh oleh wife cake semarang
oleh oleh wife cake semarang.
  1. Torakur

Torakur adalah makanan berupa manisan. Nama torakur sebenarnya singkatan dari Tomat rasa Kurma. Bahan dasar dari makanan ini adalah tomat yang dikeringkan. Makanan khas semarang ini cukup tahan lama dan mempunyai rasa yang khas dan unik.

oleh oleh torakur semarang
oleh oleh torakur semarang. (foto: diksi.tk)

 

Nah, kalau itu tadi adalah oleh-oleh khas semarang yang berupa makanan, sekarang saatnya mencoba oleh-oleh semarang yang berupa minuman dan souvenir. Cuma dikit sih referensinya, tapi semoga membantu kegiatan piknik di semarang kamu ya.

  1. Kopi Banaran

Kopi Banaran sudah terkenal enak dan lezat dari dulu. Kopi ini memang sedikit lebih mahal dari kopi biasa, karena ini kopi ini termasuk salah satu kopi premium (kopi apa BBM ini hehe). Kamu bisa menikmati seduhan kopi banaran atau membawa pulang berupa biji kopinya dengan datang ke kampoeng kopi banaran, jalan Ungaran-Solo KM 35, Bawen, Semarang. Oleh-oleh khas semarang ini berasal dari perkebunan kopi milik PT. Perkebunan Nusantara IX, Jawa Tengah. Selain ngopi, di kampoeng banaran juga bisa Kamu gunakan untuk bersantai maupun berkegiatan luar ruangan, seperti outbond atau camping.

oleh oleh kampoeng kopi banaran ungaran semarang
oleh oleh kampoeng kopi banaran ungaran semarang. (foto: bonvoyagejogja.com)
  1. Batik Semarang

Ternyata kota semarang juga mempunyai batik khas tersendiri loh, yaitu batik semarang. Motif dari batik semarangan ini biasanya ada simbol atau ikon dari kota semarang, seperti gereja blenduk, tugu muda atau lawang sewu. Kamu bisa mendapatkan batik motif semarang ini di kampung batik yang ada di jalan Batik, Semarang. Selain menyediakan berbagai macam batik, Kamu juga bisa belajar atau melihat langsung bagaimana tatacara pembuatan batik langsung dari pengrajinnya. Seru ya..

oleh oleh batik motif semarang
oleh oleh batik motif semarang. (foto: naningisme.wordpress.com)

Itulah tadi ulasan mengenai Oleh-Oleh Khas Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.  Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.