[Full Review] Simpang Lima Semarang: Sejarah + Keseruannya Hari Ini

[Full Review] Simpang Lima Semarang: Sejarah + Keseruannya Hari Ini

Goodpiknik.com – Kurang lengkap rasanya apabila mengunjungi semarang tidak mampir tempat wisata semarang satu ini, yaitu Simpang Lima. Wisata Simpang Lima ini sebenarnya adalah sebuah alun-alun yang terletak di jantung kota semarang. Iyalah, namanya alun-alun pasti di jantung kota ya hehe..  Sesuai dengan namanya, Simpang Lima adalah sebuah tempat yang menjadi persimpangan 5 jalan besar, yaitu Jl. Pandanaran, Jl. A Yani, Jl. Pahlawan, Jl. Ahmad Dahlan, dan Jl. Gajah Mada.

Karena Simpang Lima Semarang ini lokasi strategis di pusat kota, banyak orang yang berlalu lalang melewati area Simpang Lima. Lokasi ini menjadi tempat yang romantis saat malam asalkan bersama pasangan ya, kalau sendirian jadinya malah g-a-l-a-u, hihi.. Simpang Lima ini memang menjadi tempat nongkrong di semarang yang paling seru. Langsung kita simak review Simpang Lima ini. Cuss..

Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang. (foto: indonesiasand.blogspot.com)

Sejarah Simpang Lima Semarang

Sejarah Simpang Lima Semarang ini berhubungan dengan presiden kita yang pertama, yaitu Ir. Soekarno. Pada waktu itu, Presiden Soekarno mengusulkan untuk menjadikan simpang lima sebagai alun-alun kota Semarang dengan pertimbangan bahwa alun-alun yang lama yang terletak di Kauman sudah berubah menjadi pusat pertokoan. Pembangunan Simpang Lima ini dahulu bermula saat adanya pembangunan lapangan pancasila yang dimulai dari Jl. Oei Tiong Ham yang saat ini kita kenal menjadi Jl. Pahlawan.

Nah, Lapangan pancasila ini selesai dibangun pada Tahun 1969 dan karena lokasinya mempertemukan 5 jalan besar maka tempat tersebut akhirnya lebih dikenal sebagai Simpang Lima. Simpang Lima pun akhirnya menjadi salah satu ikon kota semarang yang terkenal, walaupun (mungkin) tidak banyak orang tahu bagaimana sejarah lokasi Simpang Lima ini bermula. Apalagi turis asing.. *krikkrik..

Baca Juga :  [Full Review] Kampung Pelangi Semarang, Kreatifitas Yang Disorot Dunia

Berbagai kegiatan banyak dilakukan di sekitar area Simpang Lima ini. Pada hari libur, banyak warga sekitar yang berolahraga atau sekedar jalan-jalan dan beraktifitas. Lokasi Simpang Lima selalu ramai dipadati berbagai orang baik siang maupun malam hari.

Simpang Lima ada di jantung kota Semarang
Simpang Lima ada di jantung kota Semarang. (foto: moslemforall.com)

Gambaran Kondisi Simpang Lima Sekarang Sebagai Obyek Wisata Di Semarang

Simpang Lima sebagai salah satu objek wisata semarang selalu ramai berbagai macam aktifitas manusia. Pada malam hari, Simpang Lima bisa menjadi lokasi pilihan kuliner malam semarang yang mak nyuss. Banyak warung yang menyediakan kuliner di sekitar area simpang lima ini. Kuliner Simpang Lima bisa dibilang tidak pernah sepi, bahkan saat malam minggu kita agak susah mencari parkir untuk kendaraan kita. —bawa parkiran sendiri—

Trending Lainnya:

[Full Review] Menjelajah Klenteng Sam Poo Kong Dan Kisah Laksamana Cheng Ho

[Full Review] Pantai Marina, Wisata Alam Di Suasana Kota Semarang

Terdapat sepeda hias dengan lampu warna-warni yang bisa kita sewa, seperti yang ada di alun-alun. Eh, kan simpang lima emang alun-alun yaa. Tenang saja, jalur sepeda ini tidak berada di jalan raya tempat berbagai kendaraan ramai berlalu-lalang kok, akan tetapi berada di pinggir lapangan Simpang Lima. Jadi, ada semacam trotoarnya gitu yang jauh lebih tinggi dari badan jalan (atau memang trotoar sih). Ohya, Banyak spot photo keren yang bisa kita dapatkan di sekitar area ini loh. Siapin kamera kamu yah..

Di sekitar Simpang lima ini juga banyak terdapat Hotel maupun Penginapan yang menawarkan berbagai pilihan kelas. Tergantung seberapa besar budget kita untuk biaya penginapan. Pada hari-hari tertentu, Simpang Lima digunakan untuk berbagai event besar. Misalnya konser musik dan lainnya. Atau mungkin ada rencana event melamar cewek Kamu di Simpang Lima ini? Bakal seru pasti tuh.. huehuehue..

Baca Juga :  [Full Review] Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang, Wisata Religi Eksotik
Kuliner di Simpang Lima Semarang
Kuliner di Simpang Lima Semarang. (foto: pusatkulinersemarang.blogspot.com)

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Simpang Lima Semarang

Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Simpang Lima Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Simpang Lima Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Simpang Lima Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Simpang Lima Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan

Simpang Lima Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi

Waktu terbaik untuk mengunjungi area ini adalah pada saat malam hari karena saat siang hari, cuaca terasa panas bingit oi. Kecuali yang mau olahraga lari sih boleh juga sih panas-panas pake jumper gitu. Tapi salah satu poin minus di lokasi Simpang Lima adalah banyak kendaraan berlalu lalang di sekitar persimpangan dan mengeluarkan polusi. Namanya juga jalan persimpangan, poin minus apa bukan itu ya haha. Pada siang hari, pilihan terbaik ketika datang ke lokasi ini adalah untuk wisata kuliner semarang. Makan-makaaaaan…

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits

Pada malam hari, udara sudah mulai adem nih dan Simpang Lima berubah menjadi tempat wisata malam semarang yang eksotis. Menikmati keseruan malam bersama teman-teman atau sekedar menghabiskan malam berdua dengan pasangan adalah aktifitas yang akan kita lihat disepanjang lokasi Simpang Lima. Tapi-tapi, ngapain juga ngeliatin orang berduaan ya..

Lalu lintas di Simpang Lima Semarang
Lalu lintas di Simpang Lima Semarang. (foto: IndonesiaKaya.com)

Dan yak, Itulah tadi review mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Simpang Lima Semarang. Semoga bisa memandu kegiatan wisata Kamu di semarang. Apabila Kamu menyukai informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat Piknik..

 



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.