papan nama taman srigunting semarang

[Full Review] Menikmati Ademnya Taman Srigunting Kota Lama Semarang

Goodpiknik.com – Apabila ingin mencari suasana santai dengan cuaca yang teduh di Semarang, maka salah satu pilihan yang bisa Kamu kunjungi adalah Taman Srigunting. Taman ini merupakan salah satu lokasi yang paling enak untuk berkumpul bersama komunitas atau teman-teman Kamu. Bagaikan oase ditengah panasnya gurun, tempat ini lah yang bisa menjadi penyejuk hati di tengah penatnya suasana kota semarang . *lebay haha..

Lokasi dari Taman Srigunting ini berada di Jalan Letjend Suprapto, Kawasan Kota Lama Semarang, bersebelahan dengan gereja ikonik di kota lama, yaitu gereja blenduk. Taman ini bisa menjadi alternatif untuk tempat titik berkumpul maupun tempat istirahat saat Kamu ingin menjelajah atau mencari spot foto di kawasan kota lama.

suasana taman srigunting semarang
suasana taman srigunting semarang. (foto: reresepan.com)

Sejarah Taman Srigunting Kota Semarang

Berbagai hal yang berhubungan dengan kawasan kota lama biasanya ada cerita sejarah yang menyertainya. Begitupun taman srigunting ini, ternyata juga mempunyai sejarah tersendiri pada jaman dahulu. Namanya sejarah pasti jaman dahulu ya ehe he..

Sebagai bagian dari komplek pembangunan kota lama, Taman Srigunting pada masa lampau masih berupa lapangan dan bernama parade plein. Lapangan tersebut bisa jadi dulu berfungsi untuk panggung parade militer, karena terdapat barak militer tidak jauh dari lokasi tersebut. Bahkan sebelum menjadi lapangan, ada yang menyebutkan bahwa lokasi ini pernah berfungsi sebagai tempat pemakaman warga eropa sebelum akhirnya dipindah ke daerah pengapon pada awal abad ke 19. Hmm.. sedikit horror ya.

suasana malam dekat gereja blenduk di taman srigunting semarang
suasana malam dekat gereja blenduk di taman srigunting semarang. (foto: hellosemarang.com)

Sampai saat ini taman sepanjang 19 meter ini sudah direnovasi dan di tata ulang beberapa kali. Sebelum tahun 2001, taman srigunting adalah taman tertutup dan tidak dapat dimasuki. Baru setelah ada penataan ulang dari pemerintah, taman ini menjadi lokasi terbuka dan tempat berkumpul yang menyenangkan.

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Penggaron Semarang, Tempat Outdoor Paling Seru

Renovasi kedua dilakukan pada tahun 2004 untuk menambah jalan masuk di sisi taman. Terdapat empat jalan masuk yang saling bertemu di tengah-tengah taman. Pemasangan tiang lampu dengan cabang empat di tengah taman juga dilakukan untuk menambah kesan eksotis dan menambah pencahayaan.

Trending Lainnya :

[Full Review] Seluk Beluk Gereja Blenduk Semarang Yang Ikonik

[Full Review] Watu Simbar Semarang, Berwisata Sambil Berburu Durian Lezaat

Renovasi ke tiga kali dilakukan pada tahun 2014 dengan mengganti lampu-lampu taman yang rusak, penggantian tanaman, penambahan paving serta penambahan papan nama TAMAN SRIGUNTING di sisi taman.

menikmati suasana taman srigunting semarang
menikmati suasana taman srigunting semarang. (foto: travel.kompas.com)

Taman Srigunting Menjadi Tempat Bersantai Di Tengah Penat Kota

Mengunjungi destinasi wisata semarang Taman Srigunting sambil bersantai sejenak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di tengah kesibukan Kamu. Dengan suasana taman yang teduh, Kamu bisa berfoto, nongkrong maupun sambil menikmati kuliner disekitaran taman. Pada akhir pekan, biasanya ada para seniman yang pentas di lokasi taman ini, seperti baca puisi, teather, seni rupa dan group band.

air siap minum di taman srigunting semarang
air siap minum di taman srigunting semarang. (foto: travel.detik.com)

Menikmati suasana taman srigunting dibawah pohon trembesi dengan pemandangan bangunan-bangunan eksotis khas kota lama sungguh mengasyikkan. Terdapat beberapa fasilitas tempat duduk yang bisa Kamu pakai untuk bersantai sejenak. Ada juga fasilitas air minum higienis yang langsung bisa Kamu minum yang berada di tengah-tengah taman. Renovasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Semarang memang ditujukan untuk menambah kenyamanan bagi para warga yang mau berkunjung ke tempat ini.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Taman Srigunting Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Taman Srigunting Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Taman Srigunting Semarang dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Taman Srigunting Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Taman Srigunting Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Desa Wisata Lembah Kalipancur: Kampung Wisata Di Semarang Yang Masih Asri
Taman Srigunting Semarang Menjadi Tempat Wisata Terkini Yang Wajib Dikunjungi
festival payung warna-warni di taman srigunting semarang
festival payung warna-warni di taman srigunting semarang. (foto: bentengkampus.com)

Mampirlah sejenak di taman srigunting ini untuk sekedar melepas lelah ataupun bersantai setelah menjelajahi kota semarang. Menikmati suasana taman kota sambil berfoto-foto bisa menjadi alternatif yang menyenangkan bagi Kamu dan teman-teman. Pada pagi atau sore hari, taman ini biasanya ramai di kunjungi oleh anak-anak muda untuk berkumpul dan bersantai bersama.

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Taman Srigunting Kota Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.