wisata di jogja

Ini Dia Daftar Tempat Wisata Di Jogja Paling Seru 2018

Tidak dipungkiri lagi bahwa Jogja menjadi daerah tujuan wisata bagi banyak wisatawan. Banyak tempat wisata di Jogja yang menawarkan lokasi wisata menarik nan eksotis. Kota yang terkenal dengan makanan khas gudeng ini memang sayang kalau tidak di explore.

Nah, berikut ini kami berikan daftar berbagai lokasi destinasi wisata jogja terbaik yang bisa kamu jadikan referensi saat menjelajah yogyakarta. Silahkan klik pada nama lokasi wisata untuk mendapatkan review yang lebih lengkap. (daftar ini akan selalu di update).

  1. Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Panorama Pantai Indrayanti Jogja
Panorama Pantai Indrayanti Jogja. (foto: piknikdong.com)

Pantai Indrayanti ini memiliki keindahan panorama alam yang menawan, tidak kalah dengan pantai lain yang lebih dulu popular seperti pantai parangtritis. Tidak jauh dari objek wisata ini terdapat juga tempat wisata di jogja yang lain, yaitu Pantai Baron dan Pantai Krakal serta Pantai Sundak.

Pantai Indrayanti yang sudah terkenal sekarang ini sebenarnya bukanlah nama yang ditetapkan pemerintah daerah, akan tetapi nama tersebut berasal dari julukan para pengunjung yang suka datang dan makan di “rumah makan indrayanti”. Nama rumah makan indrayanti tersebut terpampang di sebuah papan nama yang berada di depan rumah makan, sehingga membuat para pengunjung lebih terbiasa untuk menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Sebenarnya nama dari pantai yang eksotik ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun, nama ini menjadi kurang dikenal masyarakat karena sudah menjadi kebiasaan para pengunjung yang menyebut dengan nama pantai indrayanti.

  1. Pantai Krakal
pantai krakal gunung kidul, yogyakarta
pantai krakal gunung kidul, yogyakarta. (foto: KSMTour.com)

Selain beberapa objek wisata alam jogja yang sudah tersohor seperti pantai indrayanti, ada pula pantai yang tidak kalah keindahan panoramananya, yaitu Pantai krakal. Saat Kamu berkunjung ke pantai krakal ini, Kamu bisa juga berkunjung juga ke pantai baron dan pantai kukup.

Saat Kamu berada di lokasi pantai krakal ini, Kamu mungkin akan melihat beberapa perahu nelayan yang melintas untuk mencari ikan. Selain ikan umbal, terdapat berbagai jenis ikan berwarna-warni yang menjadikan batu karang disekitaran pantai sebagai rumah-rumah mereka. Berbagai macam ikan tersebut seperti Ikan Damselfish, Ikan Butterflyfish, Ikan Bestum, Ikan Pogat, Ikan Tiger dll. Pantai ini menjadi tempat wisata di jogja yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Pantai Siung

"<yoastmark

Salah satu pantai di gunung kidul yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu, Pantai Suing. Tebing yang ada di pantai siung ini mempunyai kontur yang menantang, sehingga seringkali dijadikan arena panjat tebing para pecinta alam. Pantai Siung Jogja ini memiliki garis pantai yang lumayan luas dengan pasir putih yang bersih.

Namun, bagi Kamu yang tidak tertarik dengan kegiatan panjat tebing, Kamu bisa menikmati pesona alam yang ada di sini karena salah satu tempat wisata di jogja ini juga cukup bersih. Kamu bisa menikmati suasana pantai sambil bersantai di sini, atau sambil menikmati santap makan bersama.

  1. Pantai Sundak
pantai sundak gunung kidul, yogyakarta
pantai sundak gunung kidul, yogyakarta. (foto: blog.reservasi.com)

Saat berpiknik ke area pantai di Gunung Kidul, maka Anda jangan sampai melewatkan pantai yang mempunyai pemandangan lumayan mengasyikkan ini, yaitu Pantai Sundak. Pantai Sundak ini termasuk salah satu dari deretan pantai yang ada di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini berada tidak jauh dari objek wisata lain di Gunung Kidul, yaitu di Pantai Kukup. Jadi, bila anda berwisata ke pantai ini bisa sekalian berkunjung ke lokasi wisata pantai kukup sekalian.

Baca Juga :  [Full Review] Kemolekan Pantai Sundak Gunung Kidul, Yogyakarta

Gunung Kidul yang menjadi salah satu tujuan tempat wisata di jogja memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam, terutama Pantai yang indah nan eksotis, salah satunya ya pantai sundak ini. Sundak memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dan ombak yang cukup besar khas kondisi pantai laut selatan.

  1. Pantai Wediombo
pantai wediombo gunung kidul, jogja.
pantai wediombo gunung kidul, jogja. (foto: IG @tetiana.melnyk.ua)

Setiap pantai di jogja menawarkan keindahan masing-masing sesuai ciri khasnya, ada yang pantai untuk surfing, pantai untuk snorkeling, pantai yang aman untuk berenang maupun pantai dengan panorama alam yang memukau. Nah, bagi Kamu yang ingin menikmati keindahan dan fasilitas pantai tersebut, Kamu tidak perlu mendatangi setiap pantai yang ada di jogja satu persatu, cukup datang ke pantai wediombo ini.

Pantai ini kalau di telusur juga masih dalam satu baris dengan pantai Gunung Kidul lainnya, seperti Pantai Sadranan dan Pantai Baron. Namun, Pantai Wediombo menjadi pantai yang menawarkan kegiatan piknik di pantai yang lengkap atau “All In One”. Pantai Wediombo memang berbeda dengan pantai lain di Yogyakarta, posisi pantai ini yang menghadap ke barat dan kondisi pantai yang seperti teluk membuat ombak yang datang tidak seganas wisata alam jogja lainnya.

  1. Pantai Ngobaran
rasa bali di pantai ngobaran gunung kidul, yogyakarta
rasa bali di pantai ngobaran gunung kidul, yogyakarta. (foto: Wisataku.net)

Nah, salah satu tempat wisata di jogja dengan nuansa unik satu lagi yang akan kita bahas di sini adalah Pantai Ngobaran. Berbeda dengan pantai yang lain, Pantai Ngobaran ini tidak hanya menawarkan suasana pantai dengan deburan ombak menantang khas pantai selatan, akan tetapi juga lekat dengan keanekaragaman kebudayaan yang masih terjaga sampai sekarang.

Pantai Ngobaran berada di tengah-tengah Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan. Apabila Kamu berkunjung ke Pantai ini, jangan harap Kamu akan bermain pasir putih atau berenang di laut yang dekat pantai. Namun, yang menarik dari Pantai Ngobaran ini adalah pesona kebudayaannya yang akan langsung tampak terlihat saat datang ke wisata alam jogja ini.

  1. Pantai Nglambor
Suasana di pantai nglambor gunung kidul, jogja
Suasana di pantai nglambor gunung kidul, jogja. (foto: jogjaculturaltour.com)

Deburan ombak pantai dengan desiran angin yang sepoi-sepoi membuat wisata alam ke pantai selalu mengasyikkan. Setiap pantai memang mempunyai ciri khas yang membedakan antara pantai satu dengan yang lain, seperti juga salah satu tempat wisata di jogja ini, yaitu Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor ini merupakan salah satu dari jajaran pantai yang ada di pesisir Gunung Kidul. Pantai Nglambor diapit oleh 2 (dua) pantai yang juga merupakan lokasi wisata, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Saking jerningnya, Kamu bisa melihat kondisi terumbu karang di dasar laut di Pantai Nglambor ini.

  1. Pantai Sadranan
Baca Juga :  [Full Review] Eksotisme Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
surfing di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta
surfing di pantai sadranan gunung kidul, yogyakarta. (foto: piknikasik.com)

Diantara puluhan pantai yang menjadi tempat wisata di jogja, terdapat salah satu pantai yang cukup terkenal dengan fasilitas Snorkelingnya, yaitu Pantai Sadranan. Pantai Sadranan diapit diantara pantai lainnya di Gunung Kidul, yaitu Pantai Krakal, Pantai Slili dan Pantai Ngandong.

Pantai Sadranan ini merupakan salah satu wisata alam jogja yang cukup terkenal loh selain Pantai Indrayanti. Pantai Sadranan mempunyai garis pantai yang cukup panjang sehingga pandangan mata bisa cukup leluasa menikmati suguhan pesona alam di sini. Di Pantai ini tidak terlalu banyak batu karang di lautnya, hanya ada sebuah batu karang besar di sebelah sisi kiri pantai.

  1. Pantai Sepanjang
pantai sepanjang gunung Kidul, jogja
pantai sepanjang gunung Kidul, jogja. (foto: yogyalagi.com)

Lokasi Pantai Sepanjang berada tidak jauh dari Pantai Drini serta berada di timur Pantai Kukup. Pantai Sepanjang, sesuai dengan namanya, mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Memang tidak salah kalau pemerintah dan penduduk setempat memberi nama tempat wisata di jogja ini Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang ini masih satu komplek dengan beberapa pantai lain yang ada di Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Paduan suasana dan keindahan pesona alam di Pantai ini membuat sebagian orang menyamakan Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta Bali pada tempo dulu.

  1. Pantai Timang
pantai timang gunung kidul jogja
pantai timang gunung kidul jogja. (foto: yogyalagi.com)

Dari puluhan tempat wisata di jogja ini, terdapat beberapa pantai yang memang belum banyak dikenal para wisatawan, yaitu Pantai Timang. Pantai ini sebenarnya bukanlah objek wisata unggulan dari pemerintah daerah setempat, tapi bukan berarti pantai ini tidak memiliki daya tarik sama sekali dibanding pantai yang lain.

Saat tiba di lokasi ini, Kamu akan disuguhi pemandangan layaknya pantai-pantai yang lain dengan pasirnya yang berwarna putih bersih di bibir pantai, dan di Pantai Timang ini juga banyak ditemukan tumbuhan pandan loh. Saat berkunjung ke salah satu wisata alam jogja ini, Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke beberapa Pantai yang ada di sekitarnya, seperti Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Ngetun.

  1. Pantai Slili
spot foto slili love di pantai slili gunung kidul jogja
spot foto slili love di pantai slili gunung kidul jogja. (foto: IG @pantaislili)

Dari puluhan pantai yang ada di kabupaten Gunung Kidul, terdapat salah satu pantai dengan luas yang tidak terlalu besar tapi cukup asik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Slili. Pantai Slili berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan.

Pantai ini memang tidak mempunyai garis pantai sepanjang Pantai Parangtritis, akan tetapi di pantai ini banyak hal menarik yang bisa Kamu temukan. Ada 2 (dua) ciri khas yang ada di Pantai Slili ini, yaitu Bukit Karang Watu Lawang dan Slili Love. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang ngehits.

  1. Pantai Baron
pantai baron gunung kidul jogja
pantai baron gunung kidul jogja. (foto: yogyalagi.com)

Salah satu pantai yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sekitar, yaitu Pantai Baron. Tempat wisata di jogja yang satu ini memang cukup populer sama seperti Pantai Indrayanti dan sudah menjadi salah satu tujuan destinasi wisata pantai yang lumayan ramai di Yogyakarta.

Baca Juga :  [Full Review] Pantai Ngetun Gunung Kidul: Ketenangan Di Pantai Perawan

Tidak seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung Kidul lainnya yang mempunyai pasir putih kekuningan, pantai ini mempunyai pasir yang berwarna kecoklatan. Pantai Baron salah satunya memang dikenal dengan hasil lautnya, sehingga rugi kalau berkunjung ke pantai ini tanpa ikut merasakan hasil laut para nelayan yang masih fresh ini.

  1. Pantai Ngetun
pantai ngetun gunung kidul jogja
pantai ngetun gunung kidul jogja. (foto: Youtube @Rifqi Mukhtar)

Ada kalanya kita mendambakan sebuah tempat wisata alam jogja yang masih sepi pengunjung supaya kita bisa menikmati panorama keindahan pantai dengan maksimal. Di salah satu daerah di gunung Kidul, tedapat sebuah pantai yang masih bisa dibilang perawan karena jarang terjamah oleh wisatawan, yaitu Pantai Ngetun atau Pantai Ngitun.

Pantai Ngetun ini memiliki garis pantai yang pendek dan kecil dengan pasir berwana putih kekuningan. Saat Kamu berada di lokasi ini, Pantai ini seolah-olah adalah pantai milik Kamu sendiri alias privat beach.

  1. Pantai Greweng
panorama pantai greweng gunung kidul jogja
panorama pantai greweng gunung kidul jogja. (foto: Youtube @Bondan Heru)

Terdapat puluhan pantai baik yang sudah dikembangkan menjadi tempat wisata di jogja, maupun yang masih “perawan” dan belum begitu terjamah para wisatawan, salah satunya adalah Pantai Greweng. Letak Pantai Greweng berada tidak terlalu jauh dari Pantai Wediombo, Kamu bisa melakukan piknik “satu paket” dari Pantai Wediombo lanjut ke Pantai Greweng ini.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Greweng ini butuh sedikit perjuangan dan tenaga. Akses menuju wisata alam jogja ini harus melalui jalan setapak dan berbatu. Karena lokasinya yang sedikit terpencil dari perumahan penduduk setempat, pantai ini jadi lumayan sepi pengunjung.

  1. Pantai Seruni
rumput laut di pantai seruni gunung kidul jogja
rumput laut di pantai seruni gunung kidul jogja. (foto: dewiaquatica.blogspot.co.id)

Nah, salah satu pantai yang saat ini mulai dilirik oleh pemerintah daerah adalah Pantai Seruni Gunung Kidul. Letak pantai seruni masih searah dan tidak jauh dengan pantai pok tunggal. Ada sebuah percabangan di jalan yang memisahkan pantai seruni ini dengan pantai pok tunggal.

Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya gemericik air terjun di sisi pantai. Inilah uniknya air terjun di pantai ini, sumber air terjun ini berasal dari rembesan air yang menerobos celah-celah bebatuan di dalam tebing. Lokasi ini bisa menjadi tempat wisata di jogja yang recommended untuk dikunjungi.

  1. Pantai Ngandong
panorama di pantai ngandong gunung kidul jogja
panorama di pantai ngandong gunung kidul jogja

Salah satu pantai yang akan kita bahas kali ini termasuk pantai yang masih belum begitu dikenal oleh masyarakat, yaitu Pantai Ngandong. Salah satu tempat wisata di jogja ini masih dalam jejeran pantai-pantai lain di Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak dan Pantai Krakal.

Lokasi Pantai Ngandong dari Pantai Sundak ini tidak terlalu jauh. Kamu bisa sekalian mampir ke Pantai Ngandong ini saat berkunjung ke Pantai Sundak. Di seberang pantai, terdapat bukit batu karang yang tidak terlalu besar dan tidak jauh dari tepi pantai.

.. Bersambung..

Nah, itulah tadi berbagai tempat wisata di jogja menarik yang bisa kamu kunjungi. Tunggu update tambahan lokasi dari kami ya. Semoga kegiatan wisata jogja kamu lancar dan menyenangkan ya. Selamat piknik.



Published by Gieniesta

Menulis buat kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.