umbul sidomukti ungaran semarang
umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: brobali.com)

[Full Review] Umbul Sidomukti Semarang, Pesona Alam Menggairahkan

Diposting pada

Goodpiknik.com – Umbul Sidomukti Ungaran atau Umbul Sidomukti Semarang adalah salah satu wisata alam semarang yang cukup terkenal dan tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke semarang. Sebagai salah satu tempat wisata bandungan, Umbul Sidomukti menawarkan panorama keindahan alam yang masih sejuk dan segar alami sepanjang hari berseri-seri hehe..

Lokasi Wisata Umbul Sidomukti ini berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada diketinggian kurang lebih 1.200 mdpl bagian selatan gunung ungaran, membuat udara di sekitar lokasi wisata bandungan Umbul Sidomukti terasa cukup dingin. Suasana disekitar umbul sidomukti inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari wisata alam ini.

pintu masuk umbul sidomukti ungaran semarang
pintu masuk umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: dolandolanwae.wordpress.com)

Umbul Sidomukti Semarang Sebagai Tempat Wisata Yang Hits

Berdasarkan namanya, Umbul Sidomukti berarti mata air atau sumber air alami yang berada di daerah Sidomukti. Jadi, obyek wisata umbul sidomukti ini menawarkan wisata kolam dengan sumber mata air alami yang terus dialiri air yang jernih.

Terdapat tiga buah kolam sumber air dengan kedalaman berbeda yang berada di antara dua jurang. Apabila Kamu suka berenang, tidak ada salahnya mencoba berenang di umbul sidomukti untuk merasakan sensasi yang berbeda dengan pemandangan alam yang mempesona. Kolam air di umbul sidomukti ini juga dipercaya berkhasiat membuat kita tetap awet muda. Wah, langsung nyebur deh hihi..

kolam renang umbul sidomukti ungaran semarang
kolam renang umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: twitter @IDTraveling)

Selain kolam alami, obyek wisata bandungan Umbul Sidomukti Semarang ini juga dilengkapi berbagai fasilitas kegiatan outdoor yang seru, seperti lokasi outbond, berbagai permainan seru, lokasi perkemahan, berbagai pondok untuk lesehan dan ruangan yang bisa Kamu pakai untuk meeting. Cukup komplit lah fasilitasnya..

Nah, diantara fasilitas outbond yang ada, paling seru di sini yaitu Flying Fox. Ya, permainan meluncur dengan tali ini makin tambah seru dan memicu adrenalin karena jalurnya yang melewati lembah. Ada dua jalur/ track yang di tawarkan di permainan flying fox ini. Bisa dibayangkan kan, bagaimana serunya meluncur di antara dua lembah yang tinggi. Sereeem.. Panjang lintasannya mencapai 110 meter loh, lumayan kan. Kamu bisa memilih gaya terbang seperti superman, atau sekedar duduk seperti biasanya. Jangan lupa untuk diabadikan melalui kamera Kamu yah..

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Penggaron Semarang, Tempat Outdoor Paling Seru
flying fox umbul sidomukti ungaran semarang
flying fox umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: pantauanharga.com)

Sedangkan berbagai permainan seru lainnya yang ada di umbul sido mukti ungaran ini antara lain marine bridge atau jembatan marinir yang juga melintasi lembah, ada juga rapeling atau turun menggunakan tali dengan jalur menuruni lembah di samping kolam dan jalur kendaraan ATV (kendaraan roda empat segala medan).

Trending lainnya :

[Full Review] Hutan Penggaron  Semarang, Tempat Outdoor Paling Seru

Woy, Lagi Nyari Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang? Ini Aja!

Ada satu lagi fasilitas keren yang ada di lokasi wisata bandungan umbul sidomukti, bandungan ini, yaitu Pondok Kopi. Yap, Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini berada tidak jauh dari lokasi, kurang lebih 1 kilometer ke atas. Kamu bisa memilih duduk di dalam ruangan, dihalaman samping pondok atau di teras depan dengan tempat duduk yang sudah disediakan. Tidak hanya minuman kopi saja yang ditawarkan di pondok ini, ada juga minuman seperti teh, coklat, bajigur, sekoteng dan lain-lain. Tentu paling enak disajikan dalam kondisi yang hangat. Mak nyusss…

pondok kopi umbul sidomukti ungaran semarang
pondok kopi umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: twitter @eventsemarang)

Pesona Umbul Sidomukti Menjadi Ikon Tempat Wisata Di Ungaran

Umbul Sidomukti menjadi tempat rekreasi di semarang yang menyenangkan bagi keluarga maupun saat bersama teman-teman kamu. Apabila Kamu ingin bermalam di lokasi ini, sudah ada penginapan di umbul sidomukti yang bisa di booking. Hanya saja, saat weekend atau libur, penginapan umbul sidomukti selalu penuh. Ada baiknya Kamu datang lebih awal bila memang benar-benar berniat bermalam di lokasi ini.

Bagi Kamu yang ingin datang ke lokasi Umbul Sidomukti Semarang ini, pastikan kendaraan Kamu dalam kondisi yang prima. Hal ini karena jalanan yang akan Kamu lalui terbilang sempit dan menanjak. Banyak yang mengalami kampas kopling terbakar saat mendaki menuju area lokasi wisata ini, apalagi saat hari libur besar rute menuju Umbul Sidomukti ini pasti ramai dan cenderung macet.

Baca Juga :  [Full Review] Tay Kak Sie Klenteng Di Semarang, Lebih Eksotis Dari Sam Poo Kong?
jembatan marinir umbul sidomukti ungaran semarang
jembatan marinir umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: eseljeje.blogspot.com)

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Di Umbul Sidomukti Semarang

Harga Tiket Masuk dan Permainan Umbul Sidomukti Semarang ini sebagai berikut:

  • Harga Tiket masuk IDR 4.000/orang pada hari biasa dan IDR 5.000/org pada hari weekend
  • Harga Tiket Flying Fox IDR 15.000/orang
  • Harga Tiket Marine Bridge IDR 10.000/orang
  • Harga Tiket Rapeling IDR 6.000/orang
  • Harga Tiket ATV IDR 20.000 per 3x Putaran
Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Umbul Sidomukti Ungaran


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Umbul Sidomukti Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Umbul Sidomukti Ungaran dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Umbul Sidomukti Ungaran
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Umbul Sidomukti Ungaran
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Umbul Sidomukti Semarang Menjadi Tempat Wisata Alam Di Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi
sunrise di umbul sidomukti ungaran semarang
sunrise di umbul sidomukti ungaran semarang.

Wisata bandungan umbul sidomukti semarang ini cukup ramai pengunjung karena nuansa alamnya yang masih terbilang alami. Udaranya yang sejuk menjadi salah satu alasan bagi para wisatawan untuk datang berkunjung ke lokasi ini. Dengan segala fasilitas yang ada, umbul sidomukti bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lepas sejenak dari beban rutinitas sehari-hari Kamu.

Baca Juga :  [Full Review] Hutan Mangrove Edupark, Wisata Alam Di Semarang Yang Hits

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Umbul Sidomukti Uangaran. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *