Pagoda Avokitesvara Semarang
Pagoda Avokitesvara Semarang. (foto: anekatempatwisata.com)

[Full Review] Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang, Wisata Religi Eksotik

Diposting pada

Goodpiknik.com – Avalokitesvara adalah nama dari sebuah pagoda yang berada di Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang. Lokasi Pagoda Avalokitesvara ini tepatnya berada Jl Perintis Kemerdekaan, Depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Pagoda ini sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Pagoda Avalokitesvara atau Vihara Avalokitesvara ini menjadi salah satu pagoda di semarang yang memegang rekor MURI karena tingginya yang menjadi 45 meter. Ketinggian pagoda ini menjadi yang tertinggi di Indonesia sampai saat ini. Seperti apa ulasan lengkap kondisi salah satu tempat wisata di semarang ini, yuk simak artikel ini ya..

 

papan nama Pagoda Avokitesvara Semarang
papan nama Pagoda Avokitesvara Semarang. (foto: Khoirurosida.com)

 

Inilah Sejarah Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara mempunyai nama lain yaitu Pagoda Metakaruna yang berarti cinta dan kasih sayang. Pagoda Avalokitesvara ini merupakan bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong (dibangun pada tahun 1955) yang didirikan untuk memuja Dewi Kwan Im Sie Po Sat yang merupakan Dewi Cinta Kasih. Pagoda Avokitesvara ini berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 meter.

patung dewi kwan im Pagoda Avokitesvara Semarang
patung dewi kwan im Pagoda Avokitesvara Semarang. (foto: Khoirurosida.com)

Bangunan setinggi 45 meter ini mempunyai tujuh tingkatan dengan desain yang semakin menyempit ke atas. Makna yang terkandung dalam bentuk bangunan pagoda ini adalah sebagai kesucian yang akan dicapai oleh pertapa apabila sudah sampai ke tingkat paling tinggi atau tingkat tujuh.

Pada masih-masing tingkatan terdapat Arca yang melambangkan para dewa-dewi yang berjumlah 30 buah. Hampir semua bangunan pagoda Avalokitesvara ini terbuat dari beton dengan corak berwarna merah dan kuning terang. Ohya, peresmian bangunan Pagoda Avalokitesvara sebagai pagoda tertinggi di Indonesia ini dilakukan oleh MURI pada tahun 2006.

Desain arsitektur dengan berbagai ornamen yang ada di pagoda Avalokitesvara inilah yang menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Fungsi dari Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong ini sebenarnya dipakai untuk ritual Tjiam Shi. Ritual ini merupakan ritual untuk mengetahui bagaimana nasib umat manusia di dunia ini.

Trending Lainnya :

[Full Review] Hutan Penggaron  Semarang, Tempat Outdoor Paling Seru

Woy, Lagi Nyari Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang? Ini Aja!

Kamu bisa mencoba melakukan ritual Tjiam Shi ini dengan cara menggoyangkan bambu yang sudah diberi tanda sampai ada salah satu bambu yang terjatuh. Sedangkan untuk membaca dari isi ramalannya, silahkan Kamu bertanya pada petugas yang ada di situ. Hanya saja, apabila Kamu sudah menggoyangkan bambu tadi sebanyak tiga kali goyangan dan tidak ada bambu yang terjatuh, maka dipercaya hari tersebut bukanlah menjadi hari baik untuk Kamu dalam meramalkan nasib. Berani coba?

Baca Juga :  [Full Review] Water Blaster Semarang: Waterpark Paling Seru dan Terlengkap
kegiatan keagamaan di Vihara Avalokitesvara Semarang
kegiatan keagamaan di Vihara Avalokitesvara Semarang. (foto: wisataterindah.net)

Pagoda Avokitesvara Sebagai Bagian Dari Vihara Buddhagaya yang Paling Menarik

Saat Kamu memasuki wisata kota semarang Vihara Buddagaya, ada beberapa ritual kebiasaan yang harus Kamu jalankan. Ritual tersebut yaitu menginjak relief ayam, ular dan babi yang posisinya berada di pintu masuk vihara. Makna dari ritual tersebut adalah untuk menghilangkan keserakahan (ayam), menghilangkan kebencian (ular) dan menghilangkan kemalasan (babi). Dengan menghilangkan berbagai sifat tersebut, maka akan memudahkan manusia untuk mencapai nirwana.

altar budha Pagoda Avokitesvara Semarang
altar budha Pagoda Avokitesvara Semarang. (foto: lastrisulas.blogspot.co.id)

Saat memasuki Pagoda Avokitesvara, Kamu akan menemukan patung Dewi Kwan Im cukup besar dengan ukuran mencapai 5 meter. Selain itu, terdapat pula patung dari panglima We Do di samping patung Dewi Kwan Im. Patung Dewi Cinta Kasih ini berada di tingkatan ke dua sampai ke enam yang menghadap ke arah 4 penjuru mata angin yang bermakna bahwa Sang Dewi ini selalu memancarkan cinta kasih ke semua arah mata angin.

Pada bagian puncak Pagoda Avokitesvara atau di tingkat ke tujuh, terdapat patung Amitabha yang merupakan Guru Besar para Dewa-Dewi dan Manusia. Ada juga stupa yang digunakan untuk menyimpan mutiara Budha. Kamu hanya bisa mencapai tingkat ke 6 saja, karena tidak ada tangga untuk menuju ke tingkat ke 7.

Akses Rute Menuju Ke Lokasi Wisata Vihara Avalokitesvara Semarang


Nah, bagi Kamu yang masih juga bingung lewat mana rute menuju ke lokasi wisata Vihara Avalokitesvara Semarang ini, cukup manfatkan bantuan Google Maps dari smartphone Kamu dengan cara:

  • Download Google Maps di Play Store, kalau belum mempunyai aplikasi ini
  • Aktifkan fungsi GPS pada smartphone Kamu
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik Vihara Buddhagaya Watugong dibagian pencarian
  • Apabila sudah ketemu, klik pada tombol “Petunjuk Arah atau Direction
  • Saat GPS Kamu Aktif, maka Google Maps akan memberikan rute dari lokasi Kamu berada menuju tempat Vihara Avalokitesvara Semarang
  • Klik tombol “Mulai atau Start
  • Kamu akan dipandu secara Langsung (Real Time) oleh Aplikasi ini menuju lokasi wisata Vihara Avalokitesvara Semarang
  • Akan ada suara pemandu yang mengarahkan arah perjalanan Kamu
  • Kamu bisa memilih bahasa pemandu ini dengan masuk ke pengaturan (settings) Google Maps, pilih pengaturan navigasi (navigation settings), lalu pilih suara (voice), lalu klik bahasa pemandu yang Kamu pilih.
  • Jangan lupa membawa power bank ya, karena menjalankan GPS aplikasi ini membutuhkan daya baterai yang lumayan
Baca Juga :  [Full Review] Serunya Berfoto di Old City 3D Trick Art Museum Semarang
Vihara Avalokitesvara Semarang Menjadi Tempat Wisata Semarang Terkini Yang Wajib Dikunjungi
patung budha tidur Pagoda Avokitesvara Semarang
patung budha tidur Pagoda Avokitesvara Semarang. (foto: travel.detik.com/)

Vihara Buddhagaya Watugong adalah salah satu lokasi yang menyimpan budaya dan kepercayaan yang masih terjaga sampai sekarang. Apabila Kamu piknik ke semarang dan melewati daerah banyumanik, sempatkanlah mampir untuk melihat eksotisme bangunan ini dan pasti akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak dapat dilupakan.

Itulah tadi ulasan mengenai salah satu obyek wisata semarang, yaitu Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta memandu kegiatan wisata Kamu di Semarang. Apabila Kamu menyukai Informasi yang ada di dalam artikel ini, mohon share ke teman jejaring sosial Kamu ya karena bisa jadi sharing Kamu dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain.  Selamat mencoba..

Gambar Gravatar
Kontributor aktif dari goodpiknik.com. Silahkan melihat berbagai review tempat piknik yang keren-keren di web ini. Jangan lupa berikan komen dan ratingnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *