GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

titik nol malioboro jogja

Panduan Lengkap Wisata di Malioboro Yogyakarta dan Sekitarnya

Malioboro adalah jalan paling terkenal di Yogyakarta.

Terletak di jantung kota, maliobro adalah jalan utama dan dulunya merupakan jalan seremonial bagi Sultan untuk melewati perjalanannya menuju dan dari Keraton. Ada yang mengatakan bahwa nama Malioboro berasal dari nama gubernur Inggris Marlborough dari era ketika Inggris memerintah di jawa, antara tahun 1811-1816.

Malioboro penuh dengan toko-toko yang menjual pernak-pernik, dan pedagang kaki lima yang menawarkan oleh-oleh dengan harga terjangkau, jadi Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menarik di jalan ini.

Jika Anda mencari batik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, maka Malioboro adalah tempat yang tepat untuk Anda. Batik juga dapat dibuat menjadi tas, taplak meja, seprai, sarung bantal, gorden, dan banyak lagi lainnya.

Di seberang jalan adalah benteng Vredenburg, yang dulunya adalah barak tentara Belanda dan sekarang menjadi pusat pameran seni dan lukisan. Di sisi yang sama adalah pasar Beringharjo, pasar utama Yogyakarta yang ramai. Di jalan ini, Anda juga akan menemukan hotel tertua di Yogyakarta, Hotel Garuda, yang dibangun dengan arsitektur kolonial Belanda.

Itu beberapa spot yang bisa anda kunjungi di kawasan malioboro Yogyakarta. Masih ada beberapa hal yang bisa anda temukan di jalan paling romantis ini.

Lokasi Wisata di Sekitar Jalan Malioboro Yogyakarta

Ada beberapa spot lokasi wisata yang bisa anda kunjungi setelah puas berbelanja di pertokoan malioboro. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Pasar Beringharjo
-pasar beringharjo maliobro yogyakarta
@jogjatransfortuna

Masih ada di dalam komplek jalan malioboro, anda akan menemukan pasar tradisional yang cukup komplit. Anda bisa menemukan pakaian dan batik, makanan khas jogja, oleh-oleh makanan ringan, berbagai macam kerajinan, berbagai macam jamu tradisional juga tersedia di sini.

  1. Kantor Kepatihan Jogja (Kantor Gubernur)
Baca Juga :  [Catat] Daftar 5 Pantai di Jogja Terbaik Selain Parangtritis yang Bisa Anda Kunjungi
-kantor kepatihan jogja
source: google map

Lokasi kantor kepatihan ini masih ada di dalam jalan malioboro jogja. Ke arah utara dua perempatan dari Ramayana anda langsung belok kanan saja. Anda akan menemukan kantor kepatihan Yogyakarta.

  1. Benteng Vredeburg
-benteng vredeburg
IG @devinuragisni

Benteng vredeburg ada di sebelah selatan pasar beringharjo. Anda akan melihat benteng ini dengan mudah karena bangunannya yang cukup besar.

  1. Titik KM Nol Jogja
titik nol malioboro jogja
IG @wonderfuljogja

Kawasan titik nol ini akan anda temui setelah melewati benteng vredeburg. Bangunan berarsitektur kuno sangat bagus untuk anda jadikan latar belakang foto selfie maupun rame-rame. Beberapa seniman kadang juga tampil di sekitar titik ini.

  1. Taman Pintar Malioboro
taman pintar jogja
IG @jogjadailycom

Lokasi taman pintar jogja ada di sebelah timur dari titik nol atau jalan malioboro. Lokasi ini sering dikunjungi oleh ana-anak sekolahan untuk menambah pengetahuan sekaligus bermain.

  1. Alun-Alun Utara
alun alun utara jogja
IG @jogja.istimewa

Lurus dari jalan malioboro, anda akan sampai di alun-alun utara jogja. Berbagai kegiatan keraton masih diselenggarakan di lokasi ini, seperti sekaten.

  1. Masjid Siti Djirzanah
Masjid Siti Djirzanah malioboro
IG @masjidhunter_id

Masjid yang berada di depan pasar beringharjo ini memiliki arsitektur unik, yaitu mirip dengan kelenteng. Desain masjid ini karena ada pengaruh budaya yang sudah sejak lama berakulturasi di malioboro. Masjid ini baru di resmikan tahun 2018.

  1. Museum Sonobudoyo
museum sonobudoyo jogja
IG @johanade_id

Museum yang berisi 1000 lebih koleksi keris dan pusaka ini berada tidak jauh dari lokasi titik nol jogja. Biaya masuk ke museum ini tidak sampai 10ribu rupiah dan buka sampai jam 15.30 wib.

  1. Museum Kereta Kencana
museum kereta kencana
IG @asmasyarief

Lokasi museum ini ada di sebelah barat daya dari alun-alun utara jogja. Anda bisa melihat berbagai kereta yang pernah dipakai oleh raja-raja jogja, bahkan ada yang masih dipakai sampai sekarang.

  1. Keraton Jogja
Baca Juga :  [Full Review] Pantai Sepanjang: Pantai Alami Nan Mempesona Di Gunung Kidul
keraton yogyakarta
IG @sutawijaya

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini buka dari jam 08.00 sampai 14.30 wib. Harga tiket masuknya pun juga tidak sampai 10ribu rupiah. Anda bisa belajar sejarah keraton dan melihat langsung bangunan keraton yang masih beroperasi sampai sekarang.

  1. Taman Sari Keraton
pemandian tamansari yogyakarta
IG @reginasara

Taman sari adalah lokasi taman air jaman dahulu yang masih di lestarikan sampai sekarang. Lokasinya berada di komplek patehan, kraton ngayogyakarta.

Jalan Malioboro Jogja Malam Hari

Pada malam hari, jalanan menjadi hidup dengan para pedagang membuka tenda yang menyajikan semua jenis masakan lokal. Anda harus duduk bersila di tenda, yang oleh penduduk setempat disebut sebagai “lesehan”.

Nikmati makanan Anda sambil menikmati kehidupan malam Malioboro yang semarak. Ini adalah pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Anda juga bisa berburu foto malioboro pada malam hari di sekitar malioboro.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan Malioboro adalah dengan berjalan kaki. Kios dan toko berjejer di jalanan.

Anda tidak membutuhkan kendaraan ketika kios berikutnya untuk anda kunjungi ada persis di sebelahnya. Ada begitu banyak barang untuk dipilih, sehingga Anda mungkin perlu kembali keesokan harinya untuk menyelesaikan semua belanjaan Anda.

Malioboro dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Tugu (Stasiun Kereta Api Tugu). Anda bisa tiba di sini dengan berjalan kaki atau naik becak atau gerobak roda empat yang ada di mana-mana yang disebut “andong”.