GOODPiknikGOODPiknik

~Bikin Piknik Jadi Asyik~

wisata semarang

Daftar 28 Tempat Wisata Semarang Keren Dan Terlengkap

Goodpiknik.com – Kota semarang adalah kota terbesar dan menjadi pusat industri di provinsi Jawa Tengah. Namun dibalik padatnya kegiatan ekonomi, kota ini juga mempunyai banyak destinasi wisata semarang menarik yang bisa Kamu kunjungi bersama teman dan keluarga. Langsung saja, inilah daftar lengkap wisata semarang dengan tautan di tiap judulnya yang bisa kamu klik untuk ulasan yang lebih lengkap.

  1. Old City 3D Trick Art Museum tempat wisata semarang

lokasi dari Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Old City 3D Trick Art Museum Semarang adalah tempat wisata semarang yang masih belum terlalu lama beroperasi. Lokasi Old City 3D Trick Art Museum ini berada di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di jalan Letjend Suprapto, tidak jauh dari lokasi obyek wisata semarang lainnya, yaitu Gereja Blenduk. Mulai sekarang, kalau Kamu berkunjung ke kawasan kota lama, tidak lagi hanya disuguhi bangunan-bangunan kuno saja, tetapi juga ada wahana wisata baru yang kekinian. Semakin banyak ya destinasi wisata semarang yang asyik-asyik.

Ada bermacam tema background foto yang bisa Kamu temukan di tempat yang dulunya adalah gudang beras ini. Kamu pun bisa berpartisipasi untuk memberikan rekomendasi tema atau konsep gambar background seperti apa yang bagus kepada pengelola. Selain menyajikan fasilitas background foto 3D, museum ini juga terdapat koleksi patung-patung ikon dunia yang terkenal loh, misalnya patung liberty.

  1. Tugu Muda Semarang

Jika di Surabaya kita mengenal Tugu Pahlawan, maka di wisata semarang juga ada Tugu serupa tapi tak sama yaitu Tugu Muda. Obyek wisata Tugu Muda Kota Semarang ini di bangun sebagai bentuk penghargaan dan mengenang semangat juang patriotism para pemuda semarang saat meletus pertempuran sengit dengan Tentara Jepang selama lima hari di Semarang.

Terdapat beberapa gedung bersejarah lainnya di sekeliling bundaran Tugu Muda ini, yaitu Gedung Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti, Wisma Perdamaian yang sekarang menjadi Rumah Dinas Gubernur Jateng dan Gedung Pandanaran yang kini dipakai sebagai kantor Pemkot Semarang.

  1. Goa Kreo Dan Waduk Jatibarang
Jembatan waduk jatibarang menuju goa kreo
Jembatan waduk jatibarang menuju goa kreo

Salah satu destinasi wisata semarang yang sedang hits di daerah semarang adalah Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang. Mengunjungi lokasi obyek wisata semarang Goa Kreo berarti brarti juga akan mengunjungi objek wisata Waduk Jatibarang, karena lokasinya memang menjadi satu. Udara yang masih sejuk dan kondisi alam yang menyegarkan adalah salah satu daya tarik dari salah satu wisata alam semarang ini.

Goa Kreo sebagai salah satu wisata semarang sebenarnya bukan obyek wisata di semarang yang benar baru. Obyek wisata Goa Kreo semarang ini semakin ramai dikunjungi setelah adanya pembangunan Waduk Jatibarang disertai dengan pembangunan jembatan penghubung yang melintasi waduk Jatibarang menuju lokasi Goa Kreo.

  1. Masjid Agung Semarang
Kondisi pelataran Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah.
Kondisi pelataran Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah. (foto: bakpiamutiarajogja.com)

Satu lagi pilihan tempat wisata semarang adalah Masjid Agung Semarang atau dikenal juga dengan nama Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu ikon masjid modern di jawa tengah karena memiliki payung mirip yang ada di Masjid Nabawi, Madinah. Masjid Agung Semarang ini merupakan salah satu Masjid bersejarah yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama Payung Masjid Agung Semarang.

Selain arsitek Masjid yang bagus, ikon yang dimiliki oleh Masjid Agung di Semarang ini adalah adanya payung hidrolik yang bisa membuka dan menutup dengan ukuran yang besar setinggi 100 meter. Ada waktu-waktu tertentu kapan payung Masjid Agung Semarang bakal dibuka, yaitu pada saat ada acara yang membutuhkan tempat sampai pelataran masjid.

  1. Klenteng Sam Poo Kong
Patung laksamana Cheng Ho Di Klenteng Sam Poo Kong
Patung laksamana Cheng Ho Di Klenteng Sam Poo Kong. (foto: blog.mamikos.com)

Nah, salah satu destinasi obyek wisata Semarang yang cukup terkenal adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong atau Kuil Sam Poo Kong ini mempunyai sebutan lain, yaitu Gedung Batu. Kuil Sam Poo Kong mempunyai halaman parkir yang cukup luas bahkan untuk kendaraan Bus sekalipun.

Kamu hanya bisa masuk dan mengunjungi area halaman dan Aula besar yang ada di Sam Poo Kong dengan tiket termurah. Tapi, kalau Kamu ingin menjelajah seluruh wilayah di area klenteng ini, maka Kamu harus membeli tiket masuk yang tarifnya lebih mahal. Halamannya cukup luas loh, Aula adalah bangunan paling besar yang ada halaman klenteng.

  1. Pantai Marina
Baca Juga :  [Full Review] Kota Lama Semarang: Tempat Wisata Yang Selalu Hits
Suasana Pantai Marina Semarang
Suasana Pantai Marina Semarang. (foto: Indonesiaexplorer.net)

Bagi Kamu yang ingin mencari suasana lain saat wisata semarang , di Kota Semarang ini ada salah satu destinasi wisata pantainya loh, yaitu Pantai Marina. Letak Pantai Marina ini bersebelahan dengan pantai lain yang ada di semarang, yaitu pantai Maron.

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di obyek wisata semarang Pantai Marina ini misalnya memancing, berselfie, jogging, atau mencoba beberapa wahana yang telah tersedia di lokasi wisata pantai. Pada sore hari, banyak pengunjung Pantai Marina yang menfaatkan suasana pantai yang sejuk untuk melakukan jogging.

  1. Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang. (foto: indonesiasand.blogspot.com)

Kurang lengkap rasanya apabila mengunjungi semarang tidak mampir tempat wisata semarang yang satu ini, yaitu Simpang Lima. Sesuai dengan namanya, Simpang Lima adalah sebuah tempat yang menjadi persimpangan 5 jalan besar, yaitu Jl. Karena Simpang Lima Semarang ini lokasi strategis di pusat kota, banyak orang yang berlalu lalang melewati area Simpang Lima.

Simpang Lima ini memang menjadi tempat nongkrong dan destinasi wisata semarang yang paling seru. Pada malam hari, Simpang Lima bisa menjadi lokasi pilihan kuliner malam semarang yang mak nyuss. Kuliner Simpang Lima bisa dibilang tidak pernah sepi, bahkan saat malam minggu kita agak susah mencari parkir untuk kendaraan kita.

  1. Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu Semarang pada malam hari
Lawang Sewu Semarang pada malam hari. (foto: tabloidwisata.com)

Yes, Lawang Sewu Semarang adalah sebuah bangunan peninggalan jaman belanda yang masih tetap terawat sampai saat ini. Apabila Kamu melintas di bundaran Tugu Muda Semarang, maka bangunan Lawang Sewu akan tampak jelas dengan ciri khasnya yang mencerminkan bangunan jaman kolonial. Sebagai salah satu tempat wisata semarang, Lawang Sewu mempunyai cerita sejarah panjang maupun cerita misteri yang banyak beredar di masyarakat.

Total ada 1 bangunan utama dan 4 bangunan lainnya yang ada di dalam komplek Lawang Sewu. Apabila Kamu baru pertama kali mengunjungi Lawang Sewu, sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu ini agar lebih tahu detail sejarah dan cerita mengenai Lawang Sewu Semarang. Gak bakal nyesel deh kalau mampir ke sini saat wisata semarang .

  1. Mall Di Semarang
mall ciputra semarang
mall ciputra semarang

Mengunjungi sejumlah mall di semarang bisa menjadi alternatif wisata semarang yang bisa kamu lakukan. Ada beberapa mall yang menarik dan bisa saja dapat menambah pengalaman kamu saat berada di semarang. Langsung saja klik di judul paragraf ini untuk melihat daftar lengkap mall di semarang yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Museum Ronggowarsito
fosil hewan langka dan patung gajah di Museum Ronggowarsito semarang
fosil hewan langka dan patung gajah di Museum Ronggowarsito semarang. (foto: Yopiknik.com)

Salah satu wisata edukasi yang bisa dikunjungi apabila kita ke daerah Semarang adalah Wisata Museum Ronggowarsito Semarang. Museum ini merupakan salah satu museum terlengkap yang ada di Semarang. Museum Ranggawarsita Semarang mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Museum Ranggawarsita ini terdiri dari dua lantai dan tidak ada elevator maupun lift yang bisa membantu kita naik ke lantai dua.

  1. Kota Lama Semarang
spot foto keren di kota lama semarang
spot foto keren di kota lama semarang. (foto: anekawisata.com)

Kota lama Semarang merupakan sebuah komplek bangunan kota tua yang masih bisa Kamu nikmati keberadaannya sampai sekarang. Sebagai salah satu tempat wisata semarang yang romantis pada malam hari, Kamu bisa menemukan lokasi paling eksotis dari Kota Lama Semarang ini di Jalan Letjen Suprapto.

Banyak sekali spot-spot  foto menarik di Kota Lama Semarang yang bisa Kamu explore dengan tema jaman dahulu. Kota Lama Semarang adalah sebuah komplek bangunan pada jaman dahulu, sehingga karakteristik dari bangunan yang ada mengikuti bangunan-bangunan yang ada di benua Eropa pada sekitar tahun 1700-an.

  1. Hutan Mangrove Edupark
sore hari di hutan mangrove semarang
sore hari di hutan mangrove semarang. (foto: Lihat.co.id)

Lokasi wisata Hutan Mangrove Edupark Semarang ini berada di kawasan pantai maron dan tidak jauh dari bandara semarang. Lokasi wisata mangrove mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu terdapatnya hutan mangrove yang tidak bisa Kamu temukan di area pantai pada biasanya. Kalau sudah penasaran langsung saja packing barang Kamu dan segera meluncur ke lokasi hutan mangrove ini ya, mumpung belanda masih jauh hehe..

  1. Puri Maerokoco Semarang
anjungan kab sragen di puri maerokoco semarang
anjungan kab sragen di puri maerokoco semarang. (foto: dolandolen.com)

Puri Maerokoco Semarang adalah salah satu tempat wisata semarang yang selalu Hit. Puri Maerokoco ini bisa juga di sebut sebagai Taman Mininya Semarang karena menampilkan berbagai anjungan kebudayaan yang mewakili masih-masing daerah di semarang. Puri Maerokoco atau Maerokoco ini menjadi salah satu lokasi Wisata Semarang yang recomended.

  1. Water Blaster Semarang
Baca Juga :  [Full Review] Masjid Agung Semarang Dan Keberadaan “Payung Masjid Nabawi”
slider race water blaster semarang
slider race water blaster semarang. (foto: semarangplus.com)

Water Blaster Semarang atau Waterpark Semarang adalah sebuah tempat wisata semarang yang menyediakan berbagai wahana air terlengkap dan paling ramai dikunjungi di semarang sekarang ini. Wahana di Water Blaster Semarang ini tidak hanya tersedia untuk anak-anak saja, tetapi juga untuk dewasa juga, sehingga Water Blaster Semarang sangat cocok dikunjungi untuk liburan bersama keluarga tercinta.

  1. Cimory On The Valley Ungaran
taman bermain anak di cimory ungaran, semarang
taman bermain anak di cimory ungaran, semarang. (foto: blog.mamikos.com)

Cimory On The Valley atau lebih kita kenal dengan Cimory Ungaran atau Cimory Bawen adalah destinasi wisata semarang yang memadukan konsep restoran dan wisata agro. Kamu akan dengan mudah menemukan lokasi cimory bawen ini di aplikasi google maps.

Cimory Ungaran terbagi menjadi beberapa komplek atau area untuk pengunjung, yaitu Resto yang menyediakan berbagai macam menu, Playground sebagai taman bermain keluarga dan Peternakan yang berada di bagian paling bawah lokasi. Kamu pun bisa ikut memberi makan para binatang dengan makanan yang sudah disediakan di lokasi.

  1. Kampung Pelangi Semarang
gambaran kampung pelangi semarang
gambaran kampung pelangi semarang. (foto: architecturaldigest.com)

Kampung Pelangi Semarang ini mempunyai nama asli Kampung Brintik. Lokasi kampung pelangi ini berada persis di tepian sungai semarang dengan total 300-an rumah. Kamu sudah bisa melihatnya dari lokasi Tugu Muda, karena letak kampung pelangi semarang ini berada di atas perbukitan.

Kampung ini pada mulanya adalah sebuah kampung yang kumuh dan tidak tertata dengan bangunan tembok-tembok yang tidak terlalu terawat. Akan tetapi, setelah semua renovasi dan perbaikan pasar selesai, ada satu pemandangan yang merusak keindahan pasar bunga tersebut, yaitu kondisi kampung brintik yang kumuh. Dari kondisi itulah, tercetus ide untuk membuat kampung brintik menjadi kampung yang bersih dan cantik untuk mendukung proyek pasar bunga sebelumnya dan menjadi salah satu tempat wisata semarang terbaru.

  1. Klenteng Tay Kak Sie
kondisi di dalam Klenteng Tay Kak Sie Semarang
kondisi di dalam Klenteng Tay Kak Sie Semarang. (foto: SemarangKota.com)

Ya, inilah klenteng Tay Kak Sie salah satu klenteng tua nan eksotis di semarang. Ukuran klenteng Tay Kak Sie ini memang kalah dari klenteng Sam Poo Kong, tapi untuk ornamen dan ukuran yang ada, kuil ini terlihat lebih eksotis. Kamu tidak rugi deh mengunjungi klenteng yang mempunyai sejarah panjang ini.

  1. Wisata Danau BSB Semarang
joging di Danau BSB Semarang
joging di Danau BSB Semarang. (foto: seputarsemarang.com)

Apabila Kamu ingin menikmati wisata Semarang atau ingin mencari suasana baru karena jenuh dengan suasana hiruk-pikuk kota, maka salah satu lokasi yang bisa Kamu kunjungi adalah Danau BSB Semarang. Danau BSB (Bukit Semarang Baru) adalah danau buatan manusia bukan asli dari alam ya. Danau BSB Semarang atau Lakers BSB Semarang berada di dalam sebuah kawasan perumahan.

  1. Desa Wisata Lembah Kali Pancur
bangkai pesawat desa wisata lembah kalipancur semarang
bangkai pesawat desa wisata lembah kalipancur semarang. (foto: brilio.net)

Desa Wisata Lembah Kalipancur adalah sebuah Kampung Wisata yang ada di semarang yang masih belum banyak di kenal masyarakat. Lokasi kampung wisata ini tidak jauh dari lokasi wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang. Beberapa hal menarik yang ada di salah satu boyek wisata semarang ini adalah kolam buatan, spot photo bangkai pesawat dan jembatan atau gerbang ala-ala jepang.

  1. Pasar Semawis
tenda para penjual berjejer di pasar semawis pecinan semarang
tenda para penjual berjejer di pasar semawis pecinan semarang. (foto: Lihat.co.id)

Pasar Semawis adalah tempat wisata semarang yang wajib dikunjungi bagi para penikmat kuliner. Bagi yang membawa kendaraan pribadi ke pasar semawis, lokasi parkir kendaraan bisa di daerah Benteng, Gang Pinggir dan Gang Besen atau Gang lain di daerah yang dekat dengan pasar. Hal ini karena Gang Warung yang dijadikan tempat untuk menggelar parade kuliner ini ditutup untuk kendaran, sehingga Kamu harus jalan kaki selama berburu kuliner di Pasar Semawis. Melihat antusias warga Semarang pada saat festival kuliner di adakan pertama kali, akhirnya ditahun berikutnya Pasar Semawis mulai menggelar parade atau festival kuliner setiap minggu di akhir pekan.

  1. Gereja Blenduk Semarang
spot foto di gereja blenduk semarang
spot foto di gereja blenduk semarang. (foto: astro photografi)

Seperti juga bangunan bangunan yang ada di komplek kota lama, gereja blenduk ini mempunyai sejarah panjang sejak jaman kolonial. Lokasi Gereja Blenduk Kota Lama Semarang ini berada di Jalan Letjend Suprapto 32, Semarang. Gereja Blenduk ini sebenarnya mempunyai nama Gereja GPIB Immanuel. Gereja Blenduk Semarang ini terdiri dari dua lantai dan mempunyai menara kembar di salah satu sisinya. Lokasi ini menjadi spot favorit untuk selfie saat wisata semarang.

  1. Watu Simbar Semarang
Baca Juga :  [Full Review] Wisata Lakers BSB Semarang, Suasana Alam Di Hiruk-Pikuk Kota
suasana taman di watu simbar gunungpati semarang
suasana taman di watu simbar gunungpati semarang. (foto: semarangcoret.com)

Bagi seorang penggemar buah durian di semarang pasti sudah tidak asing lagi dengan lokasi wisata Watu Simbar. Ya, Watu Simbar adalah lokasi kebun durian dengan berbagai macam jenis buah durian di sana. Tidak hanya sekedar menjual buah durian saja, Watu Simbar di Semarang ini juga menawarkan wisata agro dengan berkeliling dan menikmati suasana kebun durian.

Dan ternyata, tidak hanya pohon buah duran yang ada di kebun ini loh, tetapi ada juga pohon buah naga dan buah nanas walupun jumlahnya tidak sebanyak pohon durian sih. Langsung aja meluncur ke obyek wisata semarang ini deh, dijamin bakal puas makan durian (asal pas musimnya ya hehe).

  1. Taman Srigunting Kota Lama Semarang
menikmati suasana taman srigunting semarang
menikmati suasana taman srigunting semarang. (foto: travel.kompas.com)

Lokasi dari Taman Srigunting ini berada di Jalan Letjend Suprapto, Kawasan Kota Lama Semarang, bersebelahan dengan gereja ikonik di kota lama, yaitu gereja blenduk. Taman ini bisa menjadi alternatif untuk tempat titik berkumpul maupun tempat istirahat saat Kamu ingin menjelajah atau mencari spot foto di kawasan kota lama. Dengan suasana taman yang teduh, Kamu bisa berfoto, nongkrong maupun sambil menikmati kuliner disekitaran taman.

  1. Gedung Marabunta Semarang
gedung marabunta semarang
gedung marabunta semarang. (foto: Kompasiana.com)

Salah satu gedung kuno dan bersejarah yang bisa Kamu temui saat ber wisata di semarang adalah Gedung Marabunta. Gedung Marabunta ini mudah sekali dikenali karena terdapat patung semut raksasa di atasnya dan terdapat papan nama Marabunta gedung Serbaguna.

Bagaimana gedung eksotik ini sampai diberi nama semut Marabunta, mungkin ada sedikit hubungannya dengan sejarah akan gedung ini. Lokasi Gedung Marabunta ini berada di kawasan kota lama semarang dan tidak jauh Stasiun Tawang serta bangunan Gereja Blenduk, yaitu berada di Jalan Cenderawasih, Kawasan Kota Lama, Semarang.

  1. Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong
kegiatan keagamaan di Vihara Avalokitesvara Semarang
kegiatan keagamaan di Vihara Avalokitesvara Semarang. (foto: wisataterindah.net)

Pagoda Avalokitesvara atau Vihara Avalokitesvara ini menjadi salah satu pagoda di wisata semarang yang memegang rekor MURI karena tingginya yang menjadi 45 meter. Saat memasuki Pagoda Avokitesvara, Kamu akan menemukan patung Dewi Kwan Im cukup besar dengan ukuran mencapai 5 meter. Patung Dewi Cinta Kasih ini berada di tingkatan ke dua sampai ke enam yang menghadap ke arah 4 penjuru mata angin yang bermakna bahwa Sang Dewi ini selalu memancarkan cinta kasih ke semua arah mata angin.

  1. Umbul Sidomukti Ungaran
umbul sidomukti ungaran semarang
umbul sidomukti ungaran semarang. (foto: brobali.com)

Umbul Sidomukti Ungaran atau Umbul Sidomukti Semarang adalah salah satu tempat wisata semarang romantis yang cukup terkenal dan tidak boleh dilewatkan saat wisata semarang. Berdasarkan namanya, Umbul Sidomukti berarti mata air atau sumber air alami yang berada di daerah Sidomukti. Jadi, obyek wisata umbul sidomukti ini menawarkan wisata kolam dengan sumber mata air alami yang terus dialiri air yang jernih.

Selain kolam alami, Obyek Wisata Umbul Sidomukti Semarang ini juga dilengkapi berbagai fasilitas kegiatan outdoor yang seru, seperti lokasi outbond, berbagai permainan seru, lokasi perkemahan, berbagai pondok untuk lesehan dan ruangan yang bisa Kamu pakai untuk meeting. Umbul sidomukti ini salah satu tujuan wajib wisata semarang.

  1. Hutan Penggaron Semarang
gerbang masuk hutan penggaron semarang
gerbang masuk hutan penggaron semarang. (foto: migfest2009.wordpress.com)

Wanawisata Penggaron  adalah tempat wisata berupa hutan belantara yang masih asri untuk berbagai macam kegiatan outdoor. Selain untuk berkegiatan Outdoor, Kamu bisa bersama keluarga atau teman berkunjung ke sini untuk sekedar menikmati suasana alam dan hutan yang banyak terdapat spesies burung ini. Suasana hutan yang masih rimbun dengan masih banyaknya spesies hewan yang ada menjadikan di hutan ini tempat yang asyik sekaligus menantang untuk berkemah dan menjelajah alam.

  1. Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang
oleh oleh ganjel rel semarang
oleh oleh ganjel rel semarang. (foto: archabella.com)

Tak lengkap rasanya apabila piknik atau liburan wisata semarang tanpa membeli makanan atau oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga. Banyak makanan khas semarang yang bisa Kamu dapatkan seperti lumpia semarang, roti ganjel, bandeng presto sampai wingko babat. Langsung aja deh check artikel yang lebih lengkapnya dengan klik judul paragraf ini.

Itulah daftar lengkap destinasi wisata semarang yang bisa Kamu kunjungi. Persiapkan piknikmu dengan matang dan tentukan lokasi-lokasi yang akan kamu kunjungi, lalu jangan lupauntuk berdo’a supaya diberi kelancaran selama diperjalanan dan saat mengunjungi wisata semarang ini. Selamat piknik.



Leave a Reply